Comscore Tracker

Kece! 5 Film Ini Sukses Berkat Lagu Soundtrack Karya Melly Goeslaw

#2000an Bukan hanya Ada Apa Dengan Cinta saja lho!

Pecinta musik pastinya tahu kiprah dan karya Melly Goeslaw. Sejak menjadi vokalis di grup band Potret pada era 90-an, Mellydulu terkenal karena gayanya yang nyentrik dan juga lirik-lirik lagunya yang nakal. Hingga kemudian lepas dari Potret, Melly semakin produktif di dunia tarik suara.

Salah satu kelebihan Melly yang tidak banyak dimiliki penanyi lain adalah kemampuannya dalam menciptakan lagu-lagu soundtrack film jempolan. Di era 2000-an, ada beberapa film remaja yang ngetop karena selain plot ceritanya apik, juga terbantu lagu-lagu soundtrack keren yang dinyayikan Melly dan menjadi hits. Inilah beberapa film tersebut.

1. Ada Apa Dengan Cinta (2002)

Kece! 5 Film Ini Sukses Berkat Lagu Soundtrack Karya Melly Goeslaw21cineplex.com

Kalian yang menginjak masa remaja di era 2000-an, pastinya pernah menyaksikan film Ada Apa Dengan Cinta. Film romantis yang disutradari Rudi Soedjarwo dan dibintangi Dian Sastro, Nicholas Saputra ini sukses besar dan dianggap sebagai tonggak kebangkitan perfilman Indonesia. Bahkan, AADC ditayangkan di berbagai negara seperti Malaysia dan Singapura.

Selain plot cerita filmnya yang memang keren, sukses Ada Apa Dengan Cinta (AADC) juga didukung oleh lagu-lagu soundtrack yang dinyanyikan Melly Goeslaw dan musiknya digarap oleh suaminya, Anto Hoed. Lagu-lagu soundtrack AADC melegenda hingga kini seperti "Ku Bahagia", "Bimbang" "Suara Hati Seorang kekasih" juga "Ada Apa Dengan Cinta" yang berduet bersama penyanyi muda, Eric. 

Hayo, siapa yang dulu nonton AADC gak cukup sekali dan hingga kini hafal lirik lagu-lagunya.

2. Eiffel...I'm in Love (2003)

Kece! 5 Film Ini Sukses Berkat Lagu Soundtrack Karya Melly Goeslawmix.co.id

Di tahun 2003, perfilman Indonesia kembali diramaikan oleh kehadiran film drama remaja romantis berjudul Eiffel I'm in Love. Film yang disutaradarai oleh Nasri Cheppy ini dibintangi Samuel Rizal dan Shandy Aulia. Kisah film ini diangkat dari novel laris berjudul sama karya Rachmanita Arunita.

Dan, seperti suskes AADC, Melly Goeslaw kembali berhasil menghidupkan film ini lewat lagu-lagu soundtrack syahdu. Seperti lagu "Tak Tahan Lagi" "Bulan Kedua" dan "Pujaanku" yang ia nyanyikan bersama Jimmo. Lagu mana yang masih kalian ingat dari soundtrack film ini.

Baca Juga: Besutan Melly Goeslaw, Ini 5 Hits BBB yang Jadi Idola Remaja 2000an

3. Tentang Dia (2005)

Kece! 5 Film Ini Sukses Berkat Lagu Soundtrack Karya Melly Goeslawgenius.com

Di tahun 2005, setelah suskes dengan AADC, Rudi Soedjarwo kembali merilis film drama remaja keduanya di era 2000 berjudul "Tentang Dia". Meski tidak meledak dashyat seperti AADC, film yang dibintangi Sigi Wimala, Adinia Wirasti dan Fauzi Baadilah ini juga terbilang sukses kala itu.

Bahkan, film ini meraih penghargaan Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Adinia Wirasti). Pun, lagu-lagu Melly Goeslaw yang menjadi soundtrack di film ini seperti "Tentang Dia" feat Evan, "Biar Ini Saja Mengalir", "Cukup" dan "Cinta" yang dinyanyikan bersama Krisdayanti, mendapatkan respons positif. Bahkan, Anto Hoed (suami Melly) mendapatkan Piala Citra untuk Penata Musik Terbaik. Keren kan!

4. Apa Artinya Cinta (2005)

Kece! 5 Film Ini Sukses Berkat Lagu Soundtrack Karya Melly Goeslawdiscogs.com

Masih di tahun 2005, lagu-lagu Melly Goeslaw kembali menjadi soundtrack film Indonesia. Kali ini lewat film "Apa Artinya Cinta" yang disutradarai Sunil Soraya dan dibintangi Samuel Rizal serta Shandy Aulia.

"Apa Artinya Cinta" menjadi film drama keempat di awal era 2000-an yang dihiasi suara Melly sebagai pengisi lagu soundtrack. Beberapa lagu yang terkenal di film ini diantaranya "Pemabuk Cinta" dan "I'm Falling in Love". Namun, lagu paling terkenal adalah Apa Artinya Cinta yang dinyanyikan Melly bersama Ari Lasso.

5. The Butterfly (2007)

Kece! 5 Film Ini Sukses Berkat Lagu Soundtrack Karya Melly GoeslawYoutube.com/Aquarius Musikindo

Era 2000-an bisa dibilang merupakan era nya film drama persahabatan dan cinta. Di tahun 2007, sutradara Nayato Fio Nuala merilis film "The Butterfly" yang dibintangi Andhika Pratama, Debby Kristy dan Poppy Sovia. Film ini tayang perdana pada 10 Desember 2007.

Dan, seperti ingin mengikuti sukses film-film drama pendahulunya, The Butterfly juga diiringi lagu-lagu sondtrack yang musik nya digubah oleh Anto Hoed da Melly Goeslaw. Diantaranya lagu Butterfly dan Kupu-Kupu.

Nah, dari lima film drama remaja yang pernah tayang di awal era 2000-an itu, mana yang paling kamu suka. Lalu, lagu soundtrack hits Melly Goeslaw yang mana yang paling kalian hafal sampai sekarang?

Baca Juga: Lagunya Romantis, Ini 7 Rekan Duet Melly Goeslaw di Era 2000an

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You