Comscore Tracker

Fakta Mengejutkan 7 Item Ikonik Kate Middleton saat Royal Wedding

Menghabiskan dana 24,6 juta pound sterling! #IDNTimesHype

Royal Wedding antara Prince William dan Catherine Middleton pada 29 April 2011 menjadi salah satu acara terbesar di era modern Kerajaan Inggris. Selain dapat disaksikan secara langsung, pernikahan pasangan bergelar Earl dan Countess of Strathearn disiarkan melalui internet, stasiun televisi, dan radio.

Sebagai pengantin wanita, Kate Middleton yang kini telah memiliki tiga anak tentu jadi pusat perhatian di hari besar tersebut. Satu dekade sejak pernikahan akbarnya, yuk kita mengenang berbagai item ikonik yang dikenakan sang Duchess saat Royal Wedding!

1. Tiara

Fakta Mengejutkan 7 Item Ikonik Kate Middleton saat Royal WeddingTiara Kate Middleton (instagram.com/people | instagram.com/hrhprincessxcatherine)

Siapa sih yang gak jatuh hati dengan tiara ibu kesayangan Princess Charlotte saat menikah? Kala itu, putri tertua keluarga Middleton mengenakan Cartier Halo Tiara yang dipinjamkan Queen Elizabeth II. Alasan Duchess of Cambridge mengenakan tiara ini karena ia dan Queen Mother punya leluhur yang sama, Sir William Blakiston of Durham.

Tiara tersebut dibuat oleh Cartier pada 1936 atas permintaan King George VI sebagai hadiah ulang tahun pernikahannya dengan Queen Elizabeth. Memiliki rangka yang terbuat dari platinum, ia dihiasi dengan lebih dari 1000 berlian. Diantaranya adalah 739 berlian potongan dan 149 berlian baton.

Queen Elizabeth atau yang dikenal juga sebagai Queen Mother memberikan Halo Tiara kepada Queen Elizabeth II saat perayaan hari jadinya yang ke-18. Gak pernah dipakai Ratu, tiara indah tersebut dipakai oleh sang adik Princess Margaret, putrinya Princess Anne, dan cucu menantu Kate Middleton.

2. Anting-anting

Fakta Mengejutkan 7 Item Ikonik Kate Middleton saat Royal WeddingKate middleton (instagram.com/people | instagram.com/hrhprincessxcatherine)

Sepasang anting indah yang dikenakan Kate Middleton di hari spesial merupakan hadiah pernikahan dari orangtua, Carole Goldsmith dan Michael Middleton. Mereka membuat sendiri design-nya bersama Robinson Pelham. Selain menyamakan design Cartier Halo Tiara, liontin anting berbentuk biji dan daun pohon oak/ek.

Pada 19 April 2011, Middleton Family dianugerahi Coat of Arms oleh Ratu melalui College of Arms. Sebagai senior Garter King of Arms, Thomas Woodcock membantu Middleton membuat simbol atau lambang keluarga mereka yang sarat akan makna tersebut.

Dari berbagai ornamen, biji pohon oak menjadi hal paling krusial dari simbol keluarga Middleton. Biji tersebut merupakan Simbol Tradisional Inggris dan identitas Berkshire Barat, county dimana Middleton tinggal. Ia juga mereflesikan anak-anak Middleton, yaitu Catherine, Pippa, dan James.

Baca Juga: Gara-Gara Kate Middleton, 9 Item Fashion Ini Jadi Tren Dunia!

3. Veil

Fakta Mengejutkan 7 Item Ikonik Kate Middleton saat Royal WeddingVeil Kate Middleton saat royal wedding (instagram.com/hrhprincessxcatherine)

Selain tradisi kerajaan, Cartier Halo Tiara yang dikenakan sang Duchess saat Royal Wedding punya fungsi untuk menahan veil atau tudung kepala. Dapat menutupi wajah dan bagian tubuh atas calon Permaisuri Inggris, veil tersebut punya total panjang 1,5 meter, lho!

Detail veil Kate Middleton disamakan dengan renda yang melekat pada gaunnya. Pola stok bunga mawar, thistle, daffodil, dan shamrock pada kain tulle sebagai brokat gaun dan veil disulam secara manual dengan teknik Carrickmacross.

Teknik sulaman abad ke-19 itu merupakan karya tangan dingin penjahit Sekolah Menjahit Royal School of Needlework. Kain Tulle berwarna ivory terbuat dari benang sutra untuk melengkapi gaun rancangan Sarah Burton dari rumah mode Alexander McQueen.

4. Gaun

Fakta Mengejutkan 7 Item Ikonik Kate Middleton saat Royal WeddingGaun pernikahan Kate Middleton (instagram.com/hrhprincessxcatherine)

Sebagai pengantin, Catherine Middleton terjun langsung dalam proses pembuatan gaun pernikahannya. Ia ingin terlihat modern, namun tetap menjunjung tinggi tradisi Kerajaan Inggris. Khusus untuk bagian utama gaun, ia memilih konsep korset era Victoria.

