Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Belanja di Pasar Tradisional

Ternyata ke pasar tradisional itu seru lho

Yuk ngaku, siapa nih yang belum pernah belanja di pasar tradisional? Mungkin aja kamu termasuk salah satunya ya. Sekarang memang banyak orang yang lebih memilih untuk membeli sayur, buah, dan lain-lainnya di supermarket. Biasanya sih alasannya karena tempatnya lebih bersih dan transaksinya lebih praktis. Padahal banyak banget kelebihan berbelanja di pasar tradisional. Nih, beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya mulai mencoba untuk berbelanja di pasar tradisional.

1. Harganya yang terjangkau membuat kamu bisa berhemat

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Belanja di Pasar TradisionalUnsplash/Arturo Rivera

Wajar kan kalau harga barang-barang yang dijual di pasar tradisional itu lebih murah daripada supermarket yang tempatnya bagus itu. Dengan belanja di pasar tradisional kamu bisa berhemat. Jadi, lebih banyak uang yang bisa disisihkan untuk ditabung. Lumayan juga loh selisih harganya.

2. Harganya seringkali masih bisa ditawar, tapi jangan sadis ya menawarnya

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Belanja di Pasar TradisionalUnsplash/Stephanie Liao

Udah murah, masih bisa ditawar pula. Menguntungkan banget kan. Tapi kalau menawar yang wajar-wajar aja ya. Kasihan juga penjualnya kalau kamu terlalu banyak menawar. Bisa-bisa dia rugi tuh kalau semua pembeli seperti itu.

3. Barang-barang yang dijual biasanya masih fresh

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Belanja di Pasar TradisionalUnsplash/Avel Chuklanov

Baik buah, sayur, ikan, maupun daging yang dijual di pasar tradisional biasanya masih segar. Rasanya jadi ingin memasak berbagai macam menu. Kalau bahan yang diolah masih segar, rasa masakan pun jadi lebih nikmat.

Baca Juga: 7 Jajanan Pasar Paling Menggiurkan di Banten, Pernah Coba?

4. Bisa ikut membantu perekonomian petani lokal

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Belanja di Pasar TradisionalUnsplash/Alice Young

Hasil pertanian yang dijual di pasar tradisional biasanya berasal dari petani lokal. Kalau hasil pertanian mereka laris terjual, maka perekonomian mereka pun semakin baik. Jangan sampai ya orang Indonesia gak ada yang mau jadi petani lagi karena hasil penjualannya gak menguntungkan.

5. Ada komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Belanja di Pasar TradisionalUnsplash/Aditya Sethia

Di pasar tradisional, saat melakukan pembelian pasti ada pembicaraan antara penjual dan pembeli. Bagus banget tuh, bukan sekedar untuk tawar-menawar, tetapi juga bisa saling bertukan informasi. Misalnya, penjual mengatakan kalau brokoli sedang sulit dicari sehingga harganya mahal. Dari situ pembeli mendapatkan informasi tentang hasil pertanian.

6. Sambil belanja bisa sekalian membeli jajanan pasar

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Belanja di Pasar TradisionalUnsplash/Fikri Rasyid

Ada donat kentang, kue lapis, klepon, dan jajan pasar lainnya yang biasa dijual di pasar tradisional. Khas banget sih ini. Kalau udah ke pasar tradisional rasanya ada yang kurang kalau gak sekalian beli jajanannya. Selain rasanya yang enak, kue tradisional itu juga gak banyak dijual di tempat lain.

Menarik juga kan belanja di pasar tradisional. Walaupun tempatnya gak sebersih supermarket, tapi ternyata banyak keuntungannya kalau ke sana. Awalnya mungkin agak risih ya melihat kondisi pasar tradisional. Namun, kamu harus bisa mulai mencoba. Sekali aja udah mencoba belanja di pasar tradisional, kamu bakalan kangen untuk ke sana lagi.

Baca Juga: Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Ninda Ayu Hapsari Photo Verified Writer Ninda Ayu Hapsari

Menulis & membaca itu selalu beriringan dan tak bisa terpisahkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya