Comscore Tracker

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadan

"Emang gak lapar seharian gak makan?"

Bulan ramadan sebentar lagi datang, ritual-ritual keagamaan akan ramai dijalankan. Bagi negara yang mayoritas islam, ramadan dan puasa adalah hal lazim dan mayoritas orang akan mengerti. Berbeda dengan negara yang minoritas islam, kebanyakan dari mereka apalagi yang non-muslim akan penasaran dan bertanya. Kira-kira apa saja ya yang ditanyakan?

1. Apa sih sebenarnya ramadan itu?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanreadfoundation.org.uk

Banyak orang Bule tidak mengerti apa itu ramadan. Ramadan adalah salah satu bulan pada kalender islam di mana umat muslim melakukan puasa selama sebulan penuh. Tak hanya ibadah puasa pada siang hari, pada malam hari umat muslim juga melakukan ibadah sholat tarawih.

2. Gimana sih cara kerja puasa?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanlife.spartan.com

Berbeda dengan negara mayoritas islam, di barat sedikit orang yang berpuasa. Wajar saja banyak yang tidak tahu bagaimana puasa itu dilakukan. Selama bulan ramadan, umat islam tidak makan dan minum serta menahan segala macam pikiran negatif seperti marah, iri, bergosip dan lain sebagainya. Puasa dilakukan pada waktu tertentu, dari fajar hingga terbenam matahari.

3. Jadi, apakah berat badan turun selama bulan ramadan?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadannhs.uk

Banyak orang berpikir bahwa puasa bisa menurunkan berat badan. Bukan hanya orang non-muslim, orang muslim sendiri kadang berpikir begitu. Padahal faktanya, saat bulan puasa bukannya berat badan turun malah naik. Hal ini tergantung masing-masing orang dalam menjalankan puasa, ada orang yang bisa turun berat badannya ada pula yang sebaliknya.

4. Kok tanggal ramadan berubah setiap tahun?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanpexels.com/rawpixel.com

Pertanyaan ini juga sering diajukan mengingat penanggalan pada kalender islam berbeda dengan penanggalan masehi. Kalender Islam 11 hari lebih pendek dari penanggalan masehi. Hanya ada 354 hari pada kalender islam sedangkan kalender masehi 365 hari.

5. Kenapa selalu bingung setiap tahun tentang kapan hari ramadan dimulai?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanthegroveatoakleafvillage.com/

Bukan hanya antar negara yang berbeda, dalam satu negara pun kadang berbeda. Di Indonesia sendiri masih ada beberapa golongan yang berbeda dalam penentuan tanggal ramadan. Hal ini disebabkan oleh metode penentuan bulan ramadan yang digunakan setiap golongan berbeda-beda.

Baca Juga: 10 Negara Ini Bisa Jadi Destinasi Liburan Terbaik Selama Ramadan

6. Bagaimana dengan Muslim Sunni dan Muslim Syiah? Apakah ada perbedaan selama ramadan?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanthespinoff.co.nz

Well, pada intinya cara berpuasa kedua golongan itu sama. Hanya saja pada aliran Sunni berbuka saat matahari tenggelam dan tidak lagi terlihat di cakrawala (tapi masih ada cahaya di langit), sedangkan aliran Syiah memastikan hingga langit gelap dan kemerahan matahari hilang sepenuhnya.

7. Apakah kamu yakin pergi keluar rumah tanpa makan atau minum dalam waktu 30 hari?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanphentermine.com

Sebenarnya umat Islam tidak benar-benar tidak makan dan minum. Selama bulan puasa, umat Islam makan sahur sebelum fajar dan buka ketika matahari terbenam. Jadi tidak benar jika dikatakan umat islam tidak makan dan minum selama 30 hari.

8. Bagaimana jika kamu lupa makan atau minum sesuatu?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadannbcnews.com

Jika lupa makan atau minum bisa berkumur dan melanjutkan puasa. Jadi, lupa makan dan minum tidak membatalkan puasa asalkan memang benar-benar lupa ya.

9. Bukankah puasa buruk bagi kesehatan?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanmedicalnewstoday.com

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa puasa memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Jika di cari pada mesin pencari kebanyakan adalah manfaat berpuasa. 

10. Jika makan dan minum tidak boleh, bagaimana dengan melihat makanan dan minuman?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanhellosehat.com

Hanya dengan melihat tidak akan membuat kenyang ketika lapar atau hilang rasa haus. Jadi yah, tidak ada larangan untuk melihat makanan atau minuman.

11. Bagaimana cara menghormati teman muslim saat mereka berpuasa?

11 Pertanyaan Bule yang Biasa Kamu Dengar Saat Bulan Ramadanhack87.blogspot.com

Tidak ada yang perlu dilakukan, mungkin yang bisa dilakukan adalah tidak makan burger dengan keju meleleh di depan orang berpuasa. Terkadang pikiran orang yang berpuasa akan menjadi tidak fokus akan aroma sedap yang dikeluarkan. Atau bisa juga dengan mengagendakan pesta saat matahari terbenam jika ingin mengundang teman muslim pesta.

Itu adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang bisa dipersiapkan saat teman bulemu bertanya. Dengan begitu, satu dengan yang lain dapat saling memahami dan menghormati apapun agamanya. Selamat berpuasa.

Baca Juga: 7 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Berbagai Kota di Indonesia

miraliy Photo Community Writer miraliy

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 10:15:06

Progress: 760.243 dari 813.350 TPS (93.47058%)

Just For You