Model korset yang terbuat dari kain satin berwarna ivory memang cocok untuk tubuhnya yang ramping. Jika dilihat lebih dekat, detail korset sangatlah rumit. Di bagian belakangnya terdapat 58 kancing dari gazar dan organza yang dijahit secara loop rouleau.

Sementara bagian rok memiliki potongan bulat dengan bukaan lebar yang terinpirasi dari mekarnya bunga. Sebagai perancang, Sarah Burton menghiasi gaun dengan train atau ekor sepanjang 2,7 meter. Gaun yang terbuat dari kain satin dan gazar itu tentunya dipermanis dengan brokat yang sulamannya sama dengan veil.

Gaun tersebut ditaksir berharga 250 ribu pound sterling. Jika dikalkulasikan dengan kurs saat ini yang hampir mencapai Rp20.000, Carole dan Michael Middleton harus menggelontorkan dana sebanyak Rp4,98 miliar untuk gaun pernikahan sang putri.

5. Heels

Fakta Mengejutkan 7 Item Ikonik Kate Middleton saat Royal WeddingHeels Kate Middleton (instagram.com/hrhprincessxcatherine | instagram.com/fionacairnsltd)

Gak banyak disorot! Heels yang dikenakan istri Prince William saat Royal Wedding masih satu paket dengan gaun dan veil. Walaupun tertutup gaun, Burton tetap memperhatikan detail outfit kaki yang dikenakan Catherine Middleton.

Bukan rahasia lagi, jika renda brokat gaun turut diaplikasikan pada heels bahkan kue pengantin. Renda yang saat ini dikenal sebagai Kate's Lace memang sangat indah. Baik bagian depan dan belakang sulaman terlihat sama. Namun ia gak dibuat secara khusus untuk sang Duchess, lho!

Pola bunga mawar, thistle, daffodil, dan shamrock berasal dari stok yang sudah ada, lalu dilekatkan ke kain tulle. Pelekatan atau penyulaman pola stok renda dilakukan oleh tim penjahit dari Royal School of Needlework yang bekerja di Hampton Court Palace.

Penjahit berusia antara 19-70 tahun tersebut harus mencuci tangan mereka setiap 30 menit untuk menjaga renda dan benang tetap murni. Jarum untuk menjahit dipakai maksimal selama 3 jam. Penggunaan benang pun diperhatikan. Ia hanya dipotong sepanjang 30 cm untuk mencegah benang aus saat menyulam.

6. Buket bunga

Fakta Mengejutkan 7 Item Ikonik Kate Middleton saat Royal WeddingKate Middleton (instagram.com/hrhprincessxcatherine)

Duchess of Cambridge memilih bunga mawar, thistle, daffodil, dan shamrock untuk detail renda brokat gaun. Keempatnya dipilih karena menjadi bunga nasional Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Ia memang ingin memadukan gaya modern dan tradisional.

Namun untuk buket, ia memilih bunga yang berbeda. Yaitu bunga hyacinth yang melambangkan cinta, lily of the valley untuk kebahagiaan, myrtle untuk pernikahan, serta sweet william untuk keberanian dan tentunya tribut pada sang suami, Prince William.

Catherine Middleton memilih seorang florist yang sudah menjadi langganan Keluarga Kerajaan Inggris. Dekorasi pernikahan dan buket bunga dirancang oleh Shane Connolly, florist yang sama saat Charles, Prince of Wales menikahi Camila, Duchess of Cornwall pada 2005.

7. Cincin

Fakta Mengejutkan 7 Item Ikonik Kate Middleton saat Royal WeddingPrince Willian dan Kate Middleton (instagram.com/hellomag | instagram.com/hrhprincessxcatherine)

Selama ini, banyak publik bertanya-tanya apakah Duchess of Cambridge mengenakan cincin pernikahannya? Karena ia hanya terlihat mengenakan cincin pertunangan berbatu safir biru 12 karat dan 14 berlian solitaire yang awalnya dimiliki sang ibu mertua, Lady Diana.

Rupanya, ibu Prince Louis ini mengenakan 3 cincin sekaligus, lho! Di antara band cincin batu safir tersebut ada 2 cincin lain. Pertama cincin pernikahan berwarna emas tanpa permata yang berasal dari Welsh Gold. Dan kedua Annoushka Eclipse Diamond Eternity Ring, hadiah dari sang suami saat ia melahirkan putra pertama mereka, Prince George.

Itu dia fakta menarik tujuh item ikonik yang dikenakan Catherine Middleton saat Royal Wedding-nya dengan Prince William. Kerajaan Inggris dan Middleton Family dikabarkan menghabiskan dana sebanyak 24,6 juta pound sterling untuk pernikahan akbar calon Raja dan Ratu Inggris tersebut. Wah, fantastis abis, ya!

Baca Juga: 10 Potret Lawas Pangeran William dan Kate Middleton saat Masih Pacaran

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

edith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya