Comscore Tracker

5 Perbedaan antara Korea Utara dan Selatan, Kontras Satu Sama Lain!

Gak cuma beda sistem negara, lho

Siapa yang tak mengenal Korea Utara dan Korea Selatan? Kedua negara ini sebenarnya sama-sama berada di daratan Korea, namun harus rela terbagi dengan perbedaan yang sangat kontras. Dari segala aspek, memang sangat sulit untuk menemukan persamaan antara kedua negara ini.

Untuk semakin mengenal kedua negara ini, yuk ketahui apa saja perbedaannya.

1. Paham negara yang berbeda

5 Perbedaan antara Korea Utara dan Selatan, Kontras Satu Sama Lain!newsweek.com

Kedua negara ini dari segi pahamnya saja sudah jelas berbeda. Korea Utara merupakan negara komunis yang bersekutu dengan Tiongkok. Sementara, Korea Selatan jelas merupakan negara yang menganut sistem kapitalis dan bersekutu dengan Amerika Serikat. Jadi, sudah jelas kalau perbedaan paham ini membuat kedua negara tersebut sangat sulit bersatu.

2. Sistem kepemimpinan

5 Perbedaan antara Korea Utara dan Selatan, Kontras Satu Sama Lain!axios.com

Korea Utara memiliki pemimpin yang merupakan penerus dari tiga generasi keluarga, saat ini dipimpin oleh Kim Jong Un. Sementara, Korea Selatan menyerahkan pemilihan presiden secara penuh kepada masyarakat. Bila ditotal, maka sudah ada sekitar12 presiden yang sempat memimpin di Negeri Gingseng ini.

Baca Juga: 6 Kosakata 'Beda tetapi Makna Serupa' di Korea Selatan dan Utara 

3. Lahan tempat tinggal

5 Perbedaan antara Korea Utara dan Selatan, Kontras Satu Sama Lain!locationkorea.com

Korea Utara memiliki sistem yang memudahkan para pasangan yang telah menikah untuk tidak perlu membayar sewa apartemen yang ada. Sementara, sudah dapat ditebak bahwa Korea Selatan jelas berbeda. Dengan gedung-gedung pencakar langitnya, Negeri Ginseng ini memiliki harga sewa apartemen dengan harga yang sangat fantastis.

4. Pekerjaan penduduknya

5 Perbedaan antara Korea Utara dan Selatan, Kontras Satu Sama Lain!kpopmap.com

Korea Utara masih memiliki lahan pertanian yang sangat luas, sehingga tak heran bila memang mayoritas warga masyarakatnya bekerja dengan cara bertani. Sementara, Korea Selatan yang telah terkenal luas oleh dunia memiliki warga negara dengan berbagai sektor pekerjaan yang berbeda-beda.

5. Industri hiburan

5 Perbedaan antara Korea Utara dan Selatan, Kontras Satu Sama Lain!Instagram/tvndrama.official

Salah satu hal yang membuat suatu negara  dikenal oleh masyarakat luas adalah tentang industri hiburannya. Korea Utara hanya memiliki 3 stasiun tv saja. Sementara, Korea Selatan sudah tak dapat terhitung lagi ada berapa stasiun TV yang tersedia dan serial drama yang ditayangkan. Belum lagi dengan kepopuleran industri musiknya yang mendunia.

Perbedaan antara kedua negara tersebut jelas membuktikan bahwa Korea Utara dan Korea Selatan berkembang dengan caranya masing-masing. Mana perbedaan yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: Bernuansa Korea Utara, 5 Drama Korea Selatan Ini Seru Banget Lho!

Andini Maulana Photo Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya