Comscore Tracker

5 Hal Bijak Harus Dipahami Sebelum Nonton Film, Jangan Sembarangan!

Karena tidak semua film layak untuk kamu tonton

Segala aktivitas yang kita lakukan selalu mempunyai aturan untuk mencegah kita terhindar dari hal-hal tidak diinginkan. Makan pakai tangan kanan, minum sambil duduk, membaca di tempat cukup cahaya, begitupun dengan menonton film.

Sebagai hiburan yang selalu memberikan berbagai dampak pada pikiran dan tingkah laku, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum nonton film. Jika kamu sayang pada dirimu, cobalah terapkan 5 sikap bijak berikut ini.

1. Selalu perhatikan usia

5 Hal Bijak Harus Dipahami Sebelum Nonton Film, Jangan Sembarangan!cbc.ca

Seberapa pun penasarannya kamu, rating usia merupakan suatu hal yang tidak boleh diabaikan. Lembaga sensor film membuat peraturan batas usia ini sebagai langkah pencegahan, karena tidak semua film dinyatakan cocok untuk segala usia.

Bagi penonton yang tidak mencapai usia minimal, film-film tertentu sangat bisa membawa pengaruh buruk dan pelajaran yang tidak baik yang akhirnya akan berefek serius di kehidupan nyata. Selain itu, jalan cerita yang terlalu berat juga memungkinkan penonton di bawah umur malah tidak bisa menikmati apa yang sedang ditontonnya.

2. Hindari menonton genre thriller/crime saat mood kamu sedang buruk

5 Hal Bijak Harus Dipahami Sebelum Nonton Film, Jangan Sembarangan!whereyat.com

Saat mood sedang buruk, menonton film ber-genre thriller atau crime hanya akan merangsang pikiran terhadap hal-hal negatif. Mood yang buruk akan memicu terbentuknya emosi yang kemudian akan diperparah dengan pengaruh buruk yang ditampilkan dalam film. Karena terbawa suasana, kamu bisa saja nekat melakukan hal-hal tidak masuk akal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Nonton Film yang Sama Berulang Kali, Kamu Juga?

3. Jika genre film terlalu berat dan menakutkan, ajak orang terdekat untuk menemani

5 Hal Bijak Harus Dipahami Sebelum Nonton Film, Jangan Sembarangan!vt.co

Saat kamu merasa film yang akan ditonton terlalu menakutkan atau terasa sangat berat, ajak orang terdekat untuk menghindari perasaan stres berlebihan yang mungkin saja kamu dapatkan setelah menonton film. Mengajak orang terdekat terbukti dapat menurunkan tekanan juga bisa menghadirkan sensasi menyenangkan karena menyadari bahwa kamu di sana tidak sendirian.

4. Berhenti membandingkan film dengan kehidupan nyata yang sedang kamu jalani

5 Hal Bijak Harus Dipahami Sebelum Nonton Film, Jangan Sembarangan!ghionjournal.com

Selalu ingat bahwa yang kamu tonton hanyalah sebatas film semata, sebagai hiburan dan bukan sesuatu yang bisa kamu bandingkan dengan kehidupan nyata. Ambil value yang baik dari film tersebut, dan bila ada hal-hal buruk, cukup jadikan pelajaran agar kamu tidak melakukan hal yang salah, sama seperti yang skenario dalam film yang kamu tonton.

5. Hindari menonton film dengan genre yang tidak cocok sama kamu

5 Hal Bijak Harus Dipahami Sebelum Nonton Film, Jangan Sembarangan!wexnermedical.osu.edu

Sekiranya kamu memang punya mental yang tidak cukup kuat, sebaiknya hindari beberapa film yang dianggap terlalu berat, seperti horor, crime, atau thriller. Meski menjadi favorit banyak orang, nekat menonton genre yang memang tidak cocok dengan kepribadian kamu hanya akan membawa efek buruk dan membuat kehidupan kamu tidak berjalan lancar dan pikiran kamu kacau.

Menonton film bisa jadi kegiatan yang paling menyenangkan, tapi bisa juga menjadi momok berbahaya jika kamu mengabaikan aturannya. Tetaplah sayangi dirimu dengan bersikap bijak saat menonton film.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Menonton Konser

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You