Comscore Tracker

Bisa Jadi Berbahaya, 5 Barang Ini Gak Boleh Kamu Daur Ulang

Bisa menimbulkan racun lho!

Zaman sekarang, sampah adalah barang yang sering kita jumpai. Semakin banyak penduduk di bumi maka makin banyak pula sampah yang timbul karena kegiatan manusia sehari-hari.

Ada beragam cara untuk meminimalisir sampah di bumi, sebut saja 3R, reduce, reuse, and recycle. Yang paling populer di antaranya adalah recycle (daur ulang).

Tapi, ternyata ada lho barang yang gak bisa kamu daur ulang sembarangan. Berikut adalah lima barang yang gak boleh di daur ulang sembarangan.

1. Ban

Bisa Jadi Berbahaya, 5 Barang Ini Gak Boleh Kamu Daur UlangUnsplash.com/ImthazAhamed

Ban terbuat dari bahan karet tebal yang cukup memakan tempat. Eh karena itu, banyak orang memilih untuk membuang ban ketimbang mendaur ulangnya. Namun, bukannya tak bisa di daur ulang, hanya saja ban tidak bisa sembarangan di daur ulang.

Sebab, ban bisa saja memerangkap gas metana di dalamnya yang tidak baik untuk tubuh. Jadi pilihan amannya adalah membuangnya ke tempat yang semestinya.

2. Piring keramik

Bisa Jadi Berbahaya, 5 Barang Ini Gak Boleh Kamu Daur UlangUnsplash.com/RaulCachoOses

Jenis piring keramik adalah salah satu jenis piring yang banyak digunakan karena keindahannya. Namun sayangnya, apabila sudah pecah, piring jenis ini sulit di daur ulang kecuali oleh orang yang pandai di bidangnya.

Tak hanya itu, piring keramik juga memiliki titik lebur yang lebih tinggi daripada gelas biasa. Hal itu membuat orang lebih memilih membuang piring ini. Tak heran jika banyak peninggalan piring keramik yang masih utuh di dalam tanah.

Baca Juga: Arti 7 Kode Daur Ulang pada Kemasan Plastik, Kamu Sudah Hafal Belum?

3. Batu baterai

Bisa Jadi Berbahaya, 5 Barang Ini Gak Boleh Kamu Daur UlangUnsplash.com/BrettJordan

Batu baterai adalah salah satu benda yang tergolong kedalam limbah B3, atau Bahan Baku Berbahaya. Hal itu disebabkan oleh kandungan batu baterai yang tidak baik dan berbahaya untuk tubuh.

Contohnya saja Lithium-ion yang dikenal berbahaya bagi tubuh bahkan lingkungan. Maka tak heran jika batu baterai adalah salah satu jenis limbah yang mampu merusak lingkungan.

4. Bubble wrap

Bisa Jadi Berbahaya, 5 Barang Ini Gak Boleh Kamu Daur UlangUnsplash.com/JilbertEbrahimi

Bubble wrap adalah jenis pembungkus yang dapat membantu keamanan barang yang kita kirim. Namun, ternyata bubble warp tidak cocok bila di daur ulang menggunakan mesin. Sebab, bubble warp dapat mengikat bahan-bahan lain yang ikut didaur ulang.

Hal itu membuat waktu daur ulang menjadi tidak efisien. Lebih baik bubble warp di daur ulang dengan pemilahan barang-barang pada umumnya.

5. Sedotan plastik

Bisa Jadi Berbahaya, 5 Barang Ini Gak Boleh Kamu Daur UlangUnsplash.com/DanielleMacinnes

Sedotan plastik adalah salah satu jenis limbah yang paling banyak kita temui di sekitar kita. Ada risiko tersendiri apabila kita memilih untuk mendaur ulang sedotan plastik. Sebab, sedotan plastik pasti telah tertempel oleh zat-zat dari mulut pemakainya.

Selain itu, sedotan plastik tidak cocok di daur ulang menggunakan mesin. Sebab bentuknya yang kecil sangat berisiko bagi mesin daur ulang itu sendiri.

Itulah kelima barang yang tak boleh sembarang di daur ulang. Yuk jaga lingkungan kita!

Baca Juga: Ini 5 Fakta di Balik Daur Ulang Botol Plastik yang Bikin Kaget

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya