Comscore Tracker

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Now

Buah masa kecilnya anak-anak 90an, nih!

Buah adalah salah satu makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai pendamping makanan berat. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan memang diperlukan untuk kebugaran tubuh disamping zat-zat lain. Umumnya, buah-buahan yang dikonsumsi banyak orang memiliki rasa manis serta kandungan air yang melimpah.

Namun, bagi anak-anak 90an, konsep buah-buahan menurut mereka tidak melulu tentang sesuatu yang manis, namun buah-buahan yang sebenarnya adalah sesuatu yang langsung dipetik langsung dari pohonnya. Tak peduli rasanya manis, asam, pahit, atau sepat sekalipun, mereka tetap bisa menikmati rasanya buah-buahan yang biasanya dikonsumsi langsung di atas pohon buah itu sendiri.

Dari sekian banyak buah-buahan yang dikonsumsi oleh anak-anak masa 90an, ada sebagian besarnya yang sudah langka dan sulit ditemukan di mana-mana. Apa saja jenis buah-buahan tersebut?

1. Kecapi.

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttp://cintaihidup.com

Buah yang namanya mirip seperti alat musik ini berbentuk bulat sebesar bola kasti. Warnanya ada yang hijau, namun kebanyakan berwana kuning keemasan dengan bulu-bulu halus di seluruh permukaannya.

Rasanya manis agak asam sesuai dengan jenis buahnya. Yang unik, cara membuka buah ini yaitu dengan menjepitnya di pojok pintu sampai buah terbelah.

2. Delima.

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttp://hiv.autoimuncare.com

Buah yang sering dijadikan kosakata ‘merah-merah delima’ ini memang memiliki warna yang menarik. Isi di dalamnya berupa biji kecil-kecil dengan sedikit daging berwarna merah muda atau semi transparan yang rasanya manis dan sedikit asam.

Buah delima biasa dijadikan campuran untuk rujak bebek.

3. Kesemek.

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttp://www.exaids.com

Buah ini sering disebut sebagai buah yang genit karena di seluruh permukaannya dipenuhi oleh bedak-bedak yang akan menempel di tangan jika disentuh. Buah ini berwarna oranye jika sudah matang.

Rasanya yang manis menjadikan buah ini populer dan digemari bukan hanya oleh anak-anak, namun juga disukai oleh orang dewasa.

4. Juwet atau Duwet (Jamblang).

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttps://www.tokopedia.com

Buah ini biasa disebut dengan anggur sepat karena bentuknya mirip anggur dengan rasa yang sepat. Kulit luarnya biasanya berwarna biru keunguan, hitam dan biru, bahkan ada beberapa varietasnya yang berwarna putih.

Buah ini berbentuk bulat agak lonjong dengan rasa yang agak manis, asam dan sedikit sepat.

5. Kersen.

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttps://www.linkedin.com

Pohon buah kersen bisa ditemui di belakang rumah atau sekolah karena pohonnya mudah tumbuh di mana saja. Buah yang bentuknya sedikit lebih besar dari kelereng ini jika sudah matang akan berwarna merah menggoda.

Rasanya yang manis dengan sensasi biji kecil-kecil di dalamnya yang akan muncrat saat digigit ini menjadikan buah kersen sangat digemari. Daun buah kersen ini pun bisa dijadikan salah satu bahan untuk membuat gelembung udara.

6. Uni atau Buni.

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttp://bibitbunga.com

Buah yang mirip (maaf) kotoran kambing ini memiliki warna ungu dan berbentuk bulat kecil-kecil. Dalam satu tangkainya saja, terdapat banyak buah uni yang menempel di setiap sisinya yang bergerombol.

Karena kandungan air buah ini berwarna ungu kemerah-merahan, buah ini sering dijadikan bahan candaan sebagai darah ketika sedang bermain.

7. Gowok.

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttps://www.youtube.com

Buah ini termasuk suku jambu-jambuan yang berbentuk bulat dengan warna kulit berbentuk merah jika masih mentah, dan akan berubah menjadi ungu jika sudah matang.

Buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak dengan rasa manis yang berpadu dengan asam dan sepat. Daging buahnya berwarna putih dan terasa kenyal saat digigit.

8. Lobi-lobi.

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttp://topfoodfacts.com

Jika sudah matang, buah lobi-lobi akan berwarna merah menyala menggoda. Rasanya agak asam dan sedikit manis di bagian dagingnya. Lobi-lobi bisa dimakan langsung atau bisa juga dijadikan manisan, asinan, rujak, atau malah dibuat menjadi selai. Lobi-lobi juga dipercaya bisa menyembuhkan diare.

9. Ceremai.

9 Buah Ini Dijamin Sudah Susah Ditemukan Sama Kids Zaman Nowhttps://www.deherba.com

Buah bulat sebesar kelereng berwarna kuning ini rasanya benar-benar asam. Namun, meski asam, buah ini sering dikonsumsi anak-anak 90an dan menjadi hiburan tersendiri saat dimakan bersama teman-teman sepermainan di atas pohonnya langsung. Saat makan buah ini, mata anak-anak akan terpejam setengahnya karena tidak kuat dengan rasa asamnya.

Bagi ‘kids zaman now’, pernahkah merasakan salah satu dari 9 jenis buah masa kecil tersebut di atas?

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya