Comscore Tracker

Suka Main 5 Permainan Tradisional Ini, Tandanya Masa Kecil Kamu Bahagia

Yang mana nih ‘gacoan’ kamu?

Gak bisa dipungkiri lagi ya kalau masa kecil emang masa-masa yang paling indah. Ngaku deh, kamu dulu pasti sering banget kan main keluar rumah sampai berjam-jam dan bahkan sering diomelin ibumu saking asiknya. Tapi sekarang udah beda banget ya, miris rasanya lihat masa kecil anak-anak jaman sekarang yang malah terenggut hanya karena sebuah gadget.

Namanya juga bermain, artinya kamu harus bergerak, lari kesana-sini, bersentuhan dengan debu dan tanah, bukannya diam dan sibuk dengan duniamu sendiri. Mereka pasti gak bakalan tau serunya lima permainan tradisional berikut ini yang justru bikin masa kecil kamu bahagia. Apa saja ya?

1. Kelereng atau gundu

Suka Main 5 Permainan Tradisional Ini, Tandanya Masa Kecil Kamu BahagiaDok. Istimewa

Ini nih primadonanya di kalangan anak cowok. Rasanya belum afdol kalau cowok-cowok belum main kelereng. Cuma bermodalkan sebuah kelereng, kamu harus menyentil kelerengmu ke arah kelereng lawan. Jika kamu berhasil mengenai sasaran, berarti dia kalah dan harus merelakan kelerengnya kepada si pemenang. Nah karena bentuk kelerengnya bulat dan licin, biasanya permainan ini lebih asik dimainin di tanah, bener gak?

2. Bentengan

Suka Main 5 Permainan Tradisional Ini, Tandanya Masa Kecil Kamu Bahagiabudayajawa.id

Permainan kelompok emang selalu seru, setuju gak sih? Masa kecilmu bakalan bahagia banget kalau udah main benteng dimana kelompokmu harus menjaga markas yang terbuat dari tiang dan disebut benteng. Kalau kamu sudah disentuh oleh anggota lawan, otomatis kamu jadi tawanan mereka dan harus dibebaskan oleh temanmu sendiri. Nah yang menang adalah mereka yang berhasil memegang benteng sang lawan. Kamu sering menang atau kalah?

3. Lompat tali

Suka Main 5 Permainan Tradisional Ini, Tandanya Masa Kecil Kamu Bahagiasatu-indonesia.com

Kalau kelereng sering dimainkan anak cowok, kayaknya lompat tali justru sering dimainin sama anak cewek. Cuma bermodalkan karet yang dirangkai seperti seutas tali, kamu hanya perlu melompatinya mulai dari posisi yang rendah hingga posisi tertinggi. Kalau salah satu anggota timmu ada yang gagal, maka yang lainnya harus siap untuk membelanya dengan cara berjalan dua kali. Eits, tapi kalau ipis gak boleh kena tali lho ya!

4. Engklek atau tapak gunung

Suka Main 5 Permainan Tradisional Ini, Tandanya Masa Kecil Kamu Bahagiafaktaanak.com

Permainan ini juga sering disebut dengan nama tapak gunung. Hampir sama dengan lompat tali, mainan ini paling sering dimainin sama anak cewek. Bermodalkan sebuah gacoan (biasanya dari batu atau pecahan genteng), pemain harus loncat dari satu kotak ke kotak lainnya dengan satu kaki yang jadi tumpuannya, kemudian ia harus mengambil gacoan dengan cara jongkok dan menghadap ke belakang tanpa harus menyentuh garis. Kamu sering curang gak nih?

5. Egrang

Suka Main 5 Permainan Tradisional Ini, Tandanya Masa Kecil Kamu Bahagiayogyakarta.panduanwisata.id

Bermodalkan dua buah bambu yang tinggi (sekitar 2-3 meter) yang diberi sebuah pijakan kaki ini emang menguji keseimbangan kamu berdiri di atas bambu tersebut. Cara mainannya pun biasanya dengan memukulkan kaki-kaki bambu para lawan hingga mereka jatuh. Tapi terkadang permainan egrang ini juga digunakan untuk kompetisi perlombaan lari, siapa yang cepat sampai garis finish, berarti dia yang menang. Kalau gini caranya sih, kamu harus bikin langkah yang besar ya.

Itulah kelima permainan tradisional nan unik di Indonesia, yang mungkin salah satunya pernah kamu mainkan. Mengapa unik? Sebab selain seru dan menyenangkan, ternyata permainan di atas juga bisa mengajarkan kita nilai kerjasama untuk menang, kejujuran, hingga berlapang menerima kekalahan di tengah kemajuan ini.

Oleh karenanya, yuk kita hidupkan kembali permainan tradisional bagi anak Indonesia, supaya mereka bisa bebas bermain di luar dengan sukacita! Kamu bisa mengikuti pledging (ikrar) #JamMainKita bersama Combantrin secara online di sini. Share foto pledge-mu ke media sosial ya, biar semakin banyak orang yang ikutan untuk ngedukung.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendukung #JamMainKita secara offline. Langsung saja datang ke area Monumen Nasional, Jakarta pada Minggu, 25 Maret ini. Dimulai sejak pukul 6 pagi, banyak aktivitas seru yang akan kita lakukan. Salah satunya adalah deklarasi dengan merangkai karet lompat terpanjang di Indonesia. Jadi, ajak keluarga dan sahabatmu ya. Sampai jumpa di sana!

Topic:

Berita Terkini Lainnya