Comscore Tracker

6 Fakta Menarik di Balik Maskot dari Merek Terkenal Dunia

Maskot Linux tercipta karena lelucon?

Beberapa maskot seperti Michelin Man telah ada selama lebih dari satu abad, serta yang banyak disukai anak-anak Ronald McDonald dari McDonald. Tetapi masing-masing maskot ini memiliki cerita di belakangnya. Berikut ini beberapa cerita menarik di balik maskot terkenal untuk memikat banyak orang yang jarang diketahui. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Snoopy adalah maskot keselamatan NASA

6 Fakta Menarik di Balik Maskot dari Merek Terkenal Dunianasa.gov

Setelah misi Apollo 1 yang gagal, NASA menerima tanggung jawab besar untuk membangun kembali citranya. Mereka memutuskan untuk membuat program yang akan bekerja untuk keselamatan dalam misi luar angkasa. Mereka pergi ke Charles Schulz, pencipta komik strip Peanuts, dan meminta untuk menggunakan Snoopy sebagai maskot keselamatan mereka.

Hal tersebut adalah panggilan yang sulit bagi Schulz karena jika misi Apollo yang baru gagal, reputasi karakter yang dicintainya akan berisiko juga. Tetapi menurut putranya, Craig Schulz, dia percaya bahwa jika astronot dapat mempertaruhkan nyawa mereka, maka dia pun dapat mengambil risiko karakternya.

Setelah Snoopy menjadi maskot, ada banyak strip komik yang menampilkannya di petualangan ruang angkasa. Salah satu sketsa awal Snoopy menjelajahi ruang angkasa dengan helm fishbowl-nya berubah menjadi pin logam perak. Pin ini telah dipakai oleh para astronot sejak tahun 1968 saat melakukan misi. Begitu mereka kembali, mereka mempersembahkan pin sebagai tanda penghargaan kepada orang-orang di lapangan yang berkontribusi pada keselamatan dan kesuksesan misi ini.

2. Triceratops adalah maskot penemuan Colorado Rockies

6 Fakta Menarik di Balik Maskot dari Merek Terkenal Duniadenverpost.com

Colorado Rockies memiliki triceratops ungu yang dikenal sebagai Dinger, sebagai maskot tim mereka. Ada alasan untuk menggunakan dinosaurus ini sebagai maskot mereka. Saat Coors Field sedang dibangun, para pekerja menemukan sejumlah fosil dinosaurus saat menggali tanah. Penemuan yang paling menonjol adalah tulang rusuk triceratops sepanjang 7 kaki (2,1 meter) dan 1.000 pon (450 kilogram). Hal ini membuat pihak berwenang mempertimbangkan Jurassic Park sebagai nama untuk lapangan. Kemudian, tim bisbol mengadopsi triceratops ungu sebagai maskot mereka untuk menghormati penemuan.

3. Snoo adalah maskot alien Reddit

6 Fakta Menarik di Balik Maskot dari Merek Terkenal Dunianymag.com dan Wikimedia.org/Reddit

Pada tahun 2005, salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian dan Steve Huffman, menciptakan bisnis layanan pemesanan makanan secara online bernama MyMobileMenu. Mereka meneruskan ide itu kepada Paul Graham, pendiri Y Combinator. Namun sayangnya, mereka ditolak.

Merasa sedih, keduanya bersiap untuk kembali ke rumah keesokan paginya. Saat berada di kereta, mereka menerima telepon dari Graham. Dia mengatakan kepada mereka bahwa meskipun dia tidak menyukai ide layanan pemesanan makanan mereka, dia menyukai Ohanian dan Huffman. Dia juga mendesak mereka untuk membangun "halaman depan Internet" bersama.

Terinspirasi oleh Graham, Ohainian dan Huffman menulis kode untuk Reddit hanya dalam tiga minggu. Ohanian ingin menamai situs web tersebut Snoo yang merupakan bentuk singkat untuk 'apa yang baru? Tetapi nama domain Snoo sudah dibeli oleh orang lain. Mereka menghubungi pemilik domain tetapi dia menolak untuk menjualnya kepada mereka. Jadi, mereka memutuskan untuk sementara menamai situs web tersebut Reddit (yang akhirnya digunakan hingga saat ini), dan memilih menamai maskot alien Reddit dengan Snoo.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Pikachu, Maskot Pokemon yang Mendunia

4. Bibendum (Michelin Man) adalah maskot ban Michelin dari tumpukan ban

6 Fakta Menarik di Balik Maskot dari Merek Terkenal DuniaWikimedia.org/APPER dan Wikimedia.org/Rico Shen

Kita semua akrab dengan maskot putih, Michelin Man, dari perusahaan ban Michelin. Tanpa diketahui banyak orang, nama asli Michelin Man adalah Bibendum atau lebih singkatnya Bib. Suatu hari pendiri perusahaan ban, Édouard dan André Michelin, menemukan setumpuk ban sepeda yang berbentuk seorang pria. Satu-satunya hal yang kurang adalah sepasang tangan.

Bertahun-tahun kemudian, seorang kartunis Prancis menunjukkan kepada sang pendiri gambar seorang raja yang telah dia ciptakan untuk tempat pembuatan bir. Melihat gambar itu, para pendiri meminta kartunis, Marius Rossillon, untuk mengganti gambar raja dengan seorang pria yang terbuat dari ban. Rassilon datang dengan poster di mana Bibendum bersulang dengan minuman sementara pesaingnya dihancurkan oleh masalah yang dihadapi di jalan.

Bibendum tetap berwarna putih karena pada saat itu semua ban berwarna putih. Hanya pada awal abad ke-20, sekitar tahun 1912, karbon mulai ditambahkan ke karet yang digunakan sebagai bahan baku produksi ban untuk tujuan keawetan dan penguatan.

5. Tux adalah maskot OS Linux dari lelucon

6 Fakta Menarik di Balik Maskot dari Merek Terkenal DuniaWikimedia.org/Sebastian Lammermann dan Wikimedia.org/Larry Ewing

Setiap kali seseorang berbicara tentang OS Linux, gambar seekor penguin langsung terlintas dalam pikiran. Penguin ini, Tux, adalah maskot untuk sistem operasi terkenal. Konsep ini diperkenalkan oleh Linus Torvalds, pencipta dan pendiri Linux. Torvalds dikenal memiliki daya tarik terhadap penguin. Suatu hari dia bercanda tentang digigit oleh penguin dan mengatakan bahwa dia telah tertular penyakit penguinitis sebagai akibat dari gigitannya.

Torvalds bahkan menambahkan bahwa penyakit penguinitis membuat seseorang tetap terjaga di malam hari dan merasakan cinta yang luar biasa terhadap penguin. Hal ini memberi Larry Ewing, seorang programmer komputer Amerika, ide untuk menjadikan Tux sebagai maskot merek. Nama Tux pertama kali digunakan oleh James Hughes yang mengatakan bahwa itu adalah singkatan untuk (T) orvalds (U)ni(X).

6. Willard Scott adalah orang pertama yang memerankan maskot untuk McDonald's

6 Fakta Menarik di Balik Maskot dari Merek Terkenal DuniaWikimedia.org/Alan Light dan Wikimedia.org/ChrisO

Maskot McDonald's adalah salah satu maskot paling terkenal di dunia. Maskot tersebut dikenal dengan nama Ronald McDonald's. Dalam bukunya, The Joy of Living, Willard Scott, seorang tokoh TV legendaris dan presenter cuaca Amerika, mengklaim bahwa dialah yang menciptakan karakter atas permintaan merek makanan cepat saji tersebut.

Scott bahkan memerankan peran secara teratur dari tahun 1963 hingga tahun 1966, dan setelah itu sesekali hingga tahun 1971. Tetapi kemudian, dia digantikan karena McDonald's khawatir Scott yang mulai gendut akan merusak citra merek.

Itulah beberapa cerita menarik di balik maskot dari merek-merek terkenal dunia yang jarang diketahui. Ternyata cerita di baliknya menarik ya.

Baca Juga: Terinspirasi Keindahan Bunga, Ini 5 Tarian Maskot Kabupaten di Bali

Siti Anisah Photo Verified Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You