Comscore Tracker

5 Fakta Maine Coon, Kucing Rumahan yang Berbadan Raksasa

Gemas sekali~

Pernahkah kamu mendengar kucing Maine Coon? Maine Coon adalah jenis kucing rumahan yang memiliki ukuran tubuh yang besar dibandingkan kucing lainnya. Sesuai namanya, ras ini berasal dari negara bagian Maine (Amerika Serikat). Terdapat berbagai mitos dan legenda berhubungan dengan asal ras kucing ini. 

Banyak orang yang percaya kalau kucing Maine Coon dihasilkan dari persilangan antara kucing setengah liar dengan rakun. Mitos ini muncul  karena bentuk dan warna ekor kucing Maine Coon yang menyerupai ekor rakun.

Tetapi ada cerita lainnya yang menyatakan bahwa seorang pelaut Inggris bernama Kapten Charles Coon memelihara kucing berbulu panjang di atas kapalnya. Setiap kali kapalnya merapat, kucing-kucingnya dikawinkan dengan kucing-kucing liar di daerah tersebut.

Yuk simak beberapa fakta menarik berikut tentang kucing Maine Coon.

1. Memiliki ukuran tubuh raksasa dibandingkan kucing lainnya

5 Fakta Maine Coon, Kucing Rumahan yang Berbadan Raksasakittentoob.com

Maine Coon merupakan satu-satunya kucing peliharaan dengan ukuran tubuh terbesar yang pernah ada. Secara umum kucing Maine Coon dewasa memiliki tinggi mencapai ketinggian hingga 40 cm dan panjang hingga 1,2 m. Kucing jantan memiliki bobot 6-9 kg sedangkan betina biasanya memiliki bobot lebih kecil sekitar 4-6 kg. 

2. Memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili atau kelebihan jari

5 Fakta Maine Coon, Kucing Rumahan yang Berbadan Raksasaboredpanda.com

Kucing Maine Coon diketahui memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili, yaitu jari-jari kakinya lebih banyak dibandingkan kucing lainnya. Dimana kucing jenis ini terlahir dengan 6 jari kaki.

Bagi sebagian orang, hal tersebut dianggap tidak lazim dan aneh. Namun sebagian besar lainnya menganggap polidaktili sebenarnya bisa membuat kucing Maine Coon terlihat unik dan semakin menggemaskan.

Baca Juga: 6 Jenis Kucing Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Setara Rumah

3. Tidak takut air bahkan bisa berenang

5 Fakta Maine Coon, Kucing Rumahan yang Berbadan Raksasainstagram.com/robert_sijka

Kita tahu kalau kucing tidak suka dengan air bahkan takut air. Tapi hal itu tidak berlaku bagi Maine Coon. Kucing jenis ini sangat suka dengan air bahkan mahir berenang. Rahasianya karena kucing Maine Coon memiliki mantel atau bulu yang jauh lebih tahan air dibandingkan dengan ras lain.

4. Sangat suka cari perhatian manusia

5 Fakta Maine Coon, Kucing Rumahan yang Berbadan Raksasaboredpanda.com

Kucing Maine Coon sangat suka mencari perhatian untuk memberi tahu bahwa mereka lebih penting daripada acara televisi yang kamu tonton atau buku yang kamu baca. Maine Coon benar-benar akan duduk di depan TV atau dengan sengaja berbaring di atas buku yang sedang kamu baca untuk menarik perhatianmu. Dan dengan ukuran Maine Coon yang besar, tidak mungkin untuk diabaikan.

5. Tidak suka ketinggian seperti ras lainnya

5 Fakta Maine Coon, Kucing Rumahan yang Berbadan Raksasainstagram.com/robert_sijka

Biasanya kucing sangat suka memanjat pohon bahkan atap rumah. Bisa jadi alasan mengapa kucing suka ketinggian adalah karena mereka suka melompat. Tetapi kucing Maine Coon tidak memiliki tipikal tersebut. Mereka sangat membenci ketinggian.

Walaupun tidak ada pembuktian studi ilmiah, kebanyakan dari pemilik kucing Maine Coon membenarkan hal tersebut.

Itulah fakta-fakta menarik dari kucing yang memiliki ukuran tubuh raksasa.

Baca Juga: 7 Fakta Kucing Paling Mematikan di Dunia, Tapi Kok Menggemaskan? 

Raisa Photo Community Writer Raisa

Nothing is impossible

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You