Comscore Tracker

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktor

Gak nyangka banget ternyata adegan ini gak ada di skrip

Seperti kita tahu, aktor sebuah film sangat butuh skrip agar bisa menyampaikan pesan di film itu dengan baik. Maka dari itu, keberhasilan aktor dalam memainkan sebuah peran juga pasti berkat andil penulis skrip.

Meski begitu, aktor juga banyak menampilkan improvisasi yang tidak tertulis di skrip. Uniknya, hasil improvisasi mereka justru jadi salah satu adegan ikonik dan legendaris di film-film ini.

1. Teriakan "this is Sparta!" di film 300

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (dok. Warner Bros Pictures)

Teriakan King Leonidas, yang diperankan oleh Gerard Butler, tidak pernah ada di rencana skrip sama sekali. Menurut sang sutradara, Gerard harusnya hanya membisikkan kalimat itu saja.

2. Rose meludahi tunangannya di film Titanic

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (dok. Paramount Pictures)

Di adegan cekcok antara Rose, diperankan Kate Winslet, dan tunangannya saat akan menyelamatkan Jack, Kate Winslet memutuskan untuk mengambil adegan improvisasi dengan meludahinya. Padahal yang tertulis di skrip, Kate harusnya memberi pukulan.

3. Adegan Daniel Craig muncul dari air di film Casino Royale

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (dok. Columbia Pictures)

Awalnya Daniel Craig hanya sedang asyik bermain air ketika syuting adegan di pantai pada film Casiono Royale. Namun pengarah kamera tetap merekam aktivitas Daniel, dan ternyata hasilnya bagus. Bahkan adegan di luar rencana skrip ini sampai menjadi highlight di video promosi film James Bond tersebut.

4. Penampilan Lucius Malfoy yang terlihat di film, jauh dari rencana awal

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (brightside.me)

Awalnya tokoh Lucius Malfoy digambarkan berambut pendek dan sering memakai jas bergaris hitam dan putih. Namun, sang aktor, Jason Isaacs, menolaknya. Ia justru memakai wig rambut panjang lurus berwarna putih dan memilih mengenakan jubah hitam panjang. Menurut dia, penampilan itu lebih mengeluarkan aura arogan.

5. Adegan Joker masuk ke dalam kulkas

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (dok. Warner Bros Pictures)

Pada adegan di dapur, Joaquin Phoenix sang aktor yang memerankan Joker, tiba-tiba melepas semua bagian dalam kulkas. Kemudian ia masuk dan menutup pintu kulkas itu. Para kru kaget bukan main, tapi tidak berhenti merekamnya.

Baca Juga: Daniel Craig Memimpin, Ini 10 Aktor Hollywood Bayaran Tertinggi 2021

6. Samuel L Jackson mengubah warna lightsaber di film Star Wars: Episode II - Attack of the Clones

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (dok. Lucasfilm)

Di film tersebut, sutradara George Lucas membedakan warna lightsaber antar karakter. Karakter baik punya lightsaber warna hijau atau biru, sementara karakter jahat berwarna merah.

Samuel L Jackson meminta karakternya, Mace Windu, mendapat lightsaber berwarna ungu. Menurutnya, ini bisa membantu karakternya menonjol dari kerumunan prajurit yang sedang bertarung.

7. Kebiasaan ngemil Robert Downey Jr muncul di kamera

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (dok. Marvel Studios)

Pada film The Avengers, pemeran Tony Stark dan juga Iron Man, Robert Downey Jr, tak sengaja menunjukkan kebiasaan ngemilnya. Ia menunggu giliran masuk frame sambil ngemil dan lupa menaruh camilannya. Meski begitu, syuting tetap dilanjutkan dan Robert mengakhiri adegan dengan menawarkan camilan itu ke Steve Rogers dan Hulk.

8. Emma Watson menolak pakai korset di film Beauty and the Beast

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (brightside.me)

Dalam perannya sebagai Belle, Emma Watson ingin karakternya lebih aktif dan luwes. Ia menolak memakai korset saat syuting, salah satu alasannya karena agar leluasa dalam berjoget dan menunggangi kuda.

9. Bisikan Voldemort kepada Draco Malfoy

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (dok. Warner Bros Pictures)

Di film pamungkas Harry Potter, ada adegan di mana Voldemort memeluk Draco sambil membisikkan, "Welcome home". Usut punya usut, itu adalah improvisasi dari Ralph Fiennes sang aktor Lord Voldemort. Di skrip, Draco seharusnya hanya melewati Voldemort begitu saja, tapi Fiennes menganggap itu terlalu membosankan.

10. Pelukan Tony Stark untuk Peter Parker di film Spider-Man: Homecoming

Gak Ada di Skrip, 10 Adegan Ikonik di Film Ini Hasil Improvisasi Aktoradegan hasil improvisasi aktor (dok. Marvel Studios)

"Ini bukan pelukan, aku cuma mau membukakan pintu untuk mu," ini adalah momen lucu yang dilakukan Robert Downey Jr dan Tom Holland di film tersebut. Rupanya, ini adalah improvisasi dari kedua aktor, lho.

Wah, gak nyangka ternyata adegan-adegan yang masih melekat ikonik dari sebuah film itu ternyata gak ada di skrip. Bukti kecerdikan aktor yang bisa membuat hasil improvisasi menjadi adegan legendaris.

Baca Juga: 10 Aktor Indonesia yang Mirip dengan Aktor Thailand

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya