Comscore Tracker

Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggris

Bertabur berlian dan berusia lebih tua dari Ratu Elizabeth

Kehidupan keluarga Kerajaan Inggris tidak pernah luput dari sorotan publik. Segala hal yang berhubungan dengan anggota kerajaan selalu menarik untuk diperbincangkan. Termasuk juga tiara yang kerap digunakan wanita kerajaan.

Tiara kerajaan Inggris bukan hanya sebagai perhiasan untuk mempercantik penampilan, lho. Ada sejarah penting di balik tiara - tiara mewah ini. Berikut ini 7 koleksi tiara Kerajaan Inggris beserta sejarahnya. 

1. The Grand Duchess Vladimir Tiara

Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggrisrct.uk

Vladimir tiara awalnya adalah milik Maria Pavlovna, istri Grand Duke Vladimir Alexandrovich of Rusia. Tiara ini dibuat dari berlian yang dikaitkan pada emas dan perak, serta dihiasi bandul mutiara berbentuk pir. Pada tahun 1921 nenek Ratu Elizabeth, Ratu Marry membeli Vladimir Tiara dari anak perempuan Maria Pavlovna.

Tiga tahun kemudian Ratu Mary memerintahkan perusahaan Garrard & Co untuk merenovasi tiara ini. Garrard mengubah tiara ini agar dapat dipakai dengan potongan 15 zamrud.

Zamrud yang digunakan adalah zamrud Cambridge yang dimenangkan Ratu Mary dari sebuah lotere amal. Kini Vladimir Tiara termasuk salah satu koleksi pribadi Ratu Elizabeth II. Konon kabarnya Megan Markle ingin menggunakan tiara ini di hari pernikahannya, namun ditolak oleh Ratu. 

2. Queen Mary's Lover's Knot Tiara

Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggrisregalfille.com

Queen Mary's Lover's Knot Tiara dibuat pada tahun 1914 oleh Garrard & Co atas pesanan Ratu Mary. Kabarnya untuk pembuatan tiara ini, Ratu Mary mengorbankan koleksi tiara pribadinya yaitu Ladies of England Tiara. Tiara ini terdiri dari 38 drop-shaped mutiara, yang 19-nya berbentuk liontin menggantung, sedangkan 19 lagi berada di atasnya.

Lover's Knot tiara sangat identik dengan Putri Diana. Ratu Elizabeth II menghadiahkannya tiara ini sebagai hadiah pernikahan. Setelah perceraiannya dengan Pangeran Charles, Diana mengembalikan tiara ini ke inventaris kerajaan. Beberapa tahun belakangan Kate Middleton tampak sering mengenakan tiara ini. 

3. Girls of Great Britain and Ireland Tiara

Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggrisrct.uk

Girls of Great Britain and Ireland Tiara awalnya merupakan hadiah pernikahan untuk Ratu Mary pada tahun 1893. Namanya diambil dari sebuah komite "Girls of Great Britain and Ireland" yang diketuai oleh Lady Eva Greville, ia memimpin penggalangan dana untuk membeli tiara ini dari Garrard. Tiara ini memiliki 14 mutiara di atasnya, namun pada tahun 1914 Ratu Mary meminta Garrard untuk merenovasinya. Ia melepaskan mutiara dan menggantinya dengan 13 berlian. 

Ketika Putri Elizabeth (kini Ratu Elizabeth II) menikah, Ratu Mary menghadiahkannya tiara ini. Untuk menghormati neneknya, Elizabeth menyebutnya sebagai Granny's Tiara. Tiara ini masuk ke dalam koleksi favort Ratu Elizabeth bahkan ia memakainya di penampilan pertama setelah pemakaman ayahnya. 

4. Queen Mary's Fringe Tiara

Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggrisrct.uk

Queen Mary's tiara dibuat oleh Garrard pada tahun 1919 atas pesanan Ratu Mary. Untuk pembuatannya, Ratu Mary membongkar kalung hadiah pernikahannya dari Ratu Victoria yang dibeli dari Collingwood & Co pada tahun 1893.

Tiara ini diberikan kepada menantunya, Queen Elizabeth, The Queen Mother pada tahun 1936. Kemudian dipinjamkan kepada Putri Elizabeth (kini Ratu Elizabeth II) di hari pernikahannya pada tahun 1947. Queen Mother juga meminjamkan tiara ini ke cucunya, Putri Anne untuk dipakai di hari pernikahannya pada tahun 1973. Kini tiara ini menjadi koleksi pribadi Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: 5 Rahasia Perawatan Kecantikan Putri Kerajaan Inggris, Berani Coba?

5. The Delhi Durbar Tiara

Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggrisrct.uk

Durbar merupakan acara besar di Delhi untuk merayakan penobatan Raja George V dan Ratu Mary sebagai Kaisar dan Permaisuri India. Untuk acara ini, Ratu Mary membutuhkan sebuah tiara baru, maka Garrard membuatkan khusus untuknya.

Pada awalnya ada 10 potongan zamrud yang menghiasi bagian atas tiara ini. Namun pada tahun 1922, zamrud tersebut diganti dengan dua potong berlian berlian Cullinan III dan IV. Kemudian tiara ini dirombak lagi dengan mengeluarkan dua potongan berlian tersebut. 

Delhi Durbar Tiara dipinjamkan secara permanen kepada Queen Elizabeth, The Queen Mother pada tahun 1946 hingga kematiannya pada tahun 2002. Tiara ini terlihat kembali di publik pada tahun 2005 saat Camila, The Duchess of Cornwall memakainya di acara resmi bersama keluarga kerajaan Norwegia. 

6. The Burmese Ruby Tiara

Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggrisvogue.fr

Burmese Ruby Tiara dibuat dari 96 rubi hadiah pernikahan Ratu Elizabeth dari orang-orang Burma dan berlian dari Nizam of Hyderabad Tiara. Sama seperti kebanyakan tiara kerjaan Inggris, tiara ini dibuat oleh Garrard & Co.

Di dalam kepercayaan orang Burma, batu ruby dapat melindungi manusia dari 96 macam penyakit. Tiara ini didesain sendiri oleh Ratu Elizabeth II. Sampai saat ini Burmese Ruby Tiara masih menjadi koleksi pribadi Ratu dan kerap memakainya di acara kerajaan. 

7. The Queen Mary Diamond Bandeau Tiara

Istimewa, Ini Sejarah di Balik 7 Tiara Mewah Kerajaan Inggrisrct/uk

Kalau kamu menonton siaran pernikahan Pangeran Harry, tentu kamu tidak asing lagi dengan tiara yang satu ini. Ya, tiara ini digunakan Megan Markle di hari pernikahannya. 

Queen Mary Diamond Bandeau Tiara secara khusus dibuat untuk Ratu Mary oleh Garrard & Co pada tahun 1932. Bagian tengah tiara ini dihiasi dengan sebuah bros pemberian County of Lincoln di hari pernikahannya. Bros ini diwariskan kepada Ratu Elizabeth pada tahun 1953. 

Karena tiara merupakan perhiasan spesial di Kerajaan Inggris, maka dari itu penggunaannya diatur ketat. Hanya perempuan kerajaan yang telah menikah yang boleh menggunakan tiara. Tiara digunakan di acara formal yang diadakan setelah jam 18.00, kecuali di hari pernikahan. 

Baca Juga: 10 Tradisi dan Aturan Ketat Pernikahan Keluarga Kerajaan Inggris

Ratumas Ovvy Photo Community Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You