Comscore Tracker

Sudah Siap? 5 Teknologi ini Bakal Makin Hits di Masa Depan

Kamu sudah siap belum?

Zaman semakin maju, tentunya teknologi nggak hanya itu-itu saja. Percaya nggak kalau beragam kemajuan di bidang teknologi terus berkembang dengan pesat di setiap tahunnya. Ada beberapa inovasi teknologi yang dipercaya akan membuat hidupmu terasa seperti ‘sultan’ seiring berjalannya waktu. Apa saja sih? Coba cek lengkapnya di bawah ini, kamu sudah merasakannya belum?

1. Inovasi berupa uang digital atau bitcoin

Sudah Siap? 5 Teknologi ini Bakal Makin Hits di Masa DepanShutterstock/Wit Olszewski

Kamu baru paham soal e-money? Sekarang sih bertransaksi mulai banyak menggunakan e-money, tapi kamu juga perlu tahu tentang inovasi uang digital atau bitcoin. Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dirancang, dan juga menggunakan jaringan peer to peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal. 

Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali. Jadi uang di masa depan nggak perlu kamu pegang, tau-tau udah jadi ‘sultan’ aja deh.

2. Teknologi blockchain

Sudah Siap? 5 Teknologi ini Bakal Makin Hits di Masa Depanunica.it

Sudah pernah dengar tentang blockchain? Blockchain belakangan ini kerap menjadi perbincangan banyak orang. Blockchain ini merupakan teknologi yang tengah berkembang cukup pesat saat ini. Keunggulan dari teknologi ini adalah efisiensi khususnya dalam bertransaksi. Sederhananya, melalui blockchain tak perlu memakan waktu bila melakukan transaksi. 

Teknologi blockchain ini rupanya tak hanya berkembang di bidang ekonomi saja lho. Pada perkembangannya, teknologi blockchain juga dimanfaatkan oleh sektor lain seperti di sektor kesehatan, pangan dan pendidikan. Dalam bidang pendidikan, Sony Global Education bekerja sama dengan IBM menerbitkan artikel dan ijazah dalam jaringan blockchain sehingga ijazah tersebut tidak dapat dipalsukan, rusak atau hilang.

3. Inovasi teknologi eSIM, nggak bikin repot

Sudah Siap? 5 Teknologi ini Bakal Makin Hits di Masa DepanShutterstock/Kicking Studio

Kalau tadi kita ngomongin soal uang digital dimana kamu nggak bisa menyentuhnya, kini kita membicarakan seputar teknologi eSIM dimana sim card HP ‘tak berwujud’. Dengan teknologi eSIM ini, kamu nggak perlu ribet memasukan sim card ke slot di HP kamu. Seperti yang kamu ketahui, selama ini iPhone hanya memiliki 1 slot untuk sim card, berkat teknologi eSIM ini, kini iPhone kamu bisa memiliki dua nomor sekaligus dalam satu iPhone. 

Teknologi eSIM ini pastinya cocok banget buat kamu businessman atau businesswomen yang nggak ingin ribet mengatur dua kartu dalam iPhone. Bingung nyari eSIM dimana? ‘Kan Smartfren sudah merilis eSIM pertama di Indonesia khusus untuk pengguna iPhone. Dengan Smartfren eSIM ini kamu bisa memiliki dua nomor berbeda jadi kamu nggak susah lagi mengatur antara nomor untuk pribadi dan untuk bisnis kamu. Oh ya, Smartfren eSIM ini dapat digunakan di perangkat iPhone yang sudah memiliki fitur eSIM seperti iPhone XR, XS, XS Max, iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max. 

Smartfren pun menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk eSIM ini, yakni Rp180.000,- saja. Dengan harga yang dibanderol ini, kamu sudah mendapatkan benefit kuota 90GB, 30 menit nelpon ke operator lain hingga gratis nelpon ke seluruh nomor Smartfren, termasuk paket berlangganan VIU premium selama 3 bulan. Tunggu apalagi? Yuk optimalkan iPhone-mu sekarang. Untuk info lengkapnya, klik di sini ya!

4. Adanya mesin pencetak makanan

Sudah Siap? 5 Teknologi ini Bakal Makin Hits di Masa DepanShutterstock/Vladislav Noseek

Mau makan tapi malas masak? Tenang, teknologi yang satu ini dijamin nggak bakal bikin kamu kelaparan. Buat kamu yang nggak jago memasak, kini nggak usah khawatir karena sebuah perusahaan bernama Natural Machines berhasil membuat alat pencetak makanan 3D. Mereka mengaku sudah memiliki teknologi yang diperlukan untuk mencetak makanan seperti burger dan pizza dalam bentuk 3D.

Alat tersebut diberi nama Foodini, digadang-gadang mampu mengambil bahan dan mengubahnya menjadi hidangan yang rasanya sama lezatnya dengan yang dibuat oleh orang sungguhan. Jadi makin berasa ‘sultan’ nggak sih? Tinggal pencet, terus nongol deh makanan yang diinginkan.

5. Robot akan lebih mendominasi untuk pekerjaan berat, makin terasa ‘sultan’

Sudah Siap? 5 Teknologi ini Bakal Makin Hits di Masa Depandramabeans.com

Pernah menonton Transformers? Atau Big Hero 6? Atau mungkin film yang menceritakan tentang kehidupan manusia bersama robot di masa depan? Percaya atau nggak, hal itu bisa menjadi kenyataan di masa depan. Sekarang saja, teknologi robot semakin maju dan beberapa pekerjaan bahkan telah dipercaya untuk dilakukan oleh robot daripada manusia. Bukan nggak mungkin di masa depan teknologi robot berkembang pesat dan pekerjaan akan didominasi oleh para robot daripada manusia. Kalau gini ceritanya antara berasa semakin ‘sultan’ atau kudu takut kehilangan pekerjaan ya?

Gimana, sudah siap untuk hidup di masa depan? Teknologi mana nih yang jadi favorit kamu?

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya