Comscore Tracker

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi Misteri

#Throwback Lucu-lucu kangen gimana gitu ya?

Selain mitos zaman dulu, ada lho beberapa hal unik yang sering menjadi pertanyaan anak-anak yang jawabannya masih belum ditemukan hingga sekarang. Pertanyaan sederhana tersebut biasanya akan berakhir dengan sebuah penyataan buntu. Tak ada jawaban pasti, dan anehnya orang tua zaman dulu seolah membiarkan anak-anak dan remaja berpikir sendiri mengenai pertanyaan yang sudah lama mengendap dalam pikiran.

Wajib diketahui para generasi millennials nih, ada beberapa hal-hal unik yang menjadi misteri hingga sekarang karena tak kunjung menemukan jawaban pasti. Meski sederhana karena menyangkut dengan kehidupan sehari-hari, hal unik tersebut ternyata masih diingat hingga sekarang. Lalu, apa saja sih hal-hal unik yang jarang sekali diperdebatkan oleh anak-anak zaman dulu? Simak yu dalam uraian berikut ini.

1. Ada yang tahu siapa nama ayah dan ibu Budi?

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi MisteriMalesbanget.com

Ketika kamu masuk di awal-awal SD, pasti akan mendengar kalimat ini: “Ini Budi, ini ibu Budi, ini bapak Budi,”. Bahkan, hingga kamu sudah menginjak bangku kelas 6 sekalipun, kalimat-kalimat tersebut masih terngiang-ngiang dalam pikiran.

Yang menjadi misteri hingga sekarang, ibu atau bapak guru sama sekali tidak memberitahukan siapa sebenarnya nama ibu dan ayah Budi. Lah, kalau ketemu di jalan kan bingung mau manggil apa coba?

2. Misteri tiupan serutan bulat kaca

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi MisteriTeytanus.blogspot.co.id

Eits, jangan ‘kotori’ pikiran kamu ketika mendengar serutan bulat dengan cermin di salah satu sisinya ya. Selain terkenal sebagai ‘alat iseng’ untuk mengetahui warna dan motif ‘dalaman’ teman-teman satu kelas, serutan jadul tersebut memiliki ‘petuah’ yang masih dipercaya hingga sekarang: “jangan meniup lubang serutan karena bisa membuat serutan tumpul”.

Ketika kecil, apa kamu pernah meniup lubang serutan yang menyebabkan alat tersebut menjadi tumpul? Nah, pertanyaan tersebut masih misterius lho hingga sekarang.

3. Kamu pernah jadi ‘Anak Bawang’?

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi MisteriKopi-ireng.com

Secara kasat mata, anak bawang adalah bawang kecil-kecil yang melekat pada induk bawang yang besar-besar. Namun, di dunia kanak-kanak, ‘anak bawang’ merupakan anak kecil yang dianggap belum cukup umur namun diikutsertakan dalam beberapa kegiatan, misalnya sekolah atau bermain.

‘Anak bawang’ biasanya akan mendapat perlakuan istimewa dan ‘hukuman’ tak berlaku bagi mereka meski mereka melakukan kesalahan. Coba ngaku, siapa yang pernah merasakan nikmatnya jadi ‘Anak Bawang’?

4. Film Warkop apa Film Dono?

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi MisteriTrivia.id

Film Warkop DKI adalah film komedi yang paling ditunggu anak-anak generasi 80-90an. Trio Dono, Kasino, Indro ini berhasil memerankan berbagai watak dan karakter yang begitu diingat dan tak terlupakan. Tapi tahukah kamu, saat menonton film Warkop, anak-anak zaman dulu sama sekali tidak menyebut film tersebut dengan sebutan ‘Film Warkop DKI”, melainkan menyebutnya dengan “Film Dono”.

Lah, personelnya kan bukan hanya Dono kan?

5. Benarkah nasi bisa menangis?

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi MisteriSandiegofreepress.org

Kamu pernah diomeli ibu ketika makan dengan menyisakan remah-remah nasi di atas piring? Jika iya, pasti kamu sering mendengar kalimat ajaib penuh makna: “Habiskan nasinya jangan ada sisa, nanti nasinya nangis”. Kamu mungkin penasaran kan dengan mencomot butiran nasi dan melihatnya begitu dalam hingga menitikkan air mata membayangkan nasi yang (kata ibu) menangis.

Lah, yang menangis nasi atau si anak yang makan nasi?

6. Minta uang ke kapal terbang, dikabulkan kah?

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi MisteriYoutube.com/Cijolang Mania

“Kapaaal, minta uang!!” adalah ucapan khas yang dilengkingkan kuat-kuat oleh anak-anak zaman dulu ketika melihat kapal lewat di sekitar lapangan tempat bermain. Saking penasarannya, ada beberapa diantaranya yang nekat mengejar-ngejar kapal hingga ke kampung sebelah.

Lalu, benarkan kapal bisa mengabulkan keinginan anak-anak ketika mereka meminta uang?

7. Kreatif atau kurang kerjaan?

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi MisteriArah.com

Ada-ada saja ya kelakuan anak-anak zaman dulu yang tak terlupakan hingga sekarang. Saat melihat foto artis atau foto teman-temannya yang tergeletak asal di atas meja, akan selalu saja ada anak yang memiliki ide kreatif. Ide kreatif tersebut dilakukan dengan cara menambah atau mengurangi bentuk wajah atau aksesori yang dipakai dalam foto tersebut.

Bisa dengan membuat ompong wajah artis yang tersenyum, memberikan tahi lalat, menambahkan kaca mata, kumis tebal, bahkan membuatnya menjadi badut. Ini namanya kreatif atau memang kurang kerjaan ya?

8. Misteri meletusnya balon hijau

Lucu & Bikin Kangen, 8 Hal ‘Unik’ Masa Kecil yang Masih Jadi MisteriPhoto by Gaelle Marcel on Unsplash

Hafal dengan lirik lagu ‘Balonku’ yang kerap dinyanyikan ketika kamu masih kecil? Yuk, coba ikuti nyanyian berikut ini: “Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya. Merah, kuning, kelabu, merah muda dan biru. Meletus balon hijau, dor! Hatiku sangat kacau, balonku tinggal empat, kupegang erat-erat,”.

Coba pikir, mengapa yang meletus balon berwarna hijau padahal warna tersebut tidak ada dalam kumpulan balon tersebut. Ada apa gerangan dengan balon warna hijau?

 

Generasi millennials ada yang bisa menjelaskan 8 misteri di atas?

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You