Comscore Tracker

Sudah Tahu? Inilah 5 Fakta Unik di Balik Berdirinya Statue of Liberty 

Sudah tahu belum?

Ketika mendengar kata Statue of Liberty atau Patung Liberty, semua pasti akan langsung berpikir tentang Amerika. Ya, patung Liberty ini memang terdapat di negeri yang dijuluki Paman Sam itu. Patung yang menjadi ikon bagi warga Amerika ini memang sudah terkenal di mancanegara bahkan termasuk dalam salah satu keajaiban dunia. Tapi, tahukah kalian bahwa di balik berdirinya patung Liberty terdapat fakta-fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Mau tau? Yuk simak penjelasannya berikut ini.   

1. Simbol kebebasan Amerika

Sudah Tahu? Inilah 5 Fakta Unik di Balik Berdirinya Statue of Liberty Pixabay.com/ParentRap

Patung Liberty sengaja didirikan untuk memperingati seratus tahun Deklarasi Kemerdekaan bangsa Amerika. Patung ini merupakan simbol dari kebebasan rakyat Amerika dalam bertindak, berpendapat, memilih, serta kebebasan dalam hidup lainnya.

2. Berdiri atas gagasan dari orang Perancis

Sudah Tahu? Inilah 5 Fakta Unik di Balik Berdirinya Statue of Liberty Pixabay.com/Armelion

Perancis merupakan negara yang telah membantu Amerika selama masa penjajahan Inggris. Pada tahun 1865, Laboulaye, seorang ahli hukum dan pemikir dari Perancis adalah orang pertama yang memberi gagasan pendirian monumen untuk memperingati demokrasi di Amerika Serikat. Salah satu teman Laboulaye, Frédéric-Auguste Bartholdi seorang seniman Perancis pun tertarik dengan ide tersebut dan langsung menyetujuinya.

3. Mengumpulkan dana dari Amerika dan Perancis

Sudah Tahu? Inilah 5 Fakta Unik di Balik Berdirinya Statue of Liberty Pixabay.com/Skeeze

Laboulaye dan Bartholdi sadar bahwa untuk membuat suatu monumen yang akan menjadi simbol bagi negara Paman Sam tersebut tentu membutuhkan dana yang tak sedikit. Saat Bartholdi kembali ke Perancis, ia mulai mengumpulkan dana dari berbagai perusahaan meski awalnya harus ditolak karena biaya yang terlalu mahal.

Berbeda dengan Bartholdi yang cukup lancar mendapatkan dana di Perancis, pengumpulan dana di Amerika sangatlah lambat, sehingga menggerakan hati salah satu warga kaya disana, Joseph Pulitzer, untuk membuka kantor surat kabar dan kemudian menuliskan berita tentang warga Amerika yang tak mau menyumbang untuk kemajuan bangsanya sendiri. Berita itupun berdampak positif dan dana pun mulai mengalir deras.  

Baca Juga: Dianggap Rasis, Patung Mahatma Gandhi Dicabut Dari Universitas Ghana

4. Dibantu oleh Alexandre Gustave Eiffel, perancang menara Eiffel

Sudah Tahu? Inilah 5 Fakta Unik di Balik Berdirinya Statue of Liberty Pixabay.com/TheDigitalArtist

Selama pembuatan Patung Liberty, Bartholdi tidaklah sendiri melainkan dibantu oleh Alexandre Gustava Eiffel perancang dari menara Eiffel. Uniknya pembuatan patung ini terpisah yaitu di Amerika dan juga Perancis. Bartholdi dibantu Eiffel membuat struktur patung di Perancis sedangkan Jendral Charles dibantu oleh arsitek New York, Richard Moris Hunt untuk membuat pondasi berdirinya patung di Amerika.

5. Dikirim dari Paris

Sudah Tahu? Inilah 5 Fakta Unik di Balik Berdirinya Statue of Liberty Pixabay.com/MonicaVolpin

Setelah bertahun-tahun dibangun, akhirnya Statue of Liberty selesai sekitar tahun 1884 dan segera dikirim ke Bedloe tempat yang akan dijadikan untuk berdirinya Patung Liberty. Sekitar 214 kotak kayu berisi potongan patung Liberty dikirimkan dari Perancis ke Amerika Serikat dan tiba pada Juni 1885. Namun patung tersebut baru resmi didirikan pada tahun 1886. Hingga kini Patung Liberty tetap menjadi ikon di Amerika Serikat yang memikat banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Itu dia beberapa fakta yang mungkin belum kalian ketahui dibalik berdirinya Patung Liberty. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian ya..

Baca Juga: Pria Tertua di Amerika Serikat Meninggal di Usia 112 Tahun

P. Wulandari Photo Community Writer P. Wulandari

Perempuan sederhana yang tertarik dengan kata-kata. Dari kata, masuk ke hati :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You