Ingat Gak? Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil Sehari Setelah Lebaran

Siapa yang uang angpao-nya paling banyak?

Momen Lebaran memang banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk saling melepas rindu bersama anggota keluarga dan sahabat di kampung. Jika pada hari pertama Lebaran biasanya orang akan berkumpul di satu rumah anggota keluarga yang dituakan, maka hari kedua dan selanjutnya biasanya setiap orang akan disibukkan dengan kegiatannya masing-masing.

Terutama anak-anak, biasanya ada sederet kegiatan seru yang mungkin pernah kamu alami semasa kecil. Yuk, sejenak bernostalgia dengan kenangan-kenangan indah ketika sudah melewati Lebaran di hari pertama.

1. Menghitung jumlah total angpao bersama kerabat

Ingat Gak? Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil Sehari Setelah Lebaranloop.co.id

Siapa sih yang tidak ingin mendapat angpao di hari Lebaran? Yup, hampir sebagian besar anak-anak memang mengharapkan banyak mendapat angpao dari kerabat jauh yang sudah memiliki penghasilan. Karena di hari pertama Lebaran jumlah total angpao belum mencapai hasil final, maka di hari kedua biasanya mereka menghitung total bersama anggota keluarga lain.

Uang-uang pecahan itu biasanya diletakkan begitu saja di atas lantai sambil dihitung satu demi satu. Ketika ada yang mendapat jumlah angpao paling besar, mereka akan serta merta berkata bahwa angpao lebih itu akan dibelikan makanan ringan untuk disantap bersama. Sedari kecil, mereka sudah diajari kebaikan tentang indahnya berbagi.

2. Belanja mainan di ‘Pasar Ceplak’