Comscore Tracker

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anak

Berbagai cara dilakukan untuk terangkan hal yang masih dianggap tabu

Anak kecil memang dikenal dengan sifatnya yang polos dan rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh sebab itu, tak jarang kita sebagai orang dewasa terkadang dibuat bingung untuk menjelaskan seputar hal-hal yang oleh masyarakat masih dianggap tidak pantas untuk dibicarakan, salah satunya seperti pendidikan seks.

Terlebih, ada masanya dimana anak-anak mulai penasaran dengan anggota tubuhnya sendiri. Orang tua di sekitar lingkungan sang anak pun perlu banget untuk mulai mendiskusikan topik ini bareng si kecil.

Kalau yang berikut ini adalah sederet pengalaman kocak warganet Twitter terkait pendidikan seks yang mungkin juga pernah kamu alami. Simak momen-momen unik dan lucunya berikut ini, yuk!

1. Inilah pentingnya memberikan pendidikan seks pada anak, khususnya tentang nama alat kelamin sesuai anatomi agar anak tidak kebingungan

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/Denald)

2. Nyatanya, masih banyak terjadi di kalangan masyarakat yang memberi istilah lain untuk menyebut alat kelamin perempuan dan laki-laki

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/ailuvyuw)

3. Gak ada salahnya, kok, dengan memberi tahu anak kalau genitalia laki-laki itu disebut penis, sedangkan genitalia perempuan namanya vagina

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/HelinsaRasputri)

4. Meski dengan bahasa sederhana, anak juga harus dibekali pemahaman dasar terkait fungsi dari alat kelamin perempuan maupun laki-laki

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/anggratna_)

5. Edukasi tentang organ seksualitas pada anak bisa dibiasakan dengan obrolan ringan ketika sedang berganti baju atau memandikannya

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/haloOCTA)

Baca Juga: 5 Alasan Pendidikan Seksual dalam Keluarga Penting bagi Anak

6. Jangan lupa untuk mengajari anak kalau alat kelamin itu gak boleh sembarangan dipegang oleh orang lain, ya

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/lagimerantau)

7. Selain itu, perspektif dari bahasa daerah boleh juga ditambahkan supaya anak gak bingung dengan banyaknya sebutan untuk alat kelamin

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/littlmermaid_)

8. Memberi edukasi seks pada anak sejak dini ini bisa membuat mereka lebih aware pada anggota tubuhnya sendiri

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/tasyajuwita)

9. Biar anak makin paham, kita juga wajib memberi tahu kalau alat kelamin milik ibu dan ayah memiliki bentuk yang berbeda

9 Pengalaman Lucu Warganet saat Edukasi Seks ke Anakpengalaman warganet beri edukasi seks pada anak (twitter.com/pisesa08)

Di konteks masyarakat Indonesia pada umumnya, memberikan edukasi seks kepada anak itu memang masih gampang-gampang susah. Selain perlunya kerjasama antara ibu dan ayah, lingkungan sekitar di mana anak tinggal pun turut memengaruhi tumbuh kembang si anak dalam hal pengetahuan terhadap seks. Apakah kamu juga punya pengalaman serupa? 

Baca Juga: Profil Sisilism, Content Creator yang Fokus dengan Isu Pendidikan Seks

Bintan Rah Photo Verified Writer Bintan Rah

thousand things to say

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya