Comscore Tracker

Ini Lho 5 Fase yang Kamu Alami Saat Tidur

Pada fase inilah kamu seolah-olah jatuh saat tidur

Tidur merupakan kondisi di mana tubuh mengalami relaksasi. Ini jadi kebutuhan setiap individu. Namun ternyata untuk mencapai tidur nyenyak, diperlukan proses yang panjang. Berikut adalah fase yang kamu alami saat tidur.

Fase 1: Tidur Ringan

Ini Lho 5 Fase yang Kamu Alami Saat Tidurslrlounge

Fase ini seringkali disebut tidur ayam. Tubuhmu masih mudah terjaga ketika dibangunkan. Pada fase ini gerakan mata sangat lambat dan otot kita mulai rileks.

Kamu mungkin mengalami perasaan seperti terjatuh atau ada orang yang memanggil namamu pada saat tidur di fase ini.

Fase 2 : Mulai Tidur

Ini Lho 5 Fase yang Kamu Alami Saat Tidurjarodknoten

Pada fase ini kamu mulai menyambut tidur pulas yang ditandai dengan gerakan mata berhenti, napas dan detak jantung teratur, serta suhu tubuh menurun. Rata-rata orang dewasa menghabiskan sekitar 45% hingga 50% waktu tidurnya di fase ini.

Fase 3 - 4 : Tidur Dalam

Ini Lho 5 Fase yang Kamu Alami Saat Tidurtrendhunterstatic

Fase ini berperan penting dalam proses tumbuh kembangmu. Karena pada fase ini tubuh akan melakukan perbaikan dan pertumbuhan jaringan kembali, menguatkan sistem imun, membangun kekuatan tulang dan otot, meningkatkan pasokan darah ke otot, serta energimu juga akan dipulihkan di fase ini.

Fase ini ditandai dengan tekanan darah turun, napas melambat, dan mata berhenti bergerak. Gelombang otak yang dihasilkan pun menjadi sangat lambat hingga berubah menjadi gelombang delta.

Fase 5 : Tidur REM atau Tidur Bermimpi

Ini Lho 5 Fase yang Kamu Alami Saat Tidurfavim

Pada fase inilah mimpi yang kamu alami dimulai. Fase ini ditandai dengan pernapasan lebih cepat dan tidak teratur, gerakan mata menjadi sangat cepat, aktivitas otak meningkat, detak jantung meningkat, serta tekanan darah naik.

Rata-rata orang menghabiskan 20% waktu tidurnya di fase ini. Fase ini terjadi setelah 70 hingga 90 menit kita mulai tidur. Kamu sudah sampai fase yang mana?

sherly Photo Verified Writer sherly

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You