Comscore Tracker

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmu

Sebab pengalaman ini mungkin pernah kamu rasakan di sekitarmu

Film horor macam The Ring, The Grudge, The Conjuring, Annabelle, The Doll, Pengabdi Setan dan lainnya selalu mendapat tempat tersendiri di hati penonton. Meskipun melihatnya sambil mengintip di sela-sela jari, mereka tidak kapok.

Film bergenre magis dan mistis semacam ini selalu saja laku karena mendongkrak adrenalin. Karena laris, film-film semacam itu dibuat berseri. Apakah kisah semacam ini benar-benar ada di dunia nyata? Inilah pengalaman saya!

Apakah kamu pernah mengalami yang saya alami? Berikut tanda-tanda kehadiran makhluk halus di sekitarmu, yang saya alami secara langsung atau oleh orang-orang terdekat saya.

1. Ada suara yang ganjil atau tidak pada tempatnya

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmumoviepilot.com

Kata ‘ganjil’ di sini bukan berarti yang tidak kamu alami sehari-hari, namun tidak jelas sumbernya. Suatu kali saya diundang bicara di sebuah acara di Bandung. Tengah malam saya terbangun oleh suara orang ngorok di ranjang sebelah.

Saya kira pembicara lain dari Jakarta yang memang menempati ranjang itu sudah tiba. Saat saya bangun dan menoleh saya kaget. Ranjang itu kosong. Suara ngorok itu langsung berhenti. Namun begitu saya meneruskan tidur, suara orang ngorok kembali terdengar. Bahkan lebih keras lagi.

Ketika mengajar di sebuah kampus dan menginap di sana, saya diberitahu sama petugas cleaning service bahwa di lantai atas kampus itu sekitar tengah malam selalu ada suara seperti orang berpesta.

Malam itu, tepat tengah malam, saya mendengar sendiri suara ribut. Ada orang menarik kursi dan meja seperti layaknya pesta, padahal tidak ada apa-apa di ruangan itu.

Saat sahabat saya berlibur ke Bali, dia sekeluarga menginap di sebuah vila. Pada malam hari sehabis makan, untuk menghabiskan waktu, anak-anaknya bermain kartu. Ketika seorang berkata, “Pass,” tiba-tiba ada suara lain bukan anggota keluarga mengucapkan kata yang sama: “Pass.”

Mereka langsung buyar dan kembali ke kamar masing-masing. Meskipun begitu, mereka tidak bisa tidur karena sepanjang malam ada orang yang berjalan-jalan di depan lorong kamar mereka.

Yang lebih mengerikan. Seorang sahabat wanita saya sering mendengar bisikan supaya bunuh diri dengan jalan melompat dari gedung bertingkat. “Hidup ini berat, lompat saja,” begitu bisikan yang berulangkali dia dengar setiap kali berada di gedung bertingkat.

2. Ada yang meniup tengkuk kamu

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmuokezone.com

Jika kamu baru membaca novel seram, menonton film horor atau saling cerita pengalaman mengerikan, dan bulu kuduk berdiri, itu wajar. Kamu terbawa perasaan. Namun jika kamu tidak melakukan aktivitas itu dan sama sekali tidak berpikir ke arah sana, tiba-tiba bulu kuduk berdiri seperti ada yang meniup tengkukmu, artinya ada roh halus di dekat kamu.

3. Ada bau kentang/ ketela bakar, belerang, atau darah

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmufastjapan.com

Jika ruangan itu di dekat food court, wajar saja jika kamu mencium bau harum atau sangit makanan yang dibakar. Demikian juga kalau kamu berada di rumah sakit dan ada bau darah.

Namun jika tidak ada aktivitas masak memasak dan berada di lingkungan medis tiba-tiba mencium bau seperti itu, artinya memang ada sesuatu di kamar kamu.

Mantan sopir di kantor ketika mengantar saya, pernah cerita bahwa saat dia kencing di bawah pohon pada malam hari, dia mencium bau darah yang anyir. Saat dia cerita kepada orang sekitar, penduduk di sana malah berkata, “Lho kok Bapak berani kencing di situ?”

4. Ada peralatan di ruangan itu tiba-tiba mati atau menyala sendiri

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmubloody-disgusting.com

Saat kamu tidak mandi dan keran tiba-tiba terbuka sendiri, pastikan sudah menutupnya dengan baik. Namun, jika peralatan itu kondisinya masih baik dan air tiba-tiba mengucur sendiri, pastikan sekali lagi dengan memanggil bagian teknik—jika kamu menginap di hotel—dan laporkan.

Jika meskipun setelah dicek ternyata semua berfungsi tetapi peralatan itu tiba-tiba bisa hidup sendiri, kamu perlu curiga hadirnya ‘teman’ lain di kamar itu. Pastikan juga bukan karena timer. TV dan AC bisa disetel untuk mati atau menyala pada waktu tertentu dan durasi tertentu pula.

5. Atmosfer yang berubah dingin mencekam

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmuwindowsphoneapks.com

Kamu tidak sedang atau baru menonton tayangan horor di televisi atau mendengar cerita seram dari teman-teman sekamar, normal seperti biasa, tiba-tiba merasakan suasana kamarmu begitu ‘sunyi, sepi dan senyap’. Bukan karena tidak ada orang atau sudah malam, namun atmosfernya demikian—Kamu tahu apa yang saya maksud—bisa jadi ada tamu tidak diundang masuk.

Baca Juga: Gak Selalu Mistis, Ini 5 Penjelasan Ilmiah Mengenai Penampakan Hantu

6. Ada yang ‘menemani’ kamu saat tidur

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmuwww.cocotbodol.com

Kakak perempuan saya sedang menjaga anggota keluarga yang sedang sakit. Dia tidur di ranjang sebelah. Sekitar tengah malam, dia merasakan ada desakan agar dia minggir. Tampaknya ada ‘sosok’ lain yang tidur di sebelahnya. Kakak saya langsung bangun dan tidak berani tidur lagi.

Seorang sahabat saya dikirim perusahaan ke Shanghai. Dia ditempatkan di apartemen milik perusahaan. Yang jadi masalah, setiap kali mau tidur, dia ‘diusir’ oleh penghuni sebelumnya. Ada sesuatu atau seseorang yang sudah lebih dulu menempati ranjangnya.

Lewat doa dan pertolongan teman-teman, dia berhasil mengusir roh itu keluar dari apartemennya. Sejak itu dia bisa tidur nyenyak.

7. Ada barang-barang yang bergerak sendiri

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmuwww.carolina.cl

Ketika rapat 17an, saya diberitahu seseorang bahwa rumah yang kita tempati untuk rapat berhantu. Barang-barang di rumah itu, seperti pot bunga dan sandal, bisa berpindah tempat atau jalan sendiri. Ketika dengan hati-hati, karena takut menyinggung perasaan, saya tanyakan kepada pemilik rumah mengenai keanehan yang diceritakan teman-teman.

Dengan tersenyum dia berkata, “Iya memang ada. Ggak apa-apa kok. Kalau Pak Xavier mau melihatnya,” ujarnya sambil melirik jam. “Setengah jam lagi biasanya dia muncul.” Begitu mendengar kalimat itu, kawan-kawan yang ikut rapat segera undur diri.

Ketika saya berlibur bersama keluarga di sebuah vila, seorang keponakan berkata, “Jangan duduk-duduk di situ.” Dia memang punya karunia untuk melihat apa yang tidak kasat mata. Saya pernah menanyakan hal semacam ini kepada penjaga vila.

Reaksinya mengagetkan saya. “Lho Bapak juga bisa melihat?” ujarnya. “Ayunan di vila ini, meskipun tidak ada angin, kadang bergoyang sendiri seperti apa yang duduk di atasnya,” lanjutnya.

8. Ada yang menyenggol atau bahkan nempel di pundak kamu

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmupexels.com/ Skitterphoto

Saya dijemput seorang sopir di bandara Jakarta. Sepanjang jalan menuju hotel, sopir itu cerita bahwa suatu kali dia sedang sembahyang di rumah ibadah. Tiba-tiba dia merasa ada yang mencolek punggungnya. “Bapak biarin?,” tanya saya. “Ya tidak,” sahut cepat. “Saya hanya katakan, jangan ganggu ya. Kita punya urusan masing-masing. Eh, langsung hilang.”

9. Binatang peliharaan, terutama anjing tampak gelisah

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmuwww.boraxforfleas.com

Bukan hanya menampakkan perilaku yang aneh. Melainkan melihat ke suatu tempat, padahal ‘tidak ada’ apa-apa di sana. Suatu malam, seorang sahabat saya mau memasukkan anjing-anjingnya ke kandang. Tiba-tiba seekor anjingnya terus menatap ke suatu arah dengan wajah garang. Setelah memasukkan anjing itu, dia segera pergi.

Kakak saya cerita bahwa suatu malam seekor anjingnya terus-menerus menyalak ke sudut kamarnya. Belakangan, seorang teman yang ‘bisa melihat’ roh halus berkata bahwa ada ‘seseorang’ yang menempati pojok kamar itu.

10. Penampakan langsung

10 Kisah Pengalaman Seram, Pertanda Jika Ada 'Makhluk' di Sampingmumerdeka.com

Ketika liburan ke Jakarta bersama teman-temannya, kakak saya cerita bahwa dia diganggu suara pegangan pintu yang terus dimainkan. Saat dicek, ternyata tidak ada siapa pun. Namun ini yang lebih ngeri. Temannya di kamar yang lain bahkan melihat penampakan kepala masuk keluar lewat jendela yang tertutup, padahal mereka menginap di hotel berbintang di lantai atas.

Sahabat saya, sesama dosen, cerita saat dia kuliah di Amerika. Selesai belajar di perpustakaan kampus, dia pulang ke apartemannya dengan jalan kaki. Karena tahu ada jalan pintas, dia lewat sana. Di tengah jalan,  ada seorang ibu kulit putih setengah baya yang menyapanya sambil tersenyum.

Namun, waktu mereka berpapasan, tubuh ibu itu bisa menembus tubuhnya. Dia berlari sekencang-kencangnya ke apartemennya. Meskipun saat itu winter, dia bisa mandi keringat.

Anak sahabat membangun pabrik baru. Dia mempersiapkan segala sesuatu. Suatu malam, setelah membereskan ruang komputer, dia bermaksud pulang ke rumah. Saat dia hendak menggembok pagar depan, tangannya dipegang oleh sesuatu yang dingin sekali. Saat dia lihat, ternyata kedua tangannya dipegang oleh tangan berkuku panjang berwarna hijau tua.

Apa yang seharusnya kamu lakukan?

Pertama, percaya bahwa Tuhan itu ada dan lebih berkuasa ketimbang roh jahat. Kedua, perkuat iman secara terus-menerus berdoa dan beribadah. Ketiga, seperti pengalaman sopir yang menjemput saya di bandara dan sahabat saya yang ditempatkan di Shanghai, usir dan jangan membiarkannya memprovokasi apalagi membully kamu.

Jika kamu pernah mengalaminya dan merasa terbantu oleh artikel di atas, bantu share ya, guys!

Baca Juga: Hati-hati, 6 Kegiatan Sederhana ini Konon Bisa Mendatangkan Makhluk Halus

Xavier Quentin Pranata Photo Community Writer Xavier Quentin Pranata

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 01:15:06

Progress: 759.176 dari 813.350 TPS (93.33940%)

Just For You