Comscore Tracker

7 Kelakuan Orang yang Gak Banget Ketika Makan di Warteg

Hayo mengaku. Pasti satu dari tujuh kelakuan ini pernah kamu lakukan, kan? Hmmm...

Warteg adalah tempat yang sering dikunjungi banyak orang ketika perut sudah mulai keroncongan. Selain harganya yang murah meriah, menu makanan di warteg pun beraneka ragam. Sehingga konsumen bisa memilih lauk dan sayur sesuai keinginan. Ada beberapa warteg yang dilayani langsung oleh pemiliknya. Namun ada juga yang menawarkan menu masakannya dengan konsep “self service”.

Ketika sedang makan di warteg, kamu pasti pernah melihat kelakuan orang-orang yang berbeda satu dengan lainnya. Nah, berikut ini beberapa tipe konsumen menurut kelakuan khasnya masing-masing saat menyantap makanan di warteg:

1. Tipe Silang Kaki dan Kaki Naik ke Kursi.

7 Kelakuan Orang yang Gak Banget Ketika Makan di Warteghttp://www.kosim.web.id

Inilah kenikmatan makan di warteg. Tidak seperti makan di restoran atau rumah makan mewah yang terkesan formal dan menegangkan, di warteg konsumen bisa bebas makan dengan posisi apa pun. Termasuk menyilangkan kaki atau menaikkan satu kaki ke atas kursi. Tak peduli sopan atau tidak, yang penting makan dengan nyaman dan nikmat. Perut kenyang, hati senang, tak peduli tanggapan orang, bukankah itu yang dicari dalam kehidupan?

2. Tipe Mulut Bersuara.

7 Kelakuan Orang yang Gak Banget Ketika Makan di Warteghttp://www.huffingtonpost.com

Ketika makan di warteg, jangan heran ketika kamu mendengar suara-suara obrolan yang diselingi gelak tawa, terdengar jelas dan keras. Selain suara obrolan, kamu pun pasti akan disuguhi dengan suara sendok dan garpu yang beradu dengan piring, suara kucing, suara ayam, suara bebek, bahkan suara mulut-mulut yang mengunyah makanan. Berisik, tapi asyik.

3. Tipe DARMAJI.

7 Kelakuan Orang yang Gak Banget Ketika Makan di Warteghttp://keseringan.com

Tipe konsumen ini biasanya tidak makan nasi, namun hanya menyantap beberapa buah gorengan yang tersaji bebas di atas meja sajian. Biasanya ditemani dengan segelas kopi atau teh hangat. Ketika selesai dan akan melakukan pembayaran, tipe ini akan mengaku hanya makan satu gorengan padahal sudah makan lima. Dalam bahasa Sunda, tipe seperti ini biasa disebut dengan DARMAJI yang merupakan kependekan dari ‘dahar lima ngaku siji’ (Makan lima mengaku satu).

4. Tipe Sendawa dan Tusuk Gigi.

7 Kelakuan Orang yang Gak Banget Ketika Makan di Warteghttp://www.menshealth.com.sg

Setelah makan, tipe ini biasanya akan melakukan kebiasaan-kebiasaan buruknya tanpa rasa malu atau sungkan. Seperti bersendawa keras atau mengambil sisa-sisa makanan dengan tusuk gigi tanpa menutup mulutnya dan membiarkan aroma-aroma ‘aneh’ itu tersebar di seantero warung makan.

5. Tipe Godain Mbak Pelayan.

7 Kelakuan Orang yang Gak Banget Ketika Makan di Warteghttp://www.ariefabian.com

Tipe ini tentu saja tidak akan membiarkan ‘pemandangan indah’ di depan matanya berlalu begitu saja, ketika melihat pelayan-pelayan muda berseliweran di dalam warung makan. Pelayan-pelayan muda tersebut biasanya merupakan anak atau kerabat dari pemilik warung yang ikut membantu membawakan minuman atau menyediakan camilan. Tak jarang, tipe seperti akan menggoda pelayan-pelayan dengan kata-kata gombal yang basi.

6. Tipe Bablas.

7 Kelakuan Orang yang Gak Banget Ketika Makan di Warteghttps://www.stocksy.com

Ada lho, orang-orang tertentu yang kerap mengambil kesempatan dalam kesempitan. Entah karena tidak memiliki uang atau memang sengaja, tipe ini akan langsung meninggalkan warung makan setelah puas menyantap makanan tanpa membayar sepeser pun. Kesempatan ini biasanya diambil ketika pelayan sedang melayani pembeli lain atau sedang sibuk di dapur.

7. Tipe Makan Ini Bayar Itu.

7 Kelakuan Orang yang Gak Banget Ketika Makan di Warteghttp://dzulfikaralala.com

Jika tipe DARMAJI hanya melakukan ‘korupsi skala kecil’, maka tipe ini akan melakukan korupsi serupa dalam skala yang lumayan agak besar. Saat melakukan perhitungan biaya makan, mereka akan mengaku makan hanya dengan tempe orek, secuil sambal dan teh hangat tawar. Padahal sebenarnya mereka mengambil ayam bakar, daging rendang, sayur capcay, kerupuk, udang, lalapan, minuman mahal, dan sebagainya. Kenyang sih, tapi tidak berkah.

Jangan geleng-geleng kepala atau senyum-senyum sendiri melihat kelakuan orang-orang tersebut. Karena siapa tahu kamu adalah bagian dari mereka.

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya