Comscore Tracker

Pernah Mimpi 5 Hal Ini? Begini Makna Psikologis dan Cara Mengatasinya

Gak jarang ya, kita mimpi jatuh dari ketinggian

Mimpi seringkali dikaitkan dengan banyak pemaknaan, mulai dari sisi ilmiah sampai pada hal-hal diluar nalar manusia. Dari sisi ilmiah, sebenarnya mimpi berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Dengan kata lain, ada aktivitas alam sadar yang kemudian muncul di alam bawah sadar dalam bentuk mimpi. Seringnya berupa hal-hal yang sifatnya emosional seperti amarah, kebencian, kekecewaan, atau keinginan terdalam yang terpendam. 

Pernyataan ini didasarkan pada teori Psikoanalisis Sigmund Freud, bahwa mimpi merupakan koneksi antara alam sadar dengan alam bawah sadar yang memiliki kecenderungan hambatan mental. Secara sederhana diartikan ketika ada ketidakpuasan pemenuhan kebutuhan secara sadar maka semua itu akan muncul ke dalam mimpi.

Begitu banyak teori tentang mimpi yang dipublikasikan hingga akhirnya memunculkan berbagai variasi tafsir mimpi. Ada banyak tafsir mimpi yang cukup populer dalam ilmu psikologi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mimpi dikejar-kejar

Pernah Mimpi 5 Hal Ini? Begini Makna Psikologis dan Cara MengatasinyaPixabay/Ambroo

Mimpi seperti ini bisa diartikan kalau kamu sedang menghadapi masalah yang cukup pelik dan tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya.

Cara menyikapi: Hadapi saja masalahmu tanpa ragu. Semua akan baik-baik saja. Ingat, masalah hadir untuk membuatmu lebih tangguh dan pastinya masalah tidak akan pernah melebihi batas kemampuanmu untuk menanggungnya.

2. Mimpi terjatuh dari ketinggian

Pernah Mimpi 5 Hal Ini? Begini Makna Psikologis dan Cara MengatasinyaPixabay/Pexels

Bisa jadi mimpi ini muncul karena kamu sedang terlalu fokus pada sesuatu hal. Mungkin sedang sngat serius mengerjakan skripsi atau tugas kantor yang terlalu menyita banyak waktu dan perhatianmu.

Cara menyikapi: Mulailah mengambil langkah perlahan. Santailah sebentar. Tenangkan pikiranmu agar saat kembali memusatkan perhatian, semua akan terasa lebih nyaman. Terkadang semua perlu dibiarkan mengalir apa adanya.

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Tentang Mimpi Buruk yang Harus Kamu Tahu

3. Mimpi gigi tanggal

Pernah Mimpi 5 Hal Ini? Begini Makna Psikologis dan Cara Mengatasinyafourseasonsdentistry.com

Dari sisi psikologis, gigi diartikan sebagai bentuk kepercayaan diri. Jika kamu mimpi gigimu tanggal, bisa jadi saat ini tingkat kepercayaan dirimu sedang menurun atau malah kehilangan kepercayaan diri.

Cara menyikapi: Tenangkan diri dan pikiranmu. Setiap tantangan yang datang bukanlah ancaman. Percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu mampu melaluinya.

4. Mimpi terbang

Pernah Mimpi 5 Hal Ini? Begini Makna Psikologis dan Cara Mengatasinyapxhere.com

Mimpi terbang adalah lawan dari mimpi terjatuh. Jika mimpi jatuh artinya kamu sedang sangat fokus, maka mimpi terbang diartikan sebagai bentuk kelegaan atau keikhlasan karena kamu sudah berhasil melalui keadaan atau masalah yang berat.

Cara menyikapi: Cukup bersyukur saja karena kamu sudah mampu melewati semua yang memberatkanmu.

5. Mimpi pasangan selingkuh

Pernah Mimpi 5 Hal Ini? Begini Makna Psikologis dan Cara MengatasinyaPexels/TrinityKubassek

Bisa jadi mimpi macam ini muncul sebagai wujud prasangkamu terhadap pasangan. Mungkin karena kalian jarang menghabiskan waktu bersama untuk sekedar saling mengobrol.

Cara menyikapi: Luangkan waktu bersama, quality time. Mulai mengobrol dan ungkapkan apa yang ingin kamu sampaikan.

Nah, itu tadi beberapa tafsir mimpi dari sisi keilmuan psikologi. Tentunya semua tak lantas dijadikan dasar pemaknaan yang sifatnya baku dan mutlak. Hanya pemaknaan secara ilmiah dan tentang cara menyikapinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Mimpi yang Paling Sering Kamu Alami di Masa Kecilmu

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You