Comscore Tracker

5 Fakta Kucing Scottish Fold, Si Telinga Lipat yang Menggemaskan

Posisi duduknya gemes banget!

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang menjadi primadona bagi para pecinta binatang. Tingkah lucu dan menggemaskan kucing pasti akan membuat kita terhindar dari stres setelah lelah belajar atau bekerja seharian. Kucing sendiri memiliki banyak jenis. Salah satu  yang banyak digemari adalah kucing ras Scottish Fold. Kucing ini banyak diminati karena keunikan fisik yang dimilikinya. Nah, berikut adalah 5 fakta kucing ras Scottish Fold yang akan bikin kamu ingin punya segera di rumah. Yuk kita simak!

1. Berasal dari Scotlandia

5 Fakta Kucing Scottish Fold, Si Telinga Lipat yang Menggemaskanthukieng.com

Sesuai dengan namanya, kucing jenis Scottish Fold berasal dari Skotlandia. Asal mula kucing ini berasal dari seekor kucing putih yang memiliki bentuk telinga unik yang terlipat ke depan. Kucing ini bernama Susie yang ditemukan di peternakan sekitar Coupar Angus di Perthshire, Skotlandia, pada tahun 1961. Hingga Susie akhirnya memiliki anak dengan dua di antaranya mewarisi bentuk telinganya. Satu anak betina Susie yang memiliki telinga lipat diadopsi oleh seorang pecinta kucing bernama William Rose. Lalu ia mendaftarkan kucing tersebut ke GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) di Inggris pada tahun 1966.

2. Pengakuan ras kucing Scottish Fold

5 Fakta Kucing Scottish Fold, Si Telinga Lipat yang Menggemaskangeralforum.com

Kucing Scottish Fold tidak diakui oleh  FIFe (Fédération Internationale Féline) di Eropa. GCFF juga kembali menarik pengakuan ras kucing ini. Salah satu penyebabnya adalah karena telinga yang terlipat milik Scottish Fold dapat memicu infeksi, kutu atau membuatnya menjadi tuli. Namun di Amerika, kucing Scottish Fold diperbaiki genetiknya dengan dilakukan mixed dengan jenis kucing British Shorthair dan American Shorthair.

Hasilnya kini kucing Scottish Fold tidak memiliki masalah yang sempat dikhawatirkan. Hingga kini lembaga yang telah mengakui ras kucing Scottish Fold adalah TICA (The International Cat Association) dan CFA (Cat Fanciers’ Association).

3. Bentuk telinga yang menjadi ciri khas

5 Fakta Kucing Scottish Fold, Si Telinga Lipat yang Menggemaskaninstagram.com/waffles_the_cat

Bentuk telinga lipat yang dimiliki kucing ras Scottish Fold disebabkan karena mutasi genetik dominan yang mempengaruhi seluruh tulang rawan di tubuh kucing ini. Telinga yang memiliki tulang rawan pun akhirnya memiliki bentuk yang terlipat ke depan. Namun kelainan genetik ini umumnya terjadi ketika kucing berusia 21 hari. Saat lahir kucing ini akan bertelinga lurus ke atas seperti kucing pada umumnya. Sedangkan kucing Scottish Fold yang telah melebihi usia 21 hari dan masih bertelinga lurus dikatakan tidak normal dan disebut dengan straight ear.

Baca Juga: Membawa Keberuntungan, Ini 8 Fakta Menarik Seputar Kucing Hitam

4. Duduk dengan 'posisi Buddha'

5 Fakta Kucing Scottish Fold, Si Telinga Lipat yang Menggemaskaninstagram.com/shrampton

Selain bentuk fisik yang unik, Scottish Fold juga memiliki kebiasaan-kebiasaan yang unik. Salah satunya adalah posisi duduknya dimana dia akan duduk dengan dua kaki belakang lurus ke depan dan dua kaki depannya akan berada di atas perutnya. Posisi ini sering disebut dengan 'posisi Buddha'. Selain itu kucing ras ini juga hobi tidur dengan posisi terlentang.

5. Ramah, cerdas dan aktif

5 Fakta Kucing Scottish Fold, Si Telinga Lipat yang Menggemaskaninstagram.com/shrampton

Scottish Fold merupakan kucing yang ramah, cerdas dan aktif. Kucing ini akan sangat senang jika diberikan mainan yang menguji ketangkasannya. Dia akan sangat menyayangi orang yang selalu memberinya makan dan menemaninya bermain. Selain itu kucing Scottish Fold juga akan dengan mudah berbaur dengan lingkungannya, termasuk saat ada hewan peliharaan lain di sekitarnya. Hal yang perlu diketahui adalah bahwa kucing ini jangan sampai dibiarkan kesepian karena ia akan mudah stress dan tertekan.

Itulah 5 fakta kucing telinga lipat, Scottish Fold. Menggemaskan bukan? Udah kebelet pengen pelihara belum nih?

Baca Juga: 7 Momen Mesra Dikta dan Kucingnya Jimbon, Gemas Banget!

Rahmalia Nurida Photo Verified Writer Rahmalia Nurida

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya