Comscore Tracker

Seru, 10 Film Terbaik Dari Jet Li di Era 90-an dan Awal 2000-an

Siapa yang belum pernah lihat film-nya Jet Li? Wah, parah...

Sebagai salah satu bintang film seni bela diri terbesar sepanjang masa, Jet Li telah membintangi puluhan film di Asia maupun Hollywood. Kebanyakan orang Barat mungkin mengenali Li karena perannya dalam film Lethal Weapon 4 (1998), Romeo Must Die (2000), The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor (2008) dan film The Expendables (2010). Dan ini adalah 10 film terbaik dari Jet Li pada era 90-an dan awal 2000-an.

1. Once Upon a Time in China (1991)

https://www.youtube.com/embed/BQDnvmA6-GM

Meskipun film pertama Jet Li adalah Shaolin Temple pada tahun 1982, namun peran utama pertamanya adalah di film Once Upon a Time in China. Li sebagai pahlawan rakyat Cina, Wong Fei Hung. Film ini menghasilkan lima sekuel, meskipun Li hanya membintangi film ini pada tahun 1992 di Once Upon a Time in China II, 1993 Once Upon a Time in China III dan 1997 Once Upon a Time in China and America.

2. The Legend of the Swordsman/Swordsman II (1992)

https://www.youtube.com/embed/_z2_XbMete0

Jet Li tidak muncul dalam film The Swordsman pada tahun 1990, sekuelnya sebenarnya dirilis di AS dengan judul The Legend of the Swordsman. Ini adalah film terlaris Li di box office Hong Kong dan terkenal karena keahliannya dalam hal bela diri.

3. Tai Chi Master/Twin Warriors (1993)

https://www.youtube.com/embed/2icoQWmbocU

Film ini juga dirilis di AS dengan judul Twin Warriors. Pada film Tai Chi Master Li ikut membintangi film ini bersama Michelle Yeoh. Keduanya bermain bersama lagi di The Mummy 2008: Tomb of the Dragon Emperor.

4. Fong Sai Yuk/The Legend (1993)

https://www.youtube.com/embed/abU_OMzACUE

Film tentang tim ibu-anak jarang ada dalam film seni bela diri, tetapi dalam film ini Li bersama ibunya, yang diperankan oleh Josephine Siao melakukan kerjasam tim yang hebat. Hanya empat bulan kemudian, sekuel yang juga dibintangi Li dan Siao, Fong Sai-yuk II dirilis.

5. Fist of Legend (1994)

https://www.youtube.com/embed/LPEzoOifD1k

Dianggap oleh sebagian besar sebagai film terbaik Li. Fist of Legend penuh dengan koreografi dan adegan pertarungan yang sebagian besar menggunakan tangan kosong, termasuk pertarungan antara Li dan Yasuaki Kurata dan Billy Chow. Banyak yang percaya bahwa Wachowskis sangat dipengaruhi oleh film ini saat membuat The Matrix.

Baca Juga: Dulu Jagoan Kung Fu Hollywood, Begini 10 Kabar Terkini Jet Li Sekarang

6. My Father is a Hero/The Enforcer (1995)

https://www.youtube.com/embed/jDsecj7G7N4

Film ini juga dirilis di negara Amerika Serikat dengan judul The Enforcer. My Father is a Hero bukan salah satu dari film Li yang dapat respon baik dari penggemar dan kritikus, tetapi dia bekerja sama dengan Mo Tse, yang sudah mengesankan banyak orang dengan keterampilan seni bela dirinya meskipun baru berusia sepuluh tahun. Pasangan ini sebelumnya pernah bekerja bersama sebagai ayah dan anak pada tahun 1994 dalam film The New Legend of Shaolin.

7. Black Mask (1996)

https://www.youtube.com/embed/wIOkuhQFcuI

Mengambil latar waktu masa depan, Li berperan sebagai parajurit super di Black Mask, sebuah film yang memadukan action, sci-fi dan juga komedi yang disukai oleh penggemar film superhero. Li tidak kembali untuk sekuelnya, Black Mask 2: City of Mask yang rilis tahun 2002.

8. Lethal Weapon 4 (1998)

https://www.youtube.com/embed/7cpig7OhI98

Li akhirnya bermain dalam sebuah film Amerika dan berperan sebagai penjahat dalam film Lethal Weapon 4 bersama aktor kawakan seperti Mel Gibson, Danny Glover, Rene Russo, Joe Pesci dan Chris Rock. Bagi banyak orang di seluruh dunia, ini adalah perkenalan pertama mereka dengan legenda seni bela diri asal China ini.

9. Hero (2002)

https://www.youtube.com/embed/_USDk5jaGek

Meskipun Li terus membuat film-film Amerika, kebanyakan orang menilai film-film China-nya lebih bagus dari segi kualitas. Salah satu contohnya adalah Hero, yang pernah menjadi film terlaris dalam sejarah box office Cina. Hero tetap menjadi film China terlaris di box office Amerika Serikat menghasilkan 53,7 juta dolar AS.

10. Fearless (2006)

https://www.youtube.com/embed/NjXPSoB0bVE

Fearless adalah film Cina terlaris kedua di box office Amerika Serikat setelah Hero. Fearless adalah karya seni yang menampilkan Li sebagai legenda seni bela diri bernama Huo Yuanjia. 

Buat kamu yang kangen dengan aksi bela diri dari seorang Jet Li, maka 10 film diatas bisa menjadi obat buat kamu.

Baca Juga: Tonton Ulang 5 Film Jet Li Era 2000an Ini, Dijamin Tetap Seru!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You