Comscore Tracker

Cuma Anak 90an yang Tahu Serunya 5 Jenis Permainan Tradisional Ini!

#Replay90an nostalgia keseruan permainan jaman dulu

Gak perlu mahal, dengan bahan-bahan sederhana, anak era 90an bisa membuat permainan yang menyenangkan. Bukan itu saja, permainan yang hits di kalangan anak era 90an dan awal 2000an sarat dengan pembelajaran. Mulai dari mengasah keberanian, kemampuan, bahkan daya konsentrasi. 

Yuks mari bernostalgia dengan permainan-permainan tradisional berikut ini.

 

1. Gundu atau kelereng

Cuma Anak 90an yang Tahu Serunya 5 Jenis Permainan Tradisional Ini!lovelyajmi.com

Permainan yang satu ini biasanya digemari oleh kaum cowok-cowok. Eits, tapi para anak cewek juga memainkannya, bahkan ada yang lebih mahir ketimbang anak cowok. 

Di beberapa daerah ada yang menyebut permainan ini dengan sebutan "main kelereng", ada yang menyebutnya "main gundu". Bermain kelereng atau gundu ini membutuhkan kesabaran dan konsentrasi tinggi karena dalam permainan ini kamu harus bisa membidik kelereng lawan dengan kelereng yang kamu miliki. Permainan ini menjadi seru karena dimainkan secara tim.

2. Lompat tali

Cuma Anak 90an yang Tahu Serunya 5 Jenis Permainan Tradisional Ini!idntimes.com

Nah, kalo permainan tradisional berikut ini umumnya dimainkan para anak cewek. Dengan menggunakan karet gelang yang sudah digabungkan menjadi panjang, anak-anak era 90an bisa bermain dengan gembira. Biasanya dalam permainan ini 2 orang bertugas memegang tali, dan yang satu bermain dengan cara melompat.

Dalam permainan ini anak-anak bisa belajar mengenai kemampuan dan keberanian dalam menghadapi tantangan. Sebabnya dalam permainan ini, biasanya posisi tali akan berada dari tingkat terendah sampai yang tertinggi sehingga kamu harus bisa melewati semua tingkat tersebut dengan kemampuan dan keberanian yang kamu miliki. Gak itu saja, permainan ini juga bisa menjadi sarana olahraga. Gak sekedar bermain, tubuh pun bisa jadi sehat.

Baca Juga: 7 Lagu Pernikahan yang Hits di Tahun 90an

3. Dakon atau congklak

Cuma Anak 90an yang Tahu Serunya 5 Jenis Permainan Tradisional Ini!biascahaya.blogspot.com

Di beberapa daerah permainan tradisional ini disebut dakon. Ada pula yang menyebutnya congklak. Permainan ini menggunakan papan congklak yang memiliki 14 lubang yang berisi anak atau biji congklak. Siapa yang berhasil mengumpulkan biji congklak paling banyak, dialah pemenangnya. Butuh kesabaran dan kejujuran dalam permainan ini. Kalau ketahuan curang mainnya jadi gak seru deh.

4. Petak umpet

Cuma Anak 90an yang Tahu Serunya 5 Jenis Permainan Tradisional Ini!blogunik.com

Nah, kalau yang satu ini namanya adalah petak umpet. Satu orang bertugas berjaga sambil menutup mata dan berhitung, sedangkan yang lainnya bersembunyi di tempat yang tidak diketahui oleh penjaga. Keseruan pun terjadi saat penjaga berhasil menemukan teman-temannya bersembunyi. Tidak jarang dalam dalam permainan ini ada konflik kecil, seperti penjaga mengintip saat menjaga sebelum hitungan selesai atau ada seseorang yang memberitahu penjaga tempat persembunyian teman-temannya. Nah, kamu bisa tebak deh gimana endingnya kalo terjadi kecurangan. Jadi, dalam permainan ini harus jujur ya.

5. Permainan tradisional engklek

Cuma Anak 90an yang Tahu Serunya 5 Jenis Permainan Tradisional Ini!master303.org

Permainan tradisonal yang satu ini biasanya dimainkan lebih dari 2 orang dan setiap orang memiliki gilirannya masing-masing. Untuk cara bermain engklek, pertama kita harus menggambar kotak-kotak di aspal atau tanah tempat bermain engklek. Selanjutnya satu per satu pemain melompat melewati kotak-kotak dari awal hingga akhir sampai ada yang terjatuh maka akan dilakukan pergantian pemain. Nah, dalam permainan ini secara tidak sadar anak-anak bisa bermain sambil berolahraga dan melatih kekuatan mereka karena permainan ini cukup melelahkan, dimana ada saat kita melompat dengan satu kaki saja.

Seru ya guys! Rasa-rasanya jadi pengen lagi balik ke zaman dulu deh.

Baca Juga: 10 Snack Mie Jadul Era 90an, Jajanan yang Bikin Ngangenin!

Ocha Lubis Photo Verified Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You