Comscore Tracker

15 OST Drama Asia Populer Era 90-2000an, Masih Ingat?

Dulu hits banget lho!

Sebelum drama Korea menjadi sangat hits dan digandrungi seperti saat ini di Indonesia, drama Jepang dan Mandarin dulu juga kerap tayang di layar tv dan memiliki ketenaran yang cukup tinggi bahkan sejak awal era 90an. Beberapa bahkan sangat membekas di hati remaja zaman dulu hingga menjadi tayangan favorit pada masanya.

Tidak hanya kisah yang ditampilkan, soundtracknya pun juga ikut meraih popularitas yang serupa lho! Setelah kini lama berlalu, apa jadinya ya bila kita kembali mendengarkan soundtrack dari drama-drama tersebut? Kira-kira bakal bikin nostalgia atau mungkin sudah lupa?

Yuk, tes seberapa ingat kamu dengan drama-drama lawas Asia yang hits sambil memutar ulang soundtracknya di bawah ini.

1. Lalala Love Song, Kubota Toshinobu - OST Long Vacation

https://www.youtube.com/embed/HiNQeQQJWgw

Long Vacation merupakan drama yang sangat populer di Jepang pada sekitar tahun 1996 hingga kemudian ikut tayang di Indonesia. Drama ini juga sekaligus menjadi drama yang mengangkat karier Takuya Kimura dalam dunia akting.

Soundtracknya yang berjudul "Lalala Lovesong" sangat hits dan hingga kini masih kerap diputar di berbagai acara dan radio.

2. Forever, Takashi Sorimachi - OST Beach Boys

https://www.youtube.com/embed/Kpq5nqDiZtA

Berikutnya ada drama Jepang yang diperankan oleh Takashi Sorimachi dan juga Yutaka Takenouchi berjudul Beach boys.

Drama yang awal rilisnya tahun 1997 ini juga sempat tayang di Indonesia dan diputar ulang hingga beberapa kali lho. Ceritanya yang ringan dan lucu, membuat Beach Boys menjadi salah satu drama paling tak terlupakan di era 90an. 

Kalau kamu pernah nonton drama ini, pasti familiar banget deh sama lagu opening yang diikuti oleh adegan kedua karakter bermain di pantai. Ya, kan?

3. Poison, Takashi Sorimachi - OST Great Teacher Onizuka

https://www.youtube.com/embed/ZrbT-xJf17Q

Great teacher Onizuka disebut salah satu drama tersukses di Jepang dengan rating yang sangat tinggi hingga kemudian ikut tayang di Indonesia.

Drama yang diangkat dari komik ini, menceritakan akan aksi guru bernama Onizuka dalam mendidik murid-murid nakal ini pun begitu membekas di hati dan menyimpan banyak pesan moral. Begitu juga dengan soundtracknya yang dinyanyikan langsung oleh si tokoh utama, Takashi Sorimachi.

4. Konayuki, Remioromen - OST One Liter of Tears

https://www.youtube.com/embed/ym-HQDr_4R4

Memiliki kisah yang mengharukan tentang seorang remaja yang menderita penyakit langka nan mematikan, drama One Liter of Tears menjadi salah satu drama jadul asal Jepang yang berhasil buat para penonton ikut termehek-mehek.

Kisahnya yang menginspirasi membuat drama satu ini menjadi drama yang pasti gak akan mudah dilupakan. Terlebih, drama ini juga memiliki soundtrack yang enak banget buat didengar.

Baca Juga: 6 Lagu KPop Ini Pas Banget Jadi Soundtrack KDrama, Setuju Gak?

5. Sanpomichi, Judy and Mary - OST Anchor Woman

https://www.youtube.com/embed/DLeclV72z3k

Berikutnya ada drama yang bercerita tentang seorang wanita pembaca berita di Jepang yang harus menghadapi lika-liku dalam pekerjaan serta kehidupan pribadinya. Drama berjudul Anchor Woman ini juga menjadi salah satu drama ternama yang kepopulerannya di Jepang ikut mendarat hingga ke Indonesia. Lagu yang dibawakan oleh duo penyanyi Judy and Mary pun sangat enak didengar dan begitu mudah diingat meski sudah lama berlalu.

6. SOS, ABBA - OST Strawberry on The Shortcake

https://www.youtube.com/embed/kbhbYQ_bp0A

Sama seperti drama Jepang lainnya, Strawberry on The Shortcake juga pasti menjadi salah satu drama yang ga bakal mudah lupakan. Hits di zamannya, drama yang dibintangi oleh aktor Hideaki Takizawa dan Kyoko Fukada ini sukses mewarnai layar kaca pada awal 20an. Soundtrack dramanya pun ikut menghiasi tontonan satu ini di setiap episode meski merupakan lagu dari penyanyi barat, ABBA.

Masih ingat gak sama pertanyaan membekas yang muncul di drama ini. Kira-kira kalian tipe yang mana nih saat tengah memakan strawberry cake? Makan strawberry-nya dulu atau cake-nya? 

7. Hau Xiang Hau Xiang - OST Kabut Cinta

https://www.youtube.com/embed/uEdoHpXU-Mo

Gak hanya drama Jepang aja lho yang populer di zaman dulu, drama mandarin pun juga kerap menghiasi layar kaca kita. Salah satu drama yang paling populer adalah Romance in the Rain atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan judul Kabut Cinta. Soundtrack dramanya pun juga jadi salah satu lagu mandarin yang cukup terkenal pada masa itu.

8. Xing Fu De Di Tu, Elva Hsiao - OST 100% Senorita

https://www.youtube.com/embed/i_cJd4-1CGg

Ada pula drama 100% Senorita yang kisahnya cukup unik yakni tentang dua saudara kembar yang terpisah dan bertemu kembali karena sebuah insiden kecelakaan. Ditemani dengan beberapa lagu soundtrack yang enak buat didengar, drama ini kerap diputar ulang beberapa kali di Indonesia, bahkan sampai ada versi sinetronnya lho!

9. Journey, Angela Zhang - OST At The Dolphin Bay

https://www.youtube.com/embed/Ux1RoVmC2aE

Drama asal Taiwan At the Dolphin Bay juga menjadi salah satu drama laris yang tayang di sekitar awal tahun 20an.

Kisahnya sendiri menceritakan mengenai seorang wanita yang ingin menjadi penyanyi namun harus melalui berbagai cobaan dan kenyataan pahit dari masa lalunya. Salah satu soundtracknya yang berjudul "Journey" merupakan lagu yang dinyanyikan langsung oleh pemeran utamanya, Angela Zhang.

10. Qing Fei De Yi, Harlem Yu - OST Meteor Garden

https://www.youtube.com/embed/cFSO8w_kTtw

Kalau yang satu ini pasti banyak deh yang masih ingat. Drama Taiwan berjudul Meteor Garden merupakan drama adaptasi dari komik Jepang dan disebut sebagai salah satu drama Asia terlaris yang pernah tayang di Indonesia.

Beberapa soundtrack dramanya pun juga tak kalah laris hingga salah satunya pernah dibuat dalam versi bahasa Indonesia dan dinyanyikan oleh penyanyi Yuni Shara.

Baca Juga: 8 OST KDrama Ini Ngena Banget di Hati! Cocok Didengerin Pas Galau

11. Zero, Alan Kuo - OST Mars

https://www.youtube.com/embed/nh4RuI_XB2U

Juga termasuk sebagai drama yang diadaptasi dari komik asal Jepang, ialah MARS yang merupakan drama reuni antara Barbie Hsu dan Vic Chou pasca Meteor Garden.

Kesuksesan dari dramanya ikut membuat soundtracknya turut di gandrungi banyak orang. Salah satunya ialah lagu "Zero" yang dinyanyikan oleh penyanyi Alan Kuo. Kedua pemeran utamanya pun juga turut menyumbangkan suaranya dalam lagu, "Let Me Love You".

12. Endless Love, GIDO - OST Autumn in My Heart

https://www.youtube.com/embed/kXi_TDKF0c8

Salah satu drama Korea paling terkenal pada awal 20an ialah drama Endless Love yang dibintangi oleh Song Hye Kyo. Berkat drama ini pulalah Song Hye Kyo berhasil menjadi bintang papan atas di Korea Selatan.

Memiliki kisah cinta yang menyedihkan, drama ini sukses membuat para penonton ikut meneteskan air mata, terlebih ditambah dengan alunan soundtracknya yang menghanyutkan.

13. I Think I , Byul - OST Full House

https://www.youtube.com/embed/6NkL2brealk

Ada juga drama yang dibintangi oleh Rain dan Song Hye Kyo berjudul Full House. Kisah percintaan yang lucu ini, sukses mengocok perut para penonton dan berhasil menjadi salah satu drama Korea terlaris yang pernah ada.

Soundtracknya juga sangat enak didengar dan menjadi hits. Terutama lagu utamanya yang romantis dan dinyanyikan oleh penyanyi Byul.

14. Onara - OST Jewel in The Palace

https://www.youtube.com/embed/O4H-Qrd1gTQ

Kesuksesan drama Jewel In The Palace bisa dibilang cukup fenomenal. Bahkan hingga sekarang, drama ini masih disebut sebagai salah satu drama saeguk terbaik yang pernah ada. Kalau dulu kamu merupakan penggemar drama ini, pasti masih ingat dengan soundtracknya yang berirama musik tradisional Korea. Apalagi, soundtrack yang sama selalu diputar di setiap awal dan akhir tayangan.

15. Perhaps Love, Howl & J - OST Princess Hours

https://www.youtube.com/embed/cjaW3edHhHA

Terakhir, ada drama Korea Princess Hours yang memiliki kisah cinta ala cinderella jaman modern. Di Korea Selatan, drama ini berhasil menjadi salah satu drama terlaris dan hingga kini masih banyak yang menyukai drama yang diangkat dari manhwa ( sebutan untuk komik Korea ) ini. Sebagai drama populer, soundtracknya pun berhasil ikut meraih ketenaran. Salah satunya ialah lagu 'Perhaps Love' yang dinyanyikan oleh Howl & J.

Nah, itu tadi 15 soundtrack drama Asia yang dulu pernah diputar dan meraih popularitas yang cukup baik di Indonesia. Setelah mendengarkannya ulang, jadi pengen nonton kesemuanya lagi gak sih?

Baca Juga: 10 Soundtrack Drama Korea Paling Populer 2018, Bikin Tersedu-sedu

Calledasia Photo Community Writer Calledasia

Broken crayons can still colour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You