Comscore Tracker

5 Negara Ini Merayakan Kemerdekaan dengan Cara Unik, Intip Yuk!

Ada yang merayakan dengan menerbangkan layang-layang!

Negara kita, Republik Indonesia, merayakan kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Ada berbagai cara untuk merayakannya, mulai dari menyalakan kembang api, mengadakan lomba tradisional yang seru hingga mengadakan pawai kostum dari setiap provinsi di Indonesia.

Tak jauh berbeda dengan Indonesia, negara-negara lain juga merayakan kemerdekaannya dengan meriah. Mau tahu, bagaimana cara negara lain dalam merayakan kemerdekaannya?

1. Korea Selatan

5 Negara Ini Merayakan Kemerdekaan dengan Cara Unik, Intip Yuk!bookofdaystales.com

Hari kemerdekaan di Korea Selatan diperingati setiap tanggal 15 Agustus dan disebut dengan Gwangbokjeol. Mereka merayakannya dengan melakukan upacara, mengibarkan bendera dan menyanyikan lagu resmi hari kemerdekaan, ungkap laman Up with People.

Yang bikin seru, kamu tak perlu membayar saat memasuki museum di hari kemerdekaan Korea Selatan. Begitu pula dengan transportasi umum seperti bus dan kereta yang bisa dinaiki secara cuma-cuma. Ingat, keistimewaan ini hanya berlaku sehari saja, ya!

2. Norwegia

5 Negara Ini Merayakan Kemerdekaan dengan Cara Unik, Intip Yuk!bloomberg.com

Norwegia merayakan kemerdekaannya setiap tanggal 17 Mei dan disebut sebagai Syttende Mai. Biasanya, warga Norwegia memakai bunad, kostum nasional sembari berjalan-jalan dan menyanyikan lagu-lagu nasional, terang laman Bloomberg.

Tak perlu takut kelaparan, karena di sepanjang jalan ada banyak penjual makanan. Mulai dari hot dog, es krim, kue, sandwich hingga bir dan sampanye. Siapkan tenagamu, karena penduduk Norwegia akan berpesta-pora di malam hari! Work hard, party harder, right?

Baca Juga: Worldometer: 5 Negara yang Tingkat Kesembuhan COVID-19 Tinggi

3. Australia

5 Negara Ini Merayakan Kemerdekaan dengan Cara Unik, Intip Yuk!abc.net.au

Apa yang penduduk Australia lakukan ketika hari kemerdekaan tiba? Ada banyak aktivitas seru, mulai dari memanggang barbeque, mengadakan konser outdoor, menyalakan kembang api hingga menyelenggarakan lomba balap kapal. It seems fun, right?

Kapal yang digunakan untuk balapan pun bermacam-macam. Mulai dari perahu motor, kapal ferry hingga kapal layar besar! Biasanya, lomba balap kapal ini dilakukan di Sydney. Catat tanggalnya baik-baik, yaitu 26 Januari. Siapa tahu, kamu mau mampir.

4. India

5 Negara Ini Merayakan Kemerdekaan dengan Cara Unik, Intip Yuk!livemint.com

Warga India punya cara unik dan anti mainstream dalam merayakan kemerdekaan, yakni dengan menerbangkan layang-layang di langit. Yang mengagumkan, mereka bisa menerbangkan puluhan layang-layang dengan satu benang, jelas laman Live Mint.

Rupanya, kebiasaan ini telah tercipta sejak masa penjajahan Inggris di India. Di tahun 1927, para pejuang kemerdekaan India menulis "Simon, Go Back" sebagai isyarat untuk mengusir penjajah dari negara mereka, ujar laman Economic Times.

5. Costa Rica

5 Negara Ini Merayakan Kemerdekaan dengan Cara Unik, Intip Yuk!crocodilebay.com

Meriah! Itulah satu kata yang pas untuk menggambarkan hari kemerdekaan Costa Rica yang jatuh setiap tanggal 15 September. Jalan raya mendadak dipenuhi kerumunan orang yang menonton pawai budaya dan tari-tarian.

Tak lupa, ada pula arak-arakan bendera Costa Rica yang dibawa oleh anak-anak sekolah, tutur laman Go Visit Costa Rica. Jangan lupa cicipi jajanan tradisional negara ini yang banyak dijual saat ada pawai. Seperti puding nasi, yucca (sejenis singkong) dan fried plantain (pisang yang diiris-iris kemudian dipanggang di atas teflon).

Nah, itulah lima perayaan hari kemerdekaan berbagai negara yang paling unik dan meriah di dunia. Keren mana dengan negara kita?

Baca Juga: 7 Negara dengan Menu Sarapan Paling Sehat di Dunia, Indonesia Ada?

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya