Comscore Tracker

Tak Disadari, 5 Penemuan Suku Aztec Ini Berguna Hingga Sekarang

Mulai dari sistem penanggalan sampai cokelat!

Tahukah kamu, siapa itu suku Aztec? Mereka adalah bangsa Mesoamerika yang tinggal di Meksiko tengah di abad ke-14 hingga abad ke-16. Suku Aztec terkenal dengan mitologi serta warisan budaya yang kaya.

Tanpa disadari, ada banyak penemuan suku Aztec yang masih bermanfaat hingga sekarang. Apa saja?

1. Cokelat

Tak Disadari, 5 Penemuan Suku Aztec Ini Berguna Hingga Sekarangirishnews.com

Saat hujan turun, minum cokelat panas terasa nikmat. Rupanya, suku Aztec adalah yang pertama dalam membuat olahan cokelat. Suku Aztec menggunakan biji kakao untuk membuat xocoatl, semacam minuman cokelat panas yang rasanya pahit.

Xocoatl terbuat dari biji kakao, tepung jagung, air dan cabai, sehingga ada sedikit citarasa pedas. Pada zamannya, xocoatl adalah minuman kalangan kelas atas. Seiring berjalannya waktu, orang Spanyol menambahkan gula supaya rasanya lebih manis.

2. Permen karet

Tak Disadari, 5 Penemuan Suku Aztec Ini Berguna Hingga Sekarangeatthis.com

Permen karet disukai oleh hampir semua orang dari segala usia karena rasanya yang manis serta bentuknya yang unik dan berwarna-warni. Ternyata, pencipta permen karet pertama adalah suku Aztec. Permen karet ini dibuat dari cairan tebal dan lengket dari pohon sawo.

Lalu, cairan ini diolah hingga menjadi permen kunyah yang keras. Menariknya, mengunyah permen karet di tempat umum adalah hal yang tabu bagi suku Aztec. Bahkan, perempuan dihakimi sebagai pelacur jika ketahuan mengunyah permen karet, menurut observasi Bernardino de Sahagún, misionaris Spanyol di abad ke-16.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Sejarah Penemuan Antiseptik di Dunia Medis

3. Sistem penanggalan

Tak Disadari, 5 Penemuan Suku Aztec Ini Berguna Hingga Sekarangancient.eu

Kalendar suku Aztec disebut sebagai batu matahari. Sistem penanggalan ini terdiri dari siklus 365 hari yang disebut sebagai xiuhpōhualli (hitungan tahun) dan siklus ritual 260 hari yang disebut tōnalpōhualli (hitungan hari). 

Untuk xiuhpōhualli sendiri digunakan sebagai pedoman bertani di masa itu. Sementara, kalender tōnalpōhualli digunakan untuk ritual, meramal dan pemujaan kepada dewa, ungkap laman Aztec Calendar.

4. Sistem pendidikan

Tak Disadari, 5 Penemuan Suku Aztec Ini Berguna Hingga Sekaranghistorycrunch.com

Siapa sangka, pendidikan adalah hal yang wajib bagi suku Aztec? Setidaknya, ada tiga sekolah yang berbeda, yakni satu sekolah untuk anak perempuan dan dua sekolah untuk anak laki-laki. Anak perempuan diajarkan untuk belajar agama dan keterampilan rumah tangga, seperti memasak, menjahit, menenun serta merawat anak-anak.

Sementara, anak laki-laki belajar tentang hukum, kedokteran, teknik, penulisan hingga penafsiran mimpi dan pertanda, terang laman The Classroom. Ada pula kelas-kelas lain yang mempelajari sejarah dan agama Aztec.

5. Teknologi pertanian

Tak Disadari, 5 Penemuan Suku Aztec Ini Berguna Hingga Sekarangancientpages.com

Suku Aztec membuat chinampas, semacam pulau buatan kecil dan terapung di danau air tawar. Di atasnya, ditanam tomat, jagung, kacang-kacangan, labu, bayam, cabai dan bunga. Chinampas membuat kerangka berukuran 30x2,5 meter yang diletakkan di dasar danau.

Kotak-kotak ini dibuat terpisah agar sampan bisa melaluinya. Konon, chinampas dibuat untuk memperbanyak lahan pertanian, karena populasi suku Aztec semakin meningkat dari hari ke hari dan mereka membutuhkan lebih banyak sumber makanan, jelas laman Ancient Pages.

Nah, itulah 5 peninggalan suku Aztec yang masih berguna hingga sekarang. Semoga informasi singkat ini bisa memperkaya wawasan, ya!

Baca Juga: 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat hingga Sekarang

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya