Comscore Tracker

5 Tips Berbelanja di Pasar Selama Wabah COVID-19, Tetap Jaga Jarak! 

Perhatikan kebersihan dan keamanan, ya! 

Selama wabah COVID-19, semua orang terbatasi aktivitasnya termasuk untuk sekadar berbelanja. Kebutuhan pokok yang tidak bisa dihentikan menuntutmu untuk  tetap mengunjungi pasar atau toko-toko yang dipenuhi pembeli lainnya. Perasaan khawatir akan penyebaran virus COVID-19 di tempat ramai memang wajar terjadi. 

Untuk mencegah penyebaran virus, perlu menjaga jarak aman saat berbelanja. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memastikan kamu tidak membawa virus ke rumah sepulang dari berbelanja. Berikut beberapa tips berbelanja aman yang perlu diperhatikan.

1. Datang lebih awal pagi-pagi sekali

5 Tips Berbelanja di Pasar Selama Wabah COVID-19, Tetap Jaga Jarak! Pexels.com/Caio Resende

Untuk menghindari toko atau pasar yang terlalu ramai, usahakan untuk datang terlebih dahulu dari pembeli lain. Berkunjunglah saat pagi-pagi sekali sehingga barang-barang di pasar belum banyak tersentuh orang lain. Biasanya, toko-toko telah dibersihkan pada malam hari oleh petugas.

Pembeli yang mendatangi saat pagi-pagi sekali akan mendapatkan kondisi toko yang bersih. Jika berbelanja di supermarket, datanglah saat supermarket tersebut buka pada jam pertama. Usahakan untuk mengunjungi toko, pasar dan supermarket saat masih sepi pelanggan dan tidak terlalu ramai. 

2. Jangan menyentuh wajah dan ponsel

5 Tips Berbelanja di Pasar Selama Wabah COVID-19, Tetap Jaga Jarak! Pexels.com/Anna Shvets

Kebiasaan menyentuh wajah dan ponsel saat berbelanja sebaiknya tidak dilakukan. Kamu tidak pernah tahu barang-barang yang telah disentuh akan menyebarkan virus, sehingga menghindari menyentuh wajah lebih baik dilakukan. 

Selain itu, hindari menulis daftar belanja di ponsel agar tidak terlalu sering menyentuhnya. Layar ponsel bisa jadi tempat perkembangbiakan virus yang tanpa disadari bisa menularkan. Saat kembali ke rumah, cuci wajah dan usap ponsel agar bisa terhindar dari penyebaran virus yang tidak terlihat.  

Baca Juga: 10 Potret Kostum Kocak Orang Lagi Belanja, Bikin Cekikikan! 

3. Jaga jarak aman antar pembeli

5 Tips Berbelanja di Pasar Selama Wabah COVID-19, Tetap Jaga Jarak! Pexels.com/Clem Onojeghuo

Pasar atau tempat berbelanja selalu dipenuhi pembeli dan tak jarang berdesak-desakan. Biar tetap aman, jaga jarak setidaknya 6 kaki dari pembeli lain. Kamu bisa saling menyapa tanpa banyak bersentuhan untuk menghindari penyebaran virus COVID-19. 

Hindari kerumunan pembeli yang tidak patuh untuk menjaga jarak aman. Pakailah masker saat mendatangi pasar untuk menghindari ramainya pengunjung yang terlalu berisiko. Jauhi pula bergosip dan terlalu banyak bicara dengan pembeli lain. 

4. Bawa tas belanja sendiri

5 Tips Berbelanja di Pasar Selama Wabah COVID-19, Tetap Jaga Jarak! Pexels.com/Bruce Mars

Sebelum berbelanja, siapkan terlebih dahulu tas belanja yang bisa dibawa dari rumah. Hal ini mengecilkan kemungkinan penyebaran virus yang bisa saja menempel di plastik yang tidak bisa di cuci ulang. Pilih tas belanja berbahan kain agar selepas pulang dari toko bisa langsung dibersihkan. 

Mencuci tas belanja dengan sabun bisa membunuh kuman dan virus yang menempel. Selain itu, kamu juga bisa ikut menghemat penggunaan plastik yang membawa dampak buruk bagi lingkungan dan alam sekitar. 

5. Cuci atau usap barang-barang yang dibeli

5 Tips Berbelanja di Pasar Selama Wabah COVID-19, Tetap Jaga Jarak! Pexels.com/Burst

Setelah sampai di rumah, barang-barang yang bisa dicuci sebaiknya dibersihkan menggunakan air. Untuk produk-produk kemasan lebih baik usap saja dengan lap bersih. Kemasan botol dan kaleng perlu di lap terlebih dahulu agar lebih steril. 

Jika membeli sayuran dan buah-buahan, langsung cuci bersih sebelum disimpan. Kamu perlu memastikan barang-barang yang telah dibeli bebas dari kuman dan virus yang menempel agar semua anggota keluarga tetap aman. 

Nah, beberapa tips ini perlu diperhatikan ketika akan berbelanja. Menjaga jarak aman dan memperhatikan kebersihan sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Semoga tetap sehat, ya!  

Baca Juga: 10 Potret Pemandangan Dunia Saat Pandemi COVID-19, Menakjubkan!

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya