Comscore Tracker

7 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Cocok Buat Para Pemula Nih

Tertarik untuk pelihara anjing?

Dengan julukan man's best friend-nya, anjing memang menjadi pilihan tepat untuk dipelihara dan dijadikan sahabat. Kesetiaan dan kepatuhannyapun sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 

Namun, sebagian besar orang yang tertarik untuk memelihara anjing kadang masih bingung untuk menentukan ras anjing apa yang cocok bagi mereka dan mudah perawatannya.

Nah, jika kalian termasuk orang-orang tersebut, maka kalian perlu menyimak daftar ras anjing yang perawatannya mudah nih, seperti ketujuh ras anjing berikut ini : 

1. Bulldog

7 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Cocok Buat Para Pemula NihNatureplprints.com

Bisa dikatakan bahwa bulldog merupakan ras anjing yang betah di rumah. Anjing penyayang ini tidak terlalu aktif dan cenderung menghabiskan waktunya untuk tidur dan makan. Meskipun begitu, bulldog tetap suka bermain dan begitu menyukai anak-anak. Anjing ini juga dapat beradaptasi dengan mudah di tempat yang tidak terlalu luas, seperti di apartemen. 

Walaupun bulldog tidak terlalu aktif, kalian harus tetap mengajaknya berjalan agar ia tidak kelebihan berat badan ya. 

2. Cavalier King Charles Spaniel

7 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Cocok Buat Para Pemula NihNatureplprints.com

Jika kalian menginginkan seekor anjing yang selalu dapat menemani kalian, maka cavalier king charles spaniel adalah salah satu pilihan yang tepat. Ras anjing ini sangat ramah dan suka berteman, termasuk dengan anak-anak dan anjing lainnya. Anjing dengan usia yang dapat mencapai 9-15 tahun ini dapat menyesuaikan diri mereka dengan kepribadian pemiliknya. 

Cavalier juga memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi, sehingga kalian dapat melatihnya dengan mudah. Namun, perlu kalian ingat bahwa ras anjing ini sangat menyukai keberadaan orang, sehingga disarankan untuk tidak meninggalkannya sendiri terlalu lama. 

3. Havanese

7 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Cocok Buat Para Pemula NihAkc.org

Havanese sangat 'menempel' dengan pemiliknya dan merupakan anjing yang sangat ramah pada tiap orang. Ras anjing ini tidak terlalu suka menggonggong dan bulunya juga jarang rontok (shedding). 

Anjing ras havanese juga mampu beradaptasi di tempat yang kecil ataupun luas, namun mereka tergolong sedikit nakal, karena mereka cenderung suka menggigiti kertas dan tisu. 

Baca Juga: Pecinta Hewan, 10 Potret Kedekatan Awkarin dan Anjing yang Cute Banget

4. Pug

7 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Cocok Buat Para Pemula NihThehappypuppysite.com

Anjing yang dikenal dengan wajahnya yang tampak berlipat-lipat ini merupakan ras anjing yang sangat ramah dengan orang-orang di sekitarnya. Pug juga akan sangat bergantung pada pemiliknya, sehingga cenderung mengikutinya kemana-mana. Ras anjing ini juga tidak memerlukan tempat yang besar, sehingga cocok untuk dipelihara di apartemen. 

Perlu diingat bahwa mereka juga sangat suka makan, sehingga akan rentan terhadap obesitas. Oleh karena itu, kalian perlu membatasi porsi makannya ya. 

5. Toy Poodle

7 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Cocok Buat Para Pemula NihVetstreet.com

Toy poodle tergolong ras anjing yang sangat ramah, cerdas, dan mudah untuk dilatih. Anjing ini juga sangat aktif dan suka bermain, sehingga kalian harus sering-sering berinteraksi dengannya. Meskipun berbulu lebat, toy poodle tidak terlalu sering shedding. Mereka juga sangat menyukai keberadaan orang, sehingga tidak dapat terlalu lama ditinggal sendiri. 

6. Chihuahua

7 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Cocok Buat Para Pemula Nih1zoom.me

Chihuahua memiliki kepribadian penyayang dan ramah, termasuk dengan anak-anak. Mereka cukup mudah untuk dilatih dan bulunya juga jarang mengalami kerontokan. Anjing ini juga panjang umur lho, karena usianya dapat mencapai 18 tahun. 

Chihuahua juga sangat aktif, suka bermain, serta sangat dekat dengan pemiliknya, sehingga cenderung mengikuti pemiliknya kemana-mana. Namun, mereka juga memiliki kepribadian yang sedikit nakal dan akan mencari cara untuk keluar dari pagar dan 'berpetualang'. 

7. Labrador Retriever

7 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Cocok Buat Para Pemula NihFox21online.com

Jika kalian menginginkan ras anjing besar yang mudah dirawat, maka labrador retriever dapat menjadi salah satu pilihannya nih, guys. Labrador retriever memiliki kepribadian yang amat ramah dengan sekitarnya, termasuk dengan anak-anak.

Mereka juga merupakan ras anjing yang sangat energik, sehingga kalian harus rajin mengajaknya berjalan dan bermain setiap hari agar tidak bosan.Selain sangat setia, labrador memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, membuatnya mudah untuk dilatih. 

Namun, karena ukurannya yang cukup besar, labrador memerlukan ruang gerak yang juga luas. 

Itulah ketujuh ras anjing yang perawatannya mudah dilakukan, terutama untuk kalian yang masih pemula. Jadi, sudah menentukan ras anjing yang tepat untuk kalian? 

Baca Juga: Gak Selalu Berantem, Ini 10 Potret Lucu Keakraban Kucing dan Anjing

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You