Comscore Tracker

Kucing 101: Cara Menentukan Usia Kucingmu

Biar bisa jawab kalau ditanya kucingmu umurnya berapa

Ada banyak misteri tentang kucing saat mereka datang ke rumah kita, termasuk usia kucing. Biasanya yang paling jago menentukan usia seekor kucing adalah dokter hewan.

Pemeriksaan dokter hewan menyeluruh dari seluruh tubuh kucing umumnya akan membantu menentukan perkiraan usia kucing. Namun, dokter hewan cenderung melihat beberapa bagian tubuh tertentu ketika mencoba memperkirakan usia kucing. Lantas dari mana saja kita bisa menentukan usia kucing?

1. Gigi

Kucing 101: Cara Menentukan Usia Kucingmuunsplash.com/@dinamakhmutova

Gigi bayi kucing pertama kali muncul usia 2 hingga 4 minggu, menjadikan gigi sebagai penentuan usia biasanya dilakukan dokter hewan. Gigi permanen mereka akan berkembang di atas gigi bayi dan pada saat berusia 3 hingga 4 bulan, gigi permanen akan mulai menggusur gigi bayi (juga disebut gigi sulung). Biasanya, semua gigi dewasa sudah ada pada usia 6 bulan, dan pertumbuhannya tidak lagi berguna untuk menentukan usia kucing.

Pada kucing yang lebih tua, warna atau karang gigi pada kucing juga merupakan indikator usia. Namun, dengan produk pembersih gigi hewan sudah tersedia banyak, karang gigi mungkin bukan indikator yang baik lagi. Oleh karena itu, meskipun gigi adalah indikator yang baik untuk perkiraan usia kucing, tapi tak selalu akurat.

2. Kematangan seksual

Kucing 101: Cara Menentukan Usia Kucingmupetinsurance.com.au

Kucing jantan mencapai kematangan seksual sekitar 5 bulan. Biasanya kucing jantan juga akan mulai spraying alias menyemprotkan pipis mereka untuk menandai teritorial mereka.

Kucing betina akan mengalami birahi pertama (siklus estrus) antara usia 5 dan 12 bulan. Seekor kucing betina yang sedang birahi akan sangat berisik dan vokal. Seekor kucing betina hamil dan melahirkan anak pertamanya pada saat dia berusia 7-8 bulan.

Baca Juga: Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Dunia

3. Perkembangan bulu

Kucing 101: Cara Menentukan Usia Kucingmubussinessinsider.com

Bulu atau rambut anak kucing biasanya halus dan lembut, tetapi seiring bertambahnya usia kucing, bulunya akan menebal dan kasar. Bulu juga dapat berubah warna, menjadi lebih gelap atau lebih terang. Ketika kucing mencapai usia dewasa, ia bahkan dapat mengembangkan bercak rambut putih atau abu-abu, seperti halnya manusia pada penuaan.

4. Mata

Kucing 101: Cara Menentukan Usia Kucingmuunsplash.com/@tranmautritam

Kucing yang sehat selama masa pemeliharaannya memiliki mata yang sangat jernih dan cerah. Namun, kucing tua biasanya akan memiliki mata yang keruh atau sering keluar kotoran. Ini biasanya tidak terjadi sampai kucing berusia setidaknya 10 tahun.

5. Kebiasaan grooming

Kucing 101: Cara Menentukan Usia Kucingmuunsplash.com/@am_renae

Kucing sangat teliti dalam hal perawatan, dan sebagian besar kucing yang lebih muda akan terlihat warna bulu yang cerah dan mereka akan sering grooming bulu mereka. Namun, begitu kucing mencapai usia tertentu, mereka mungkin tidak sesering dulu grooming bulu mereka.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kucing jarang merawat diri dengan baik. Masalah gigi khususnya dapat menyebabkan kucing berhenti merawat karena sakit. Mereka juga bisa bertambah berat seiring bertambahnya usia, yang membuat lebih sulit untuk mencapai titik-titik tertentu.

Baca Juga: Kucing 101: 5 Kucing Paling Ramah yang Cocok Dipelihara Anak-anak

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya