Comscore Tracker

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth II

Bentuknya unik dan mewah banget 

Keluarga Kerajaan Inggris memang merupakan salah satu keluarga yang paling sering disorot oleh publik. Maka dari itu, tak heran jika segala sesuatu tentang Ratu Elizabeth II dan keluarganya terlihat begitu menarik, termasuk perhiasan-perhiasan kecil yang Sang Ratu kenakan, seperti bros.

Meskipun berukuran kecil dan tidak terlalu terlihat detailnya dari jauh, namun ternyata bros-bros koleksi Sang Ratu menyimpan cerita dan sejarah yang menarik, lho. Penasaran seperti apa rupanya? Yuk simak!

1. Australian Hibiscus Royal Brooch

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth IIAawsat.com

Bros yang satu ini berbentuk kembang sepatu dan terdiri dari 346 butir berlian dan 34 rubi Burma yang begitu mewah. Australian Hibiscus awalnya merupakan hadiah yang diberikan oleh pemerintah Australia untuk ibu dari Ratu Elizabeth II pada tahun 1958. 

Bros ini kemudian menjadi salah satu bros terfavorit ibu Ratu dan setelah beliau meninggal pada tahun 2002, bros mewah ini berpindah tangan ke Ratu Elizabeth II. 

Dengan warna rubinya yang cantik, Australian Hibiscus seringkali dipadukan dengan outfit berwarna pink atau merah, seperti pada bulan Maret 2018 di mana Ratu Elizabeth mengenakan bros ini dengan mantel merah tuanya di Westminster Abbey. 

2. The Dorset Bow Royal Brooch

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth IIDailymail.co.uk

The Dorset Bow Royal Brooch merupakan bros berbentuk pita yang terdiri dari butiran berlian dalam berbagai ukuran. Bros ini awalnya diberikan oleh pemerintah Dorset kepada Ratu Mary (nenek dari Ratu Elizabeth) sebagai hadiah pernikahannya pada tahun 1893. 

54 tahun kemudian, bros ini menjadi salah satu dari beberapa hadiah yang diberikan Ratu Mary pada cucunya, Ratu Elizabeth, di hari pernikahannya dengan Pangeran Philip pada tahun 1947. 

Ratu Elizabeth kemudian sempat terlihat mengenakan bros cantik ini dalam beberapa acara penting, seperti pada pembaptisan Pangeran Charles tahun 1948 dan hari pernikahan Putri Anne pada tahun 1973. 

3. Canadian Snowflake Royal Brooch

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth IIVox.com

Bros dengan bentuk snowflake ini merupakan hadiah yang diberikan oleh pemerintah Kanada pada Ratu Elizabeth sebagai peringatan 65 tahun Sang Ratu bertakhta. Bros yang dihadiahkan pada tahun 2017 ini berukuran 6.1 x 6.6 cm serta terdiri dari 48 butir safir Kanada, 400 butir berlian, dan emas putih seberat 18 karat. 

Sang Ratu akhirnya terlihat mengenakan bros ini dengan dress berwarna biru pada bulan Juli 2018 ketika tengah menerima kunjungan dari Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia di Windsor Castle. 

4. The Queen Mother's Palm Leaf Brooch

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth IIExpress.co.uk

Sesuai dengan namanya, bros yang satu ini awalnya milik ibu dari Ratu Elizabeth. Bros berbentuk paisley ini dibuat oleh Cartier pada tahun 1938 dan sangat sering dikenakan oleh ibu Ratu. Bros ini juga sempat dikenakan oleh beliau pada tahun 1952 di King's Cross Station saat tengah menunggu datangnya jenazah sang suami, Raja George VI dari Sandringham.

Ketika ibu Ratu meninggal pada tahun 2002, bros ini beralih kepemilikan ke Ratu Elizabeth dan menjadi salah satu bros yang paling sering Sang Ratu kenakan, seperti sewaktu menerima kunjungan Donald Trump tahun 2018 silam. 

Baca Juga: 7 Style Anggota Kerajaan Inggris dari Masa ke Masa, Selalu Elegan!

5. Empress Marie Feodorovna's Sapphire Brooch

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth IIThecourtjeweller.com

Bros ini merupakan hadiah pernikahan untuk Marie Feodorovna (Putri Dagmar dari Denmark), istri dari Kaisar Rusia Alexander III. Bros yang dihadiahkan oleh (calon) Raja Edward VII dan Ratu Alexandra pada tahun 1866 ini terdiri dari sebuah batu safir berbentuk oval yang dikelilingi oleh butiran berlian dan dilengkapi dengan sebutir mutiara berbentuk pear drop

Setelah Marie Feodorovna meninggal, bros ini menjadi satu dari banyak perhiasannya yang dijual oleh anak-anaknya, yaitu Grand Duchess Xenia dan Olga. Ratu Mary dari Inggris kemudian membeli bros safir tersebut. 

Ketika Ratu Mary meninggal pada tahun 1953, bros ini diwariskan pada cucunya, Ratu Elizabeth, yang seringkali mengenakannya dalam berbagai acara kenegaraan dan video christmas broadcast

6. Queen Victoria's Fringe Brooch

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth IIid.pinterest.com/People

Bros selanjutnya merupakan bros yang dibuat khusus untuk Ratu Victoria menggunakan berlian dari Sultan Turki. Bros ini terdiri dari sebutir berlian besar pada tengahnya yang dikelilingi oleh berlian berukuran lebih kecil. Bagian bawah bros ini juga dipercantik dengan 9 untaian berlian. 

Bros ini kemudian diwariskan dari ratu ke ratu dan menjadi salah satu bros terfavorit ibu Ratu. Setelah ibu Ratu meninggal, bros ini diwariskan ke Ratu Elizabeth, yang pertama kali mengenakannya pada tahun 2011 saat tengah menerima kunjungan kenegaraan dari Turki. 

7. The Aquamarine Clip Brooches

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth IIThecrownchonicles.co.uk

Bros kembar ini merupakan hadiah ulang tahun Ratu Elizabeth yang ke-18 dari kedua orangtuanya pada tahun 1944. Bros yang terdiri dari susunan batu aquamarine dan berlian tersebut sangat sering dikenakan oleh Sang Ratu dalam berbagai acara penting, salah satunya pada tahun 2012 ketika menerima kunjungan dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Almh. Ani Yudhoyono. 

8. The Singapore Peranakan Diamond Jubilee Brooch

Kecil Tapi Punya Cerita, Ini 8 Bros Cantik Koleksi Ratu Elizabeth IITsingapore.com

Bros ini merupakan pemberian Presiden Singapura pada Ratu Elizabeth sebagai hadiah peringatan 60 tahun bertakhtanya Sang Ratu pada tahun 2012. Bros yang terdiri dari emas dan berlian ini dirancang menyerupai bird of paradise. 

Selain dikenakan pada acara-acara kenegaraan, Sang Ratu juga sempat mengenakan bros ini pada tahun 2015 dalam acara pembaptisan cicitnya, yaitu Putri Charlotte.

Bros mana yang paling kalian sukai, gengs?

Baca Juga: 7 Aturan Dress Code di Kerajaan Inggris, Ada yang Tak Seketat Dulu

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You