Comscore Tracker

7 Momen Nyesek Ini Hanya Dirasakan Anak Kosan di Tanggal Tua!

Tua banget sampai perihnya di mana-mana. Sedih gak sih~

Jadi anak kosan yang mengharuskan untuk tinggal jauh dari nikmatnya kehidupan bersama keluarga itu susah-susah gampang. Banyaknya pengeluaran yang berbanding terbalik dengan kiriman dari orangtua, terkadang menuntut anak kosan harus lebih expert untuk mengatur keuangannya.

Ada saja pengeluaran yang datangnya dadakan, entah dari mana. Belum lagi jatah dari orangtua yang tidak menyesuaikan dengan mahalnya pengeluaran hidup. Manajemen hidup yang baik adalah kunci untuk menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran.

Tapi momen-momen yang tak terduga seperti di bawah ini seringkali datang pas waktunya sudah tanggal tua.

1. Saat akhir bulan, teman yang pinjam uang ke kamu mendadak amnesia. Mungkin kita dianggap bank berjalan kali ya?

7 Momen Nyesek Ini Hanya Dirasakan Anak Kosan di Tanggal Tua!cdm.me

Sesama anak kosan yang menjalani nikmatnya kehidupan kosan seharusnya saling mengerti jika urusan pinjam meminjam uang itu sensitif. Teman yang meminjamkan uangnya bukan karena dia punya yang lebih banget, tapi dia masih belum membutuhkan uang tersebut pada waktu itu.

Nah, kalau sudah pinjam uang, berjanjilah untuk mengembalikannya tepat waktu. Kalau udah akhir bulan terkadang harus nyari remah-remah receh. Padahal uangnya dipinjemin ke teman. Hiks!

2. Duit bayar kosan udah kepakai duluan. Alhasil kucing-kucingan sama ibu kosan

7 Momen Nyesek Ini Hanya Dirasakan Anak Kosan di Tanggal Tua!pexels.com/ pixabay

Pengeluaran yang sifatnya dadakan sering jadi alasan kamu untuk mengambil jatah uang kosan. Alhasil, kamu harus kucing-kucingan sama ibu kosan. Sengaja buat pulang agak malam demi menghindari ibu kosan. Syukur-syukur gak diusir deh kalau udah kayak gini.

3.Tiba-tiba menolak tawaran dari teman untuk hangout bareng.Pasti ngeluarin duit lagi deh ujung-ujungnya

7 Momen Nyesek Ini Hanya Dirasakan Anak Kosan di Tanggal Tua!huffingtonpost.com

Menghabiskan waktu bersama teman adalah momen yang paling membahagiakan buat anak kos. Tapi gak akan berlaku jika di akhir bulan, apalagi yang sifatnya mengeluarkan uang. Mau ada film baru, mau ada tempat tongkrongan baru, model baju baru mendadak pun bisa ditolak karena udah gak punya uang lagi.

Biar hemat, nongkrongnya sambil nonton film pakai laptop aja bareng teman di kosan. Itu udah bisa bikin bahagia juga, kan?

4. Mendadak isi pasta gigi tinggal sedikit, ditambah sabun dan sampo yang lihat busanya aja udah bisa bikin bahagia

7 Momen Nyesek Ini Hanya Dirasakan Anak Kosan di Tanggal Tua!hiub.mn

Pernah gak sih, saat mau mandi dan melihat sabun, pasta gigi, sampo serta lainnya tinggal sisa sedikit? Berasa jadi anak kosan yang paling malang dan menyedihkan ya. Mau bersih-bersih badan aja harus mengisi botol sabun dan sampo pakai air berkali-kali.

Melihat busa-busanya aja bisa keluar udah bikin kamu bahagia. Tapi terkadang jadi lucu sendiri mengingat perjuangan mandi harus kayak gitu banget.

5. Boro-boro ngeluarin uang lagi untuk biaya laundry. Pakaian dicuci sekarang besok paginya disetrika. Magic!

7 Momen Nyesek Ini Hanya Dirasakan Anak Kosan di Tanggal Tua!juniorlaundry.com

Udah jadi rahasia umum buat anak kosan, kalau gak punya uang saat cucian pakaianmu menumpuk. Kamu cukup membilas secukupnya, dijemur, terus besok paginya langsung disetrika buat berangkat kuliah atau kerja.

6. Lewat rumah makan padang rasanya sakit banget! Terbayang-bayang oleh potongan rendang

7 Momen Nyesek Ini Hanya Dirasakan Anak Kosan di Tanggal Tua!chillaworld.com

Nasi padang jadi makanan favorit anak kosan. Makan pakai kuah sama telur aja udah senang banget. Tapi saat lagi tanggal tua, kamu pasti tersiksa banget saat melewati rumah makan Padang. Kamu mulai berangan-angan ada rendang di piring yang memanggil-manggil, ditambah aroma khas bumbunya. Pengin banget beli, tapi lagi hemat di akhir bulan. Ya sudahlah!

7. Apalagi kalau paket data habis di akhir bulan. Lengkap sudah rasanya

7 Momen Nyesek Ini Hanya Dirasakan Anak Kosan di Tanggal Tua!cocokoo.com

Anak kosan millennial mana yang gak butuh kuota internet. Semuanya pasti mengandalkan internet untuk mengerjakan tugas, kepoin akun orang, streaming drama Korea, main game juga gak boleh dilewatkan.

Kalau akhir bulan paket datamu udah habis, solusi terbaiknya adalah pakai WiFi kampus. Kelihatan serius di depan laptop, padahal lagi download drama Korea sambil menunggu chat dari orang "Udah dikirim ya."

Aduh, penderitaan anak kos di akhir bulan kayaknya gak ada bagus-bagusnya ya. Tapi itu semua tergantung bagaimana kamu me-manage keuangan kamu sih. Iya gak?

Tryana Photo Community Writer Tryana

every day is a gift !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You