Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Donor Darah Selagi Masih Muda!

Setelah baca ini, apa kamu masih enggan mendonorkan darah?

Donor darah adalah kegiatan yang positif dan mulia karena kita bisa menolong sesama. Donor darah bisa membantu mereka yang membutuhkan darah dalam situasi mendesak. Karena seringkali saat pasien dalam kondisi kritis, pihak PMI atau rumah sakit tak memiliki stok darah yang cukup.

Nyatanya, donor darah tak hanya bermanfaat bagi penerima (resipien) saja, namun pendonor juga menerima manfaat yang luar biasa. Banyak penelitian yang berhasil membuktikan secara medis bahwa mendonorkan darah sebenarnya menguntungkan. Gak percaya? Berikut manfaaat donor darah yang wajib kamu tahu!

1. Donor darah bisa melindungi jantung, lho. 

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Donor Darah Selagi Masih Muda!Sumber gambar: 2healthcare.net

Jika kamu aktif mendonorkan darah, maka jantungmu akan lebih sehat. Berdasarkan American Journal of Epidermology, pendonor darah aktif akan 88 persen cenderung beresiko lebih rendah mengalami gangguan jantung. Selain itu mereka juga akan memiliki resiko 33 persen lebih rendah untuk menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

2. ​Donor darah mampu menurunkan resiko terkena kanker.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Donor Darah Selagi Masih Muda!Sumber gambar: who.int

Rutin mendonorkan darah akan membuat tubuhmu makin sehat. Karena resiko kanker akan menurun jika kamu konsisten untuk melakukan donor. Untuk pria lakukanlah donor darah setiap tiga bulan sekali dan untuk wanita lakukanlah donor darah setiap empat bulan sekali.

Baca juga: Anak Muda Seringkali Nggak Tahu Betapa Pentingnya 15 Tanda Kesehatan Ini

3. Membantu menyeimbangkan level zat besi dalam darah.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Donor Darah Selagi Masih Muda!Sumber gambar: wisegeek.com

Zat besi terdapat pada sirkuasi darah setiap orang. Zat besi diketahui mempercepat proses oksidasi kolesterol di dalam tubuh manusia. Nah, tiap kali seseorang melakukan donor darah, maka kadar zat besi akan turun dalam tubuh sehingga akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya. 

4. Sel-sel dalam darah akan mengalami pembaharuan secara rutin dan lebih teratur.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Donor Darah Selagi Masih Muda!Sumber gambar: gqindia.com

Jika kamu rutin mendonorkan darah, maka tubuh juga akan memperbaharui sel-sel darah dalam tubuh dengan lebih teratur. Regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam setelah kamu mendonorkan darah. Dalam rentang waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru. Setidaknya empat hingga delapan minggu ke depan, sel darah baru telah terbentuk dan bisa membantu fungsi organ dengan lebih optimal. Sehingga kamu akan jauh lebih produktif dan sehat.

5. ​Kamu akan memperoleh pemeriksaan kesehatan gratis, lumayan 'kan?

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Donor Darah Selagi Masih Muda!Sumber gambar: abdrozak.tumblr.com

Jika kamu ingin mendonorkan darah sudah pasti akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi tubuhmu dalam keadaan prima. Dan tentu saja medical check up gratis seperti ini hanya bisa didapatkan ketika kamu mendonorkan darah. Kita akan tahu bagaimana tekanan darah, kadar hemoglobin dan berat badan. Jika keadaanmu tak begitu optimal, kamu akan tetap bisa melakukan konsultasi dan tahu apa yang perlu kamu lakukan agar lebih sehat. 

6. ​Mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Donor Darah Selagi Masih Muda!Sumber gambar: benmargines.com

Jika kamu sudah melakukan donor maka sampel darahmu akan diperiksa di laboratorium. Jadi setiap darah yang kamu donorkan tak akan langsung bisa diberikan kepada resipien, namun harus melalui beberapa pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa tahu apakah kamu mengalami penyakit menular atau tidak. Deteksi yang dilakukan seperti HIV, hepatitis ataupun penyakit yang menular lewat transfusi darah.

7. ​Membakar kalori secara teratur.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Donor Darah Selagi Masih Muda!Sumber gambar: popsugar.com

Kamu ingin punya tubuh ideal dan langsing tapi susah diet? Daripada melakukan diet ekstrem kenapa gak donor darah saja. Setiap kali kamu mendonorkan darah (darah yang diambil hanya sekitar 500 ml) kamu akan membakar 650 kalori dalam tubuh. Jika kamu rutin melakukan donor darah maka secara otomatis badanmu akan terbentuk dengan indah dan kulitmu juga ikut kencang. Namun jangan menjadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan karena donor hanya bisa dilakukan beberapa bulan sekali saja.

Gimana, masih ragu-ragu donor darah?

Baca juga: Tidak Peduli Sekaya Apapun Dirimu, Kamu Tidak Akan Bisa Membeli 10 Hal Ini

Topic:

Just For You