Comscore Tracker

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamu

Jadi, kamu mirip dengan villain yang mana?

DC Comics adalah rumah bagi beberapa karakter superhero ikonik, seperti Batman, Wonder Woman, Superman, dan Flash. Karakter tersebut dikenal oleh khalayak di seluruh dunia. Selain superhero, rupanya DC juga memiliki banyak supervillain ikonik. Saking banyaknya, supervillain ini digolongkan ke dalam daftar arc-enemies salah satu superhero. Misalnya Batman yang memiliki Joker, Catwoman, Two-face, Penguin, dan Bane.

Karena kerumitannya, supervillains DC menjadi topik yang menarik untuk diteliti dan dikelompokkan ke dalam Myers-Briggs Personality Types (MBTI). MBTI adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan, yang dikelompokkan dalam dalam 16 tipe kepribadian.

Berikut 10 super villains DC yang memiliki kepribadian MBTI yang sama denganmu!

1. Harvey Dent (Two-Face) - ENTP

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamupinterest.es

Harvey Dent adalah orang yang sulit dikategorikan ke dalam salah satu jenis MBTI dikarenakan dua kepribadiannya yang berbeda. Dualitas ini terlihat dari wajahnya—yang setengah terbakar setengah tidak—dan terkadang dalam tindakannya. Harvey adalah pria yang terus-menerus terjebak dalam pertempuran dengan dirinya sendiri. Tindakan Harvey bahkan terhitung lebih masuk akal dibandingkan dengan sebagian besar villain DC lainnya.

Untuk alasan ini, Harvey digolongkan ke dalam tipe ENTP. Tipe ini dikenal karena kecerdasan dan kemampuannya untuk berdebat. Harvey adalah pribadi yang cerdas dan penuh perhitungan, dan kepribadiannya yang terbagi dua menegaskan bahwa dia selalu berdebat dengan dirinya sendiri tentang seberapa buruk hal yang akan dilakukannya.

2. Zod - INFJ

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamubatman-news.co

Zod adalah seorang pria militer. Dia terbukti sebagai musuh yang penuh perhitungan. Kekuatan fisiknya setara dengan ketepatan militer dan cara menghitungnya. Oleh karena itu Zod adalah tipe INFJ. Orang dengan tipe ini terkenal idealis, memiliki keyakinan kuat dalam diri mereka sendiri dan sering dianggap cukup inspiratif. Tentun Zod adalah seorang villain, tetapi untuk memimpin pasukannya ia membutuhkan elemen kualitas inspirasional ini.

3. Ares - ISTJ

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamuslashfilm.com

Dewa Perang yang sebenarnya, Ares telah menjadi musuh utama Wonder Woman selama bertahun-tahun. Sebagai dewa, Ares telah ada sejak dulu dan memegang nilai-nilai kuno sehingga terlihat seperti "old-fashioned man". Ciri-ciri ini membuatnya menjadi tipe ISTJ.

Tipe ini diangggap selalu berkutat dengan masa lalu, menjunjung tradisi dan mengulangi kepercayaan yang telah lama dianut. Mereka adalah orang yang sangat serius. Dan ketika kita bicara soal perang, tidak ada yang lebih serius dari Ares.

4. Harley Quinn - ENFP

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamupinterest.com

Berbanding terbalik dengan Ares, si maniak Harley Quinn justru terkenal membenci "traditional ways". Popularitas karakter ini mungkin meningkat selama beberapa tahun terakhir karena penggambaran Margot Robbie dalam Suicide Squad terlihat cuek dengan keadaan sekitar.

Namun dibalik sifat cuek itu, Quinn menyembunyikan sifat histeris, licik, dan tidak terduga. Motivasi di setiap perbuatannya sering datang dari paham anarkis, yang membuatnya semakin menakutkan. Dia adalah seorang yang sangat ekstrovert namun tidak segan untuk menggunakan instingnya.

Kualitas-kualitas ini menjadikannya tipe ENFP. Dia adalah orang yang spontan namun masih mengandalkan perasaannya. Oleh karena itu perasaannya dapat mendominasi reaksinya. Quinn adalah seorang individual yang akan menolak asimilasi dengan segala cara.

5. Eobard Thawne (Reverse Flash) - INTP

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamutvandmovienews.com

Eobard Thawne adalah penjahat yang sangat cerdas dan impulsif. Thawne mendapatkan kemampuan yang sama dengan Flash, melakukan perjalanan melalui waktu, dan berlari menuju kehidupan yang penuh kejahatan.

Thawne adalah tipe INTP. Mereka pintar, dikenal karena pengetahuan mereka, tetapi juga sifat impulsif mereka. Mereka seringkali melompat, atau langsung berlari ke depan tanpa melihat. Sifat cerdas namun impulsif ini juga sering ditemukan dalam diri seorang sosiopat, yang sepertinya sangat cocok dengan sosok Thawne.

