Comscore Tracker

5 Influencer Paling Disukai Gen Z di Indonesia, Raffi Ahmad Teratas!

YouTube adalah kuncinya

Jakarta, IDN Times - Di era digital, media sosial memegang peranan penting terutama bagi perkembangan para Gen Z (generasi kelahiran 1997 hingga 2012). Ketergantungan mereka dengan media sosial sangat tinggi sehingga menimbulkan pola pikir yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Satu hal yang yang timbul dari dampak media sosial adalah menjamurnya mereka yang disebut influencer. Mulai dari orang biasa hingga para artis turut mengihiasi media sosial.

Nah, untuk itu IDN Research Institute menggandeng Populix menggelar riset khusus untuk menggali dan mengenali lebih dalam Gen Z. Salah satu yang dibedah dalam riset ini adalah ketertarikan Gen Z terhadap social media influencer.

Dalam riset ini ditanyakan kepada Gen Z tentang social media influencer yang mereka sukai, dan ternyata sosok yang disukai Gen Z Indonesia adalah campuran antara social media influencer homegrown dan mantan selebriti TV yang menjadi influencer.

Lima nama teratas dalam survei ini memiliki kesamaan, mereka semua memiliki akun YouTube yang berkembang yang menampilkan kehidupan pribadi mereka. Semua tokoh ini berhasil memiliki basis penggemar yang kuat dengan menciptakan hubungan parasosial di mana mereka mengundang penggemar mereka ke rumah dan keluarga mereka.

Oh ya, riset ini digelar dengan metode multistage random sampling, melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 12 kota pada 27 Januari-7 Maret 2022, dan dengan Margin of error sebesar < 5 persen. 

Hasil lengkap riset tertuang dalam report berjudul 'Indonesia Gen Z Report 2022'. Report ini dirilis bersamaan dengan acara Indonesia Millennials and Gen Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada 29-30 September 2022.

1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, dengan persentase 35 persen

5 Influencer Paling Disukai Gen Z di Indonesia, Raffi Ahmad Teratas!Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram.com/raffinagita1717)

Pasangan selebriti, ini memiliki sekitar 64 juta lebih pengikut di akun Instagram bersama mereka @raffinagita1717. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki 24 juta lebih subscriber di akun resmi YouTube mereka yang ada di bawah nama Rans Entertainment.

Konten mereka di Instagram kebanyakan berisi tentang kegiatan keseharian, baik itu di rumah, saat liburan, dan banyak hal lainnya, terutama aktivitas bersama dengan kedua anak mereka Rafathar Malik Ahmad dan Rayyanza Malik Ahmad.

Sementara, untuk konten yang ada di YouTube mereka isinya lebih beragam. Dari kegiatan mereka keseharian hingga beberapa film series yang diproduksi oleh Rans Entertaiment.

2. Atta Halilintar, dengan persentase 27 persen

5 Influencer Paling Disukai Gen Z di Indonesia, Raffi Ahmad Teratas!Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah (Instagram.com/attahalilintar)

Beda dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Atta Halilintar bukan berawal dari lingkungan artis atau dunia hiburan Tanah Air. Atta memuliai kariernya sebagai YouTuber, bisa dibilang ia merupakan YouTuber awal di Indonesia yang konsisten hingga kini meraih kesuksesan besar dengan jumlah subscriber mencapai lebih dari 30 juta. Konten videonya lebih banyak bercerita tentang daily vlog dirinya dan juga keluarga besar.

Untuk jumlah pengikuti di Instagram, Atta halilintar yang kini menikah dengan selebriti Aurel Hermansyah, memiliki lebih dari 24 juta. Kini, konten mereka juga sering mengikutsertakan anak pertama mereka yang bernama Ameena.

3. Baim Wong, dengan persentase 26 persen

5 Influencer Paling Disukai Gen Z di Indonesia, Raffi Ahmad Teratas!Baim Wong (Instagram.com/baimwong)

Baim Wong ada di urutan ketiga dari daftar social media influencer yang paling disukai oleh Gen Z. Baim Wong kini memiliki jumlah subscriber mencapai lebih dari 20 juta di kanal YouTube resminya. Sementara untuk Instagram, suami dari Paula Verhoeven ini memiliki jumlah pengikut hingga 17 juta lebih.

Aktor yang satu ini dikenal dengan konten penyamarannya yang berpura-berpura menjadi ‘orang biasa’ untuk membagi-bagikan rezeki kepada mereka yang ditemui olehnya.

Baca Juga: Gen Z Hobi Nonton Film Tapi Enggan Langganan Berbayar

4. Deddy Corbuzier, dengan persentase 26 persen

5 Influencer Paling Disukai Gen Z di Indonesia, Raffi Ahmad Teratas!Deddy Corbuzier (Instagram.com/mastercorbuzier)

Deddy Corbuzier sebelumnya dikenal sebagai pesulap, memiliki sekitar 18 juta lebih subscriber di YouTube-nya, di mana ia menjadi tuan rumah podcast 'Close the Door'. Deddy mewawancarai berbagai tokoh masyarakat bahkan pejabat pemerintah dan menteri dalam video-podcast. Deddy juga memiliki jumlah pengikut yang banyak di Instagram dengan total lebih dari 11 juta.

5. Ria Ricis, dengan persentase 22 persen

5 Influencer Paling Disukai Gen Z di Indonesia, Raffi Ahmad Teratas!Ria Ricis saat liburan (Instagram.com/riaricis1795)

Peringkat terkahir dari daftar 5 teratas adalah Ria Ricis. Sama halnya dengan Atta Halilintar, Ria Ricis mengawali kariernya sebagai YouTuber, bukan sebagai selebriti. Hingga kini Ria Ricis memiliki 30 juta lebih subscriber dan 32 juta lebih pengikut di Instagram.

Konten video Ria Ricis sangat menarik, berisikan tentang daily vlog yang dibungkus dengan kelucuan. Bahkan, tidak sedikit ia menyajikan konten video challenge.

Baca Juga: Gen Z Doyan Musik Pop, YouTube dan Podcast Paling Diminati

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya