Comscore Tracker

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmu

Ingat Itazura na Kiss?

Kamu-kamu, terutama para generasi 90-an, tentu ingat ada masa saat drama Korea belum merajai televisi kita. Saat itu yang ramai di layar kaca adalah animasi Jepang yang nostalgic banget. Oh iya, selain anime, drama asal negeri sakura ini juga sempat populer banget mewarnai sore atau hari-hari liburmu.

Meski beberapa ceritanya sudah lupa-lupa ingat, namun masih memberi kenangan mengesankan bagimu. Apalagi kalau sudah dengar soundtrack-nya yang khas, wuih rasanya ingin nonton ulang dari episode awal! Apa saja sih drama Jepang yang pernah kita gilai? Nih IDN Times coba rangkum untukmu.

1. Lupa-lupa ingat, tapi tetap terkesan oleh drama sukses Oshin (おしん)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. NHK

Jujur aja pasti sebagian besar dari kamu sudah lupa-lupa ingat sama cerita drama ini, namun Oshin memang salah satu drama Jepang paling fenomenal dan ikonik. Drama dengan 249 episode ini gak hanya laris di Indonesia tapi juga di beberapa negara lain.

Ceritanya dramatis mengharukan tentang perjalanan hidup seorang gadis bernama Shin Tanokura. Settingnya agak berbau sejarah karena terjadi sejak era Meiji. Pokoknya gak ada yang gak tahu Oshin!

2. Ayo siapa yang kuat menahan air mata saat menyaksikan Rindu-Rindu Aizawa (家なき子)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. NTV

Tetes air mata mengalir sedih...

Mungkin sebagian besar darimu langsung refleks menyanyikan lagu pembuka drama yang satu ini. Gak hanya soundtrack-nya aja, cerita drama yang berjudul asi Ie Naki Ko ini memang menyayat hati, guys!

Kisah perjuangan seorang gadis cilik bernama Suzu Aizawa demi menyelamatkan nyawa ibunya yang sakit parah sampai akhirnya menghalalkan segala cara. Augh pokoknya sedih deh! Tapi kamu gak pernah bisa berhenti nonton!

3. Chemistry antara Suzuki Honami dan Oda Yuji berhasil menyihir penonton Tokyo Love Story (東京ラブストーリー)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. Fuji TV

Kalau drama yang ini memang sedikit lebih lawas, tapi ceritanya yang apik membuat hampir semua anak 90-an mengenangnya. Tokyo Love Story mengisahkan elegi percintaan Rika dan Kanji yang bikin penonton gregetan.

Dinamika kehidupan keduanya dan teman-teman mereka benar-benar mengaduk perasaan. Soundtrack-nya, Love Story wa Totsuzen ni juga membawa nostalgia banget!

4. Naksir berat sama cerita dan penampilan Kimura Takuya di Long Vacation (ロングバケーション)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. Fuji TV

Masa sih kamu gak pernah kesengsem dengan drama yang dibintangi Kimura Takuya ini? Ceritanya yang anti mainstream pada saat itu bikin orang-orang gak bisa berhenti mengikuti kisah Long Vacation. Oh iya, lagu pembuka bertajuk La La La Love Song dari Toshinobu Kubota juga bikin kamu pengin karaoke banget nih!

5. Beauty and the Beast versi drama Jepang ada di drama 101 Marriage Proposals (101回目のプロポーズ)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. Fuji TV

Ceritanya yang gak pasaran bikin kamu selalu penasaran sama kelanjutan 101 Marriage Proposal. Saking suksesnya drama ini juga dibuat re-make versi Korea dan Tiongkoknya lho! Namun versi original tentu punya tempat istimewa di hatimu.

6. Lika-liku hubungan lima orang sahabat yang menggugah hati ada di Ordinary People (あすなろ白書)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. Fuji TV

Cerita penuh dilema dan romansa antara lima sahabat ini benar-benar jago membuat penonton terpana. Termasuk kamu juga. Hampir sama dengan Long Vacation, soundtrack Ordinary People gak kalah populer dari pamor dramanya sendiri. Masa kamu gak inget sama tembang True Love dari Fujii Fumiya ini?

Baca Juga: 15 Potret Karir Ratu Pop Jepang Ayumi Hamasaki yang Eksis Hingga Masa Kini

7. Masih ingat Tamaki Aso dan Channel 2 News di Anchor Woman? (ニュースの女)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. TV Asahi

Drama yang satu ini sempat beken diputar tiap sabtu sore. Kisahnya soal dinamika kehidupan keluarga Tamaki Aso, seorang presenter berita sukses yang harus beradaptasi dengan anak tirinya dan begitu pula sebaliknya. Drama keluarga modern gitu deh. Kamu bisa ketemu Hideaki Takizawa waktu lagi imut-imutnya di sini!

8. Peran apik Kyoko Fukada dan Won Bin di Friends berhasil memenangkan hatimu!

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. TBS & MBC

Nah, kalau drama yang satu ini sedikit berbeda. Memang gak murni drama Jepang karena merupakan kerja sama antara Jepang dan Korea. Seperti judulnya, Friends, dimaksudkan untuk mempererat hubungan dua negara kali ya. Gak main-main mini drama ini diperankan oleh dua bintang paling bersinar pada masanya Kyoko Fukada dan Won Bin!

9. Aksi guru gaul dan kisah-kisah uniknya bikin kita doyan nonton Great Teacher Onizuka (グレート・ティーチャー・オニヅカ)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. Fuji TV

Petualangan seorang guru antimainstream dalam menaklukkan kelas berisi anak-anak bermasalah ii memang seru banget. Saking populernya drama ini, sampai ada sinetron Indonesia yang dibuat menyerupai kisah Great Teacher Onizuka lho. Pemerannya saat itu Tamara Bleszinsky, judulnya Opera SMU.

10. Benar-benar menangis seember, itu yang terjadi saat menonton One Litre of Tears (1リットルの涙)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. Fuji TV

Perjuangan Aya Kito yang divonis gak akan hidup panjang ini bikin kamu sesenggukan. Akting Erika Sawajiri benar-benar keren banget di sini. Penonton berhasil dibuat termehek-mehek karena cerita dan akting yang prima. Gak berbeda dengan Great Teacher Onizuka, One Litre of Tears juga sampai ditiru oleh sinetron lokal juga lho saking kerennya.

11. Cinta terlarang antara guru dan murid dikisahkan dengan mengharukan lewat drama Forbidden Lovers (魔女の条件)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. TBS

Yup, gak jauh beda sama judulnya, dorama ini bercerita soal cinta terlarang antara seorang guru muda dan murid laki-lakinya. Kisah cinta keduanya dipenuhi suka dan duka, namun berakhir bahagia.

Ah, bikin deg-degan setiap nonton. Yang paling gak bisa dilupakan adalah soundtrack bertajuk First Love dari diva Jepang Utada Hikaru! Jangan bilang kamu gak tahu lagu fenomenal ini!

12. Masih di masa kejayaan Hideaki Takizawa, sekarang dia adu peran dengan Kyoko Fukada di Strawberry on the Shortcake (ストロベリー・オンザ・ショートケーキ)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. TBS

Pokoknya ini adalah masa-masa keemasan bagi Hideaki Takizawa. Sejumlah drama unggulannya laris manis di Indonesia. Termasuk kisah S.O.S ini. Berbeda dengan sejumlah drama lain, lagu pembuka dan penutup drama ini menggunakan lagu hits grup legendaris asal Amerika Serikat, ABBA.

13. Mana boleh lupa dengan cerita gemes antara Naoki dan Kotoko di Itazura na Kiss (イタズラなKiss)

Sebelum Drama Korea, 13 Drama Jepang Ini Pasti Pernah Jadi Favoritmudok. TV Asahi

Mungkin beberapa dari kamu pernah jatuh hati sama si ganteng Takeshi Kashiwabara, pemeran Naoki di drama kocak ini. Cerita dan interaksi lucu antara Kotoko si ceroboh dan Naoki si idola sekolah memang bikin kita gemes menunggu lanjutannya. Ah, nostalgia banget rasanya.

Bagaimana, kangen gak nonton drama-drama Jepang yang pernah mendominasi acara televisi di masa lalu? Meski sama-sama dari Asia Timur, namun drama asal negeri sakura memang punya sesuatu yang khas dan berbeda dari drama-drama asia lainnya. Baik itu asal Tiongkok maupun Korea. Kapan ya bisa ada drama Jepang lagi di televisi? Kalau kamu paling suka drama yang mana? Tulis di kolom komentar yah!

Baca Juga: Sebelum Era Oppa Korea, Kamu Pasti Pernah Ngefans 11 Aktor Jepang Tampan Ini

Topic:

Just For You