Baca Juga: 6 Tipe Kepribadian MBTI yang Cocok Jadi Seniman

6. Black Manta - ENFJ

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamudenofgeek.com

Black Manta adalah salah satu villain terbesar Aquaman yang paling memiliki keteguhan hati. Dia hidup dengan kodenya sendiri tetapi masih diatur oleh intuisinya, sehingga memungkinkan perasaannya untuk membuat alasan yang lebih baik. Meskipun prinsipnya dipertanyakan, dia tetap berpegang teguh pada mereka. Tekad untuk tetap setia pada keyakinan dan misinya inilah yang menjadikan Black Manta tipe ENFJ.

Tipe ini bergantung pada alasan etis mereka, tetapi masih berhubungan dengan perasaan mereka. Black Manta mungkin terlihat sebagai villain yang paling etis dan manusiawi, namun kode hidupnya yang paling menentukan tindakan dan memperkuat tekadnya untuk mengalahkan Aquaman.

7. Darkseid

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamucinemablend.com

Darkseid adalah salah satu supervillain terbesar di DC Universe. Dia datang melawan Superman dan Justice League berkali-kali, dan sempat mengacaukan alam semesta berkali-kali. Darkseid adalah salah satu makhluk terkuat yang pernah ada, dia adalah pemimpin yang fasis, yang tidak menginginkan apa pun selain menghapuskan kehendak bebas dan memaksakan kekuasaannya sendiri pada semua makhluk hidup.

Tentunya mengatasi seluruh alam semesta membutuhkan pasukan dan serangkaian keterampilan khusus. Untuk memanfaatkan kekuatan pasukannya, Darkseid harus menjadi sosok yang kuat dan memiliki kemampuan untuk memimpin. Inilah yang membuatnya menjadi tipe ENTJ.

8. Catwoman - ESTP

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamuwashingtonpost.com

Catwoman adalah salah satu karakter paling kompleks dalam DC Universe. Dia sering melintasi garis antara penjahat dan pahlawan, namun dalam daftar ini kita akan mengklasifikasikannya sebagai penjahat. Banyak hal yang membuat karakter ini begitu disukai.

Dia licik, cerdas, tangguh, awas, selalu melawan penindasan, dan memiliki selera untuk hal-hal yang baik dalam hidup. Sisi kemanusiaannya itulah yang membuatnya begitu menyenangkan untuk dilihat. Karena alasan ini dia masuk ke dalam tipe ESTP.

Tipe ini terkenal sebagai pelaku, nyaman sendiri, dan aktif dalam mewujudkan nasib mereka sendiri. Lewat sifat tanggapnya, Catwoman mampu membaca seseorang dan situasi sehingga membuatnya menjadi pencuri yang hebat. Dia adalah sosok yang rumit, berantakan, namun tidak pernah menjadi pasif.

9. Lex Luthor - INTJ

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamuinverse.com

Lex adalah supervillain yang sudah terlihat dalam banyak iterasi DC selama bertahun-tahun. Bagaimana pun alur ceritanya, dia selalu pintar, licik dan imajinatif. Sebagai manusia yang berusaha untuk mengalahkan makhluk dengan kekuatan seperti Superman, dia harus mengandalkan otak dan pemikiran strategisnya untuk membuat rencana yang sempurna.

Inilah yang menjadikan Lex tipe INTJ. Dikenal karena pikiran logis dan strategis mereka, mereka adalah perencana hebat dan memiliki imajinasi yang jelas, yang membuktikan bahwa segala sesuatu bisa terjadi dengan rencana yang tepat. Singkatnya tidak ada yang mustahil bagi mereka, dan bagi Lex hal itu adalah mengalahkan Superman.

10. Joker - ESFP

10 Super Villains DC yang Sama dengan Tipe Kepribadian MBTI Kamuplayboy.com

Sang pangeran kejahatan DC, Joker memang memiliki daya tarik lebih dari penjahat DC lainnya, dan ada alasan khusus mengapa supervillain ini begitu menarik. Pertama, kecakapan dalam memainkan pertunjukannya. Joker selalu menyukai perhatian.

Disaat penjahat lainnya bersembunyi di dalam bayang-bayang, Joker menempatkan semuanya di luar sana. Dia tidak malu dalam tindakannya yang tercela. Dia suka mengadakan pertunjukan dan sangat teatrikal. Ia juga spontan, reaktif, dan tidak terduga.

Joker adalah tipe ESFP. Jenis-jenis ini suka dilihat, mereka suka mendapat perhatian orang lain dan seringkali sulit untuk mengatakan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Sifat tak terduga dan flamboyan inilah yang membuat Joker begitu menghibur untuk ditonton dan begitu memesona.

Nah, itu tadi 10 supervillains DC yang memiliki kepribadian MBTI yang sama denganmu. Jadi, manakah karakter villain yang sesuai dengan kepribadianmu?

Baca Juga: 8 Kepribadian Ekstrovert MBTI ini Sangat Akurat Loh! Kamu yang Mana?

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya