Comscore Tracker

Awas Rahang Lepas! Terkadang Kita Puas Ketawa Saat Ditipu 5 Hal Ini 

Nomor 5 sering memakan korban lho!

Netizen Indonesia pasti pahalanya banyak banget deh. Bukan hanya rajin ibadah dan mengingatkan kebaikan ke sesama, tapi juga senang sekali menghibur kita dengan tingkahnya yang lucu. Apalagi dari konten-konten yang mereka share di jagat maya. Saking kocaknya netizen, isi chat dari penipu pun bisa jadi konten komedi. Nggak percaya? Coba aja cek 5 pesan penipuan yang bikin ngakak ini!

1. Siapa yang tak kenal Instant Messenger yang satu ini? Ternyata ada PT-nya lho!

Awas Rahang Lepas! Terkadang Kita Puas Ketawa Saat Ditipu 5 Hal Ini twitter.com/pergijauh

Dari sekian banyak orang, kok ya bisa yang kena itu Gofar Hilman? Lagi sial nih sepertinya, soalnya si penipu bukannya dapat korban malah jadi konten ‘kan. By the way, ada yang tahu sejak kapan WhatsApp bikin PT di Indonesia? Please infoin ke IDN Times ya!

2. Jadi ingatkan dengan salah satu marketplace, tapi sepertinya ada yang salah ya?

Awas Rahang Lepas! Terkadang Kita Puas Ketawa Saat Ditipu 5 Hal Ini twitter.com/ahmadmbrck

Penipu itu kan biasanya persuasif, bahasanya lembut, jadi orang-orang bisa terbuai. Nah ini dia pembukaannya kaku banget sih, pakai ‘surat resmi’ segala. Tapi, yang menarik perhatian kita adalah nama PT yang digunakan. Kalau dibaca-baca kok seperti nama marketplace langganan orangtua kita ya? Lalu bilang ‘terpilih’-nya gaul banget lagi pakai ‘T-PILIH’. Ya ampun mau nipu kok kebanyakan gaya sih?

3. Makin kreatif, ternyata nggak cuma makhluk aja yang gaib, uang juga bisa

Awas Rahang Lepas! Terkadang Kita Puas Ketawa Saat Ditipu 5 Hal Ini twitter.com/xzivn

Menipu adalah perbuatan yang dilarang oleh agama. Bersekutu dengan makhluk halus pun dilarang. Tapi kenapa dia melakukan dua-duanya sekaligus? Cukup ayam aja yang di-combo, jangan dosa. Heran, nggak ada takut-takutnya dengan pembalasan akhirat ya dia? Kalau kamu dapat SMS macam ini mau dibales apa guys?

4. Informasi menang hadiah ratusan juta rupiah tapi kok typo?

Awas Rahang Lepas! Terkadang Kita Puas Ketawa Saat Ditipu 5 Hal Ini twitter.com/daelamyfrds

Sepertinya menipu sudah jadi passion dari orang ini deh. Lihat deh betapa kacaunya ketikan chat dia. Pasti saat lagi ngetik ini dia sangat-sangat-sangat bersemangat dan yakin kalau chat-nya akan berhasil menipu jutaan orang. Kalau di antara kamu ada yang bingung si penipu ini ngomong apa, IDN Times bantu terjemahkan ya.

“Tinjau segera, dapatkan uang segera dengan pinjaman! Unduh dan daftar. Klik….”

Tapi redaksionalnya kok kacau banget sih, gemes deh. Tebakan IDN Times sih, ini terjemahan kasar dari bahasa asing, setuju nggak?

5. Wah, ada yang minta PIN juga nih

Awas Rahang Lepas! Terkadang Kita Puas Ketawa Saat Ditipu 5 Hal Ini Shutterstock/Makistock

Nah, kalau modus satu ini sering banget memakan korban. Mereka yang menjalankan aksi ini adalah orang-orang yang cukup paham dengan dunia perbankan dan tahu betul bagaimana membuat korbannya bingung. Misalnya, kamu adalah nasabah BCA yang kartu debitnya tertelan di mesin ATM. Lalu, ada orang yang menyarankan kamu untuk menghubungi nomor-nomor tertentu. 

Nah, kalau hal ini terjadi, kamu harus ekstra hati-hati ya. Soalnya, banyak orang yang ujung-ujungnya menyerahkan nomor PIN, OTP, atau CVV-nya. Supaya kamu nggak kena modus penipuan ini, yuk ketahui dulu apa itu PIN, OTP, dan CVV. 

PIN atau Personal Identification Number adalah angka sandi rahasia yang digunakan untuk masuk ke rekening kamu. Biasanya PIN ini berupa 6 digit angka. OTP atau One Time Password adalah angka sandi yang dikirimkan oleh pihak bank atau situs jual beli online melalui SMS atau email. Angka sandi ini berguna sebagai persetujuan akses ke rekening kamu. Masa berlakunya pun hanya beberapa menit atau jam aja dan nggak bisa digunakan lagi. 

Nah, kalau CVV adalah tiga digit angka terakhir yang tertera di bagian belakang Kartu Kredit. Biasanya terletak di tempat tanda tangan.

Ketiga data tersebut amat sangat rahasia dan nggak boleh kamu sebar ke mana pun. Kalau ada orang yang meminta ketiga data tersebut, meskipun dia mengaku dari BCA, langsung tarik diri dan akhiri pembicaraan. Jangan mudah termakan kata-kata manis dari penipu ya!

Akhir kalam, IDN Times cuma mau berpesan, yuk jaga baik-baik PIN, OTP, dan CVV kita karena penipu, tukang ghosting, dan buaya darat ada di mana-mana. Kalau butuh informasi lebih lanjut, kamu bisa klik di sini ya!

Oke guys, itu dia deretan pesan lucu dari penipu yang sepertinya kurang ilmu. Kalau menurutmu, mana nih yang tipu muslihatnya paling ampuh? Share di kolom komentar yuk!

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya