Comscore Tracker

5 Tipe Gitar yang Dipakai Billie Joe Armstrong, Frontman Green Day

Mulai dari Fender Stratocaster sampai Gibson Les Paul

Siapa sih yang tidak kenal Green Day, punk rock band yang dibentuk di East Bay, California pada 1987? Green Day telah menelurkan banyak tembang hit, mulai dari "American Idiot", "Basket Case", "Jesus of Suburbia", "Wake Me Up When September Ends", dan masih banyak lagi.

Salah satu member Green Day yang paling terkenal adalah Billie Joe Armstrong, sang frontman yang mengisi vokal utama dan gitar. Penasaran, gak, BJA menggunakan gitar apa saja?

1. Fernandes Stratocaster “Blue”

5 Tipe Gitar yang Dipakai Billie Joe Armstrong, Frontman Green Daynme.com

Percaya atau tidak, ini adalah gitar listrik pertama milik Billie Joe. Saat berulang tahun ke-11, ibunya menghadiahkan gitar ini, yang diperoleh dari George Cole, seorang guru gitar, jelas laman Ground Guitar.

BJA sering tampil live di atas stage menggunakan gitar ini. Ia pun sempat meminta Fender untuk membuat beberapa replika gitar ini. Musisi lain yang menggunakan tipe gitar ini adalah Kirk Hammett dan Brian Eno, tutur laman Equipboard.

2. Gibson Les Paul Junior

5 Tipe Gitar yang Dipakai Billie Joe Armstrong, Frontman Green Daynova.ie

Tentu wajar jika musisi besar memiliki puluhan gitar sekaligus, tak terkecuali Billie Joe Armstrong. Ia memiliki lebih dari 20 gitar Gibson Les Paul Junior, sebagian besar dari tahun 1950-an, ujar laman Ground Guitar.

Warnanya beragam, mulai dari hitam, krem, cokelat, hingga putih. BJA memiliki Gibson Les Paul Junior TV Yellow bernama "Cornel Mustard" serta dua lagi bernama "Whitey" dan "Blackie", menyesuaikan dengan warna bodinya.

Billie Joe Armstrong juga mempunyai Gibson Les Paul Junior bernama "Floyd" dengan bodi sunburst dan memakai pickup Antiquity P-90 tunggal. Pickup ini menghasilkan nada yang terdengar raw dan powerful serta cocok digunakan untuk musisi beraliran blues dan rock and roll.

Baca Juga: 5 Merek Gitar Akustik Paling Terkenal, Suaranya Jernih dan Berkualitas

3. Fender Telecaster Custom

5 Tipe Gitar yang Dipakai Billie Joe Armstrong, Frontman Green Dayequipboard.com

Kadang, Billie Joe Armstrong tampil dengan Fender Telecaster Custom yang berwarna hitam putih. Menurut laman Ground Guitar, gitar ini dibuat khusus secara kustom oleh teknisi Billie Joe.

Spesifikasi gitar ini adalah bodi solid, neck terbuat dari kayu maple, bridge Flat Mount, pickguard WD putih, dan Duncan JB SH-4. Biasanya, Billie Joe memakai Telecaster sebagai cadangan untuk Stratocaster utamanya.

4. Gretsch Chet Atkins

5 Tipe Gitar yang Dipakai Billie Joe Armstrong, Frontman Green Day3dwarehouse.sketchup.com

Billie Joe Armstrong sesekali akan memakai gitar ini. Ia punya beberapa, tapi yang paling sering terlihat adalah yang berwarna hitam dengan pickup single coil P-90, tutur laman Ground Guitar.

Sementara, di beberapa kesempatan lain, BJA terlihat memainkan gitar berwarna merah dan sunburst dengan stock pickups. Musisi lain yang memakai gitar ini adalah Eric Clapton, Brian Setzer, Duane Eddy, dan lain-lain.

5. Gibson J-180

5 Tipe Gitar yang Dipakai Billie Joe Armstrong, Frontman Green Dayreddit.com

Pada banyak kesempatan, Billie Joe terlihat bermain dengan gitar akustik, salah satunya memakai Gibson J-180. Gitar akustik ini digunakan di banyak lagu, misalnya di lagu "Good Riddance" atau "Time of Your Life".

Sebenarnya, masih banyak lagi koleksi gitar BJA yang belum disebutkan, seperti Fender Stratocaster, Gibson ES-135, Gibson ES-335, Rickenbacker 360, Guild F-50, Guild D-50, dan Taylor 514C.

Nah, itulah lima tipe gitar yang paling sering digunakan oleh Billie Joe Armstrong, frontman sekaligus vokalis dan gitaris Green Day. Keren semua, ya?

Baca Juga: 5 Jenis Kayu untuk Membuat Gitar Akustik, Berpengaruh pada Suara

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya