Comscore Tracker

Kenalan Yuk, 5 Mainan Tradisional Sekaten Solo yang Bikin Nostalgia

Ada kodok-kodokan juga pasaran

Sekaten merupakan acara tahunan yang biasa diadakan oleh keraton Yogyakarta dan Solo, sebagai peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Biasanya sekaten dimulai dari 5 hingga 12 Mulud, dalam penanggalan Jawa. Di tahun 2018 ini, keraton Solo telah memulai rangkaian pagelaran Sekaten pada awal bulan November, dan akan berlangsung selama 40 hari.

Terlepas dari rentetan acara dan ritual khas-nya, seperti tabuh gamelan dan grebeg maulud sebagai puncak acara, salah satu ciri sudah mulai berlangsungnya sekatenan, adalah adanya pasar malam. Pasar malam ini, biasanya diadakan di alun-alun utara Solo namun karena kondisi alun-alun yang kurang kondusif, maka sebagaian juga dialihkan ke alun-alun utara.

Kalau kamu memang warga asli kota Bengawan ini, pasti hafal dong apa saja yang tersaji di sekaten? Yap, mulai dari makanan tradisional, aneka wahana permaianan hingga dolanan lawas semua tersaji di sini. Nah, kalau bicara soal dolanan tradisional nih, apa saja sih yang jadi ikon-nya sekaten di Solo? Ini hih, 5 di antaranya yang paling laris dicari tiap tahunnya.

1. Kapal othok-othok

Kenalan Yuk, 5 Mainan Tradisional Sekaten Solo yang Bikin Nostalgiaflickr.com

Siapa yang bercita-cita ingin jadi pelaut? Kalau kamu salah satunya, wajib punya mainan yang satu ini, dong. Namanya kapal othok-othok. Dinamakan demikian karena ketika dijalankan kapal ini berbunyi othok-othok. 

Uniknya, kapal yang biasa berlayar di dalam ember berisi air ini, menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Biasanya kapal othok-othok tersedia dalam berbagai ukuran, dari mulai mungil hingga cukup besar.

Supaya makin menarik, kapal ini juga dicat beraneka warna seperti putih, kuning, merah dan hijau. Wah bisa disesuaikan sama selera masing-masing, ya.

2. Kodok-kodokan

Kenalan Yuk, 5 Mainan Tradisional Sekaten Solo yang Bikin NostalgiaInstagram.com/dewangga.wage

Sekilas wujud mainan ini tak mencerminkan namanya. Meski disebut kodok-kodokan tetapi bentuknya sama sekali gak mirip badan kodok. Memang hanya tampilannya saja yang dicat serta digambar seperti muka kodok, atau katak dalam bahasa Indonesia, namun wujudnya tidaklah sama. Mainan ini diberi nama demikian, karena suara yang ditimbulkan saat ditekan seperti suara kodok. 

Baca Juga: 6 Mainan Anak Perempuan yang Pernah Hits Tahun 2000an, Mana Favoritmu?

3. Pasaran

Kenalan Yuk, 5 Mainan Tradisional Sekaten Solo yang Bikin Nostalgiarumahkerang.wordpress.com

Buat kamu yang punya keponakan atau adik perempuan yang masih kecil, bisa nih dibelikan mainan sekaten yang satu ini. Pasaran terdiri dari peralatan memasak dan alat makan tradisional yang dibuat dari gerabah (tanah liat), dalam ukuran mini. Ada anglo, pengorengan, piring, gelas, teko, panci, sampai sendok dan garpu. 

Meskipun mainan, tapi bisa dipakai masak betulan lho. Anglo bisa diisi dengan arang sebagai kompor dan dapat dipakai untuk memasak air, misalnya. Tentunya, karena ukurannya mungil, masak yang dimaksud hanya pura-pura ya. Gak bisa kalau buat bikin masakan dalam porsi normal. 

4. Celengan gerabah

Kenalan Yuk, 5 Mainan Tradisional Sekaten Solo yang Bikin Nostalgiadeweezz.com

Kebiasaan menabung harus dimulai sejak dini, ya. Setuju kan? Nah, salah satu mainan khas sekaten ini bisa jadi langkah awal kamu hidup hemat, lho. Kalau biasanya dirimu menyisihkan uang di rekening bank, coba deh buat menabung di rumah dengan bantuan celengan. 

Biar makin semangat bisa, lho pilih salah satu celengan khas dari sekaten Solo. Terbuat dari gerabah, celengan ini hadir dalam aneka bentuk dan ukuran. Mulai dari macan, sapi, ayam, kucing, sampai tokoh kartun modern seperti Spongebob. Selain buat sarana menyimpan uang, bisa juga dijadikan pajangan di rumah kan.

5. Mobil mobilan kayu

Kenalan Yuk, 5 Mainan Tradisional Sekaten Solo yang Bikin Nostalgiasatuharapan.com

Kalau sekarang anak-anak sudah lihai menjalankan mobil dengan remote control atau RC, anak zaman dulu lebih mengenal mobil-mobilan dari bahan kayu. Biasanya mobil ini dibuat dalam berbagai macam ukuran dan jenis. Mulai dari bus sampai dengan truk. Cara memainkannya dengan menariknya menggunakan tali yang sudah disediakan.

Karena gak sabaran, tak jarang anak-anak menariknya sambil berlari di sepanjang jalan, bersama teman-temannya. Kalau kamu penasaran ingin mencoba sensasi main mobil-mobilan kayu ini, bisa berkunjung ke sekaten dan beli satu.

Di saat kita telah dimanjakan dengan kecanggihan teknologi, jalan lupa untuk terus berperan memelihara warisan budaya, salah satunya mainan tradisional tadi. Jadi, buatmu yang berencana melancong ke Solo atau Jogja jangan lupa mampir ke sekatennya ya.

Baca Juga: Main ke Sekaten Solo, 5 Jajanan Jadul ini Pantang Kamu Lewatkan!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya