Comscore Tracker

Polusi Makin Parah! 5 Fakta Menarik tentang Oxygen Bar di Delhi, India

Saking langkanya udara segar, sampai oksigen pun dijual!

India adalah salah satu negara dengan tingkat polusi yang cukup buruk. Terlebih, di Delhi, ibukota India yang saat ini berpenduduk 29,5 juta jiwa. Udara yang segar dan bersih adalah hal yang langka bagi penduduk Delhi.

Ada sejumlah pihak yang memanfaatkan kondisi ini sebagai lahan bisnis. Akhirnya, terciptalah oxygen bar di Delhi, di mana orang-orang rela membayar demi mendapatkan udara segar. Mau tahu fakta lengkapnya?

1. Membayar 500 Rupee untuk 15 menit menghirup oksigen

Polusi Makin Parah! 5 Fakta Menarik tentang Oxygen Bar di Delhi, Indiaeturbonews.com

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menghirup oksigen di Oxy Pure? Kamu harus mengeluarkan uang 500 Rupee (setara dengan Rp98 ribu) untuk menghirup oksigen selama 15 menit. Ini adalah oksigen murni dengan kadar 99 persen, sehingga terasa segar apabila dihirup.

Menariknya lagi, pelanggan bisa memilih aroma oksigen yang akan dihirup, seperti jeruk, kayumanis, serai dan peppermint. Sensasi ini memberikan nilai plus tersendiri. Pilih aroma sesuai seleramu, ya!

2. Dibuat untuk mengurangi dampak polusi udara di Delhi

Polusi Makin Parah! 5 Fakta Menarik tentang Oxygen Bar di Delhi, Indiastraitstimes.com

Mari berkenalan dengan pemilik Oxy Pure, Ajay Johnson. Menurutnya, oxygen bar miliknya bertujuan untuk mendetoksifikasi tubuh dan mengurangi dampak polusi udara serta zat beracun yang tak sengaja kita hirup.

Selain itu, menghirup oksigen segar akan memberi energi tambahan pada tubuh dan membuat kita merasa rileks, tutur Ajay pada laman France 24. FYI, Ajay Johnson tercetus ide membuat oxygen bar ketika melihat indeks kualitas udara di Delhi yang berada di angka 642 dan dikategorikan berbahaya.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mulut dengan Oil Pulling, Pengobatan Tradisional India

3. Pelanggan menghirup oksigen segar dari selang

Polusi Makin Parah! 5 Fakta Menarik tentang Oxygen Bar di Delhi, Indiastraitstimes.com

Lantas, bagaimana caranya kita menghirup oksigen tersebut? Pelanggan akan diberi kanula hidung yang tersambung dengan tabung berisi oksigen. Lalu, selang ditempatkan di lubang hidung pelanggan dan mereka akan menghirupnya langsung.

Menurut Manjul Mehta, salah satu pelanggan, ia mengatakan tertarik dengan Oxy Pure ketika sedang lewat. Ia mencoba oksigen dengan aroma serai dan menurutnya itu sangat menyegarkan, tuturnya di laman The Indian Express.

4. Bisa memperbaiki pola tidur dan sistem pencernaan

Polusi Makin Parah! 5 Fakta Menarik tentang Oxygen Bar di Delhi, Indiaindianexpress.com

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa diperoleh ketika menghirup oksigen segar seperti ini? Hal ini bergantung pada aroma yang kamu pilih. Ada yang bisa memperbaiki pola tidur, sistem pencernaan, mengobati sakit kepala, migrain, sinus dan bahkan bisa mengatasi depresi, jelas laman The Indian Express.

Sementara, menurut Bonny Irengbam, asisten penjualan senior Oxy Pure, orang yang pertama mencobanya akan merasa segar dan rileks. Manfaat akan semakin terasa jika pelanggan rutin menjalani sesi secara teratur.

5. Namun, kita hanya disarankan melakukannya 2 kali dalam sebulan saja

Polusi Makin Parah! 5 Fakta Menarik tentang Oxygen Bar di Delhi, Indiaindianexpress.com

Meski punya segudang manfaat kesehatan, nyatanya kita tak boleh sering-sering menghirup oksigen langsung seperti ini. Bonny Irengbam dalam laman The Indian Express menyebut bahwa pemakaian maksimal dalam sehari disarankan hanya 15 menit saja.

Selain itu, peningkatan kadar oksigen secara tiba-tiba pada tubuh akan membuat seseorang pusing. Dianjurkan untuk melakukannya sekali atau dua kali dalam sebulan, tidak lebih dari itu. Hal ini untuk meminimalisir efek buruk kelebihan oksigen pada tubuh.

Nah, itulah lima fakta menarik seputar oxygen bar yang ada di Delhi, India. Semoga polusi udara yang ada di sana bisa berkurang, ya!

Baca Juga: 7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetes

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You