Comscore Tracker

Gak Banyak yang Tau, 5 Film Animasi Ini Berasal dari Kisah Nyata 

Sudah tau, belum? #IDNTimesHype

Film animasi yang identik dengan fantasi dan di luar logika ternyata ada juga yang berasal dari kisah nyata. Dikembangkan ke layar lebar dan ditambah sedikit bumbu fiksi agar lebih menarik, berbagai film di bawah ini sampai mendapat banyak pujian dan respons positif dari kritikus film.

Penasaran film animasi apa saja yang ternyata ceritanya berasal dari kisah nyata? Simak daftarnya di bawah ini, deh!

1. Luca (2021)

https://www.youtube.com/embed/mYfJxlgR2jw

Film Luca dari Pixar belakangan berhasil menyita perhatian. Ceritanya adalah tentang seorang monster laut yang tidak sengaja bertemu dan akhirnya bersahabat dengan Alberto. Hidupnya yang tadi biasa saja jadi berwarna dan menyenangkan.

Cerita di film Luca nyatanya berasal dari kisah nyata yang tak lain dari cerita sang sutradara sendiri, Enrico Casarosa yang mengalami perubahan setelah bertemu sahabatnya. Tentu, monster lautnya fiksi, tapi premisnya yang nyata. Ia yang dulu pemalu mampu keluar dari zona nyamannya dan belajar banyak hal.

2. Mulan (1998) 

https://www.youtube.com/embed/sEQjLQA9qW4

Mulan dalam filmnya diceritakan sebagai seorang perempuan tangguh pemberani yang mendapatkan ilmu bela diri dari ayahnya. Jago menunggang kuda, memanah, dan menggunakan pedang, tidak ada yang menyadari bahwa ia adalah seorang perempuan saat ikut bertempur melawan banyak prajurit laki-laki.

Karakter Mulan sendiri digadang-gadang merupakan sebuah kenyataan dari prajurit bernama Hua Mulan yang melegenda di Tiongkok sejak abad ke-4. Meski hanya legenda, banyak orang masih mempercayainya sebagai hal yang nyata.

Baca Juga: 6 Film Animasi yang Dibintangi Aktor John Krasinski, Sangat Menjiwai!

3. Up (2009) 

https://www.youtube.com/embed/ORFWdXl_zJ4

Film animasi yang mampu bikin mewek, Up, bercerita tentang kakek tua bernama Fredricksen yang gak mau menjual rumahnya meski sudah ditawar mahal. Ia bersikukuh tinggal di situ karena ada terlalu banyak kenangan manis yang dimilikinya di rumah itu. Alhasil, rumahnya tetap bertahan meski diimpit oleh gedung-gedung tinggi.

Aslinya, kisah ini berasal dari nenek bernama Edith Macefield yang menolak menjual rumahnya meski sudah ditawar sebesar 1 juta dolar AS (Rp14, 5 miliar). Ia menghabiskan sisa umurnya di rumah itu dan meninggal pada 2008 lalu. Rumah tersebut akhirnya dirawat oleh Greg Pienno dan merenovasinya agar lebih kokoh.

4. Balto (1995)

https://www.youtube.com/embed/HJwvbmRXym4

Dalam film, Balto merupakan anjing heroik yang memperbaiki wabah difteri di desa bernama Nome. Dengan menggunakan kereta luncur, anjing tersebut membawa obat-obatan sejauh 84 km bersama kawanannya yang lain.

Siapa sangka, kisah dan aksi heroik tersebut ternyata benar-benar terjadi. Tepatnya pada tahun 1925, Balto menyelamatkan sebuah desa dengan aksinya membawa obat-obatan seperti yang difilmkan. Karena jasanya, Balto bukan hanya diabadikan lewat film animasi, tapi juga dibuatkan patungnya.

5. Pocahontas (1995)

https://www.youtube.com/embed/hpVNsegX94g

Film animasi Pocahontas diambil dari kisah nyata seorang putri bernama Amonute yang mendapat julukan Pocahontas atau 'anak nakal'. Ia merupakan seorang Putri Suku Indian yang membuat jalur perdamaian antara Indian dan Inggris dengan membebaskan John Smith saat disekap.

Dalam film, putri kepala suku Powhatan tersebut merupakan gadis yang ramah dan baik hati. Ia juga diceritakan membebaskan John Smith, Kapten Inggris, seperti kisah aslinya dan dibenci banyak orang.

Itu tadi daftar film animasi yang ceritanya berasal dari kisah nyata. Gak kalah seru dari film animasi fiksi yang penuh fantasi, kamu sudah nonton yang mana saja dari daftar film di atas, nih?

Baca Juga: Tontonan Keluarga, 10 Rekomendasi Film Animasi yang Tayang di Netflix 

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya