Comscore Tracker

Nostalgia, Ini 5 Komik Aoyama Gosho yang Pernah Menemani Masa Kecilmu

Komik-komik karangan pencipta Detektif Conan, nih

Apakah kamu tahu serial komik Detekfif Conan? Yap, kisah mengenai seorang detektif bernama Shinichi Kudo yang diubah menjadi anak kecil oleh sebuah organisasi gelap. Shinichi yang bertubuh kecil akhirnya menggunakan nama Conan Edogawa dan memanfaatkan kepintarannya untuk mengungkap identitas organisasi gelap tersebut.

Kesuksesan Detektif Conan tentu tidak lepas dari pengarang yang membuatnya, yaitu Aoyama Gosho. Namun, tahukah kamu kalau karya lain Aoyama Gosho juga pernah diterbitkan di Indonesia. Meski tidak sepanjang Detektif Conan, 5 komik karya Aoyama Gosho ini pasti pernah menemani masa kecilmu.

1. Yaiba

Nostalgia, Ini 5 Komik Aoyama Gosho yang Pernah Menemani Masa Kecilmusuruga-ya.jp

Yaiba mengkisahkan seorang pemuda yang berlatih untuk menjadi seorang samurai sejati. Sejak kecil Yaiba tinggal di hutan bersama ayahnya sehingga memiliki sifat yang sulit diatur dan pemberontak. Suatu hari Yaiba disuruh pergi ke Jepang untuk melatih dirinya sendiri , di sana Yaiba bertemu dengan Onimaru yang nantinya akan menjadi rival terbesar Yaiba.

Komik ini memiliki total 24 volume yang diterbitkan di rentang waktu 1988-1993 dan berhasil memenangkan Shogakukan Manga Award. Di Indonesia sendiri, komik Yaiba terbit dari rentang waktu 2004-2005. Ceritanya yang mengandung nilai moral, humor, dan aksi yang menegangkan ini membuat Yaiba banyak disukai.

2. 3rd Base 4th

Nostalgia, Ini 5 Komik Aoyama Gosho yang Pernah Menemani Masa Kecilmumangaupdates.com

3rd Base 4th atau dikenal sebagai Yoban Sādo di Jepang adalah komik bertema baseball yang terbit di tahun 1990-an. Komik ini menceritakan seorang pemuda bernama Shigeo Nagashima yang payah dalam memukul bola dan merasa depresi akan hal itu. Suatu hari, Shigeo masuk ke sebuah toko dan membeli tongkat ajaib yang bisa membuat pemakainya memukul berbagai jenis bola.

Namun untuk memakainya, si pengguna harus menaruh sejumlah uang di kantung belakangnya dan pukulan yang dihasilkan akan disesuaikan dengan nominal uang tersebut. Semakin besar uang yang ditaruh, semakin bagus juga pukulan yang dihasilkan. 

Komik ini sendiri hanya muncul dalam satu volume dan berakhir dengan lepasnya ketergantungan Shigeo dari tongkat tersebut.

Baca Juga: Gak Cuma Shinichi & Ran, 10 Couple di Detective Conan Ini Bikin Iri

3. Magic Kaito

Nostalgia, Ini 5 Komik Aoyama Gosho yang Pernah Menemani Masa Kecilmuconannews.org

Komik ini menceritakan seorang pemuda bernama Kaitou Kuroba yang meneruskan pekerjaan ayahnya sebagai Kaitou Kid. Kaitou sendiri adalah anak SMA biasa yang memiliki bakat sebagai penyihir dan memiliki teman semasa kecil bernama Aoko Nakamori. Hubungan mereka sama Shinichi Kudo dan Ran Mouri dari komik Detektif Conan.

Komik ini memiliki total 4 volume, dimana 3 volume pertama terbit antara 1988-1994 dan volume ke-4 terbit pada tahun 2007. Komik ini sendiri bercerita tentang usaha Kaitou Kid dalam mencuri berbagai barang berharga dengan triknya yang tidak terduga. Tokoh Kaitou Kid juga sering muncul sebagai antagonis di komik detektif Conan.

4. Gosho Aoyama's Collection of Short Stories

Nostalgia, Ini 5 Komik Aoyama Gosho yang Pernah Menemani Masa Kecilmudetectivconan.wikia.com

Komik ini merupakan kumpulan cerita pendek yang pernah dikarang sendiri oleh Aoyama Gosho. Komik ini terdiri dari 6 cerita pendek, yaitu Play it again, Excallibur, Santa Claus in the Summer, Wait a Minute, The Detective George’s Job, dan i.

Kumpulan cerita pendek ini pernah terbit di Indonesia pertama kali pada tahun 2000-an dan untuk kamu yang millenial mungkin pernah membaca atau setidaknya melihat cover komik ini di toko buku.

5. Detektif Conan

Nostalgia, Ini 5 Komik Aoyama Gosho yang Pernah Menemani Masa Kecilmukakaku.com

Jika kita membahas Aoyama Gosho, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas komik karangannya yang menjadi favorit, yaitu Detektif Conan. Seperti yang sudah diceritakan di awal, komik ini menceritakan tentang seorang detektif bernama Shinichi Kudo yang dipaksa menjadi anak kecil oleh sebuah organisasi gelap. Shinichi Kudo menggunakan nama samaran Conan saat menjadi kecil dan harus menggunakan kepintarannya untuk kembali semula.

Sampai saat ini Detektif Conan telah mencapai lebih dari 1000 chapter dan masih akan berlanjut. Meski komik yang terbit pertama kali pada tahun 1994 ini cukup lama berlanjut, keseruan Conan dalam memecahkan berbagai misteri tetap menarik untuk diikuti. Terkadang hal ini membuat kita bertanya-tanya, darimana Aoyama Gosho mendapat ide membuat kasus misteri sebanyak itu, bukan?

Nah, jadi itulah 5 komik karangan kreator legendaris Aoyama Gosho. Saat ini Aoyama Gosho masih aktif mengerjakan serial Detektif Conan yang sudah mencapai 1000 chapter lebih. Apakah komik karangan Aoyama Gosho di atas ada yang pernah kamu baca?

Baca Juga: Jadul tapi Menghibur, 9 Serial Anak Ini Bikin Kangen Masa Kecil

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya