Comscore Tracker

5 Hal Unik Ini Akan Kamu Rasakan Jika Menjadi Santri di Pesantren

Dijamin nggak nyesel masuk pondok!

Pondok pesantren merupakan sekolah yang berbasis Islam dan saat ini sudah banyak pondok pesantren modern yang tak hanya mengusung materi belajar tentang akhirat saja melainkan juga belajar tentang ilmu dunia seperti sekolah umum lainnya. Ketika orang mendengar kata “pesantren” pasti mereka akan berpikir sesuatu yang membosankan karena kehidupan pesantren yang penuh dengan aturan.

Eit.. jangan salah, meskipun tak sebebas sekolah di luar, ada beberapa hal unik dan juga lucu yang hanya akan dirasakan bagi mereka yang pernah mondok aja lho. Penasaran kan? Ini dia hal unik yang akan kamu temukan di pesantren.

1. Kehilangan sandal

5 Hal Unik Ini Akan Kamu Rasakan Jika Menjadi Santri di PesantrenSantrijagad.org

Yap, tragedi kehilangan sandal sangat sering terjadi di pondok pesantren yang bisa dialami oleh santri putra maupun putri. Awalnya sih kejadian ini disebabkan oleh satu orang yang kehilangan sandalnya entah di mana pun itu, di kantin, di masjid atau di depan kamar sendiri.

Si pemilik yang kehilangan itu pun akhirnya menggunakan sandal milik orang lain dan begitulah seterusnya terjadi hingga ada seseorang yang sadar bahwa itu termasuk mencuri, maka akan berakhir. Jika tidak maka kejadian ini akan terus mengular panjang. Anehnya sandal-sandal yang tertukar itu tak pernah ditemukan oleh pemiliknya walau mereka tinggal di tempat yang sama lho. Misterius kan?

2. Lomba lari

5 Hal Unik Ini Akan Kamu Rasakan Jika Menjadi Santri di PesantrenUnsplash.com/jmvillejo

Hmm.. lomba lari di sini bukanlah yang seperti pada saat Agustusan ya, tapi lari saat santrinya sudah menyelesaikan satu kegiatan dan harus berlanjut ke kegiatan lainnya. Misalnya sepulang sekolah dan berlanjut ke salat berjamaah di masjid, maka santri-santri pun akan otomatis berubah menjadi atlet lari nasional yang mengerahkan seluruh tenaganya agar tidak terlambat dan mendapat hukuman. Bahkan ada yang sampai ceker ayam lho demi kecepatan lari yang maksimal. Ada-ada saja!

3. Rebutan mandi

5 Hal Unik Ini Akan Kamu Rasakan Jika Menjadi Santri di Pesantrensantrieabah.wordpress.com

Salah satu hal unik juga lucu yang akan kamu alami jika tinggal di pesantren adalah rebutan mandi. Yak, rebutan ini selalu terjadi bahkan hingga menjelang kelulusan. Saking banyaknya santri yang tinggal di sana maka mereka harus pintar-pintar dalam mengambil kesempatan untuk mandi sebelum kehabisan air dan waktu.

Bagian yang terlucu adalah ketika sedang mengantre, tapi yang mengantre bukan orangnya lho melainkan adalah gayung, ember, handuk, atau peralatan mandi lainnya bahkan apapun yang bisa dijadikan sebagai tanda bahwa kamar mandi tersebut sudah ada yang punya (antre). Drama rebutan mandi ini hanya ada dua pilihan, rebutan atau tak mandi. Pernah mengalami? Kamu kocak!

Baca Juga: Draft RUU Pesantren Disetujui DPR, Apa Sih Tujuannya?

4. Ngantuk Everywhere!

5 Hal Unik Ini Akan Kamu Rasakan Jika Menjadi Santri di PesantrenFacebook.com/Sulhanarif

Yap, ini adalah kejadian paling unik dan lucu yang akan kamu temukan jika tinggal di pondok dan jarang sekali terjadi di luar (pesantren), di mana pun tempat santri sering banget ngantuk! Salah satu contohnya adalah salat sambil tidur. Ajaib kan? Kejadian lucu ini biasanya dipicu oleh kegiatan santri yang begitu padat sehingga mereka harus pintar membagi waktu antara istirahat dan belajar.

Jika waktu istirahat kurang maka akan berdampak pada ngantuk di setiap waktu. Ada yang tiba-tiba jatuh saat lagi salat karena tertidur, bahkan sampai pura-pura pingsan juga saking malunya menanggung aib karena ketiduran saat salat. Dan ada juga yang melakukan gerakan salat yang tidak sesuai dengan urutannya lho. ada juga yang berjalan sambil tidur.

Pokoknya berbagai usaha sudah dilakukan demi menahan ngantuk tapi apalah daya mata tetap terasa begitu berat. Haha.. unik banget kan? Kamu pernah ngalamin nggak?

5. Kehilangan makanan

5 Hal Unik Ini Akan Kamu Rasakan Jika Menjadi Santri di PesantrenTigervend.com

Kehilangan makanan ini termasuk salah satu hal unik yang akan kamu alami jika sekolah di pesantren, tak terlupakan lah.. Ya, santri pondok pesantren biasanya akan dikirimi bingkisan oleh keluarga mereka berupa makanan dan kebutuhan bulanan lainnya selama di pondok. Bagi yang memiliki aktivitas padat seperti mengikuti eks-kul maka bingkisan tersebut biasanya akan diletakkan di depan lemari terlebih dahulu dan akan disimpan dalam lemari setelah kegiatan selesai.

Namun jangan terkejut jika bingkisan itu sudah berantakan seperti dicakar kucing saat kamu kembali. Siapa lagi pelakunya jika bukan teman sekamar, yup, karena santri selalu lapar setiap waktu. Hahaa. Oh iya, hal ini biasanya dialami oleh santri putra yang tak kenal jaim alias jaga image ya.

Bagaimana, unik kan? Jadi jika kamu disuruh sekolah di pesantren kamu tak perlu khawatir merasa bosan atau nggak betah karena pasti ada saja hal lucu yang akan terjadi padamu, beberapanya ya seperti contoh di atas.

Baca Juga: Tahun 2019 BI Targetkan 250 Unit Usaha Milik Pesantren

Shera Suprapto Photo Verified Writer Shera Suprapto

Informasi positif sekecil apapun layak untuk dibagikan ^-^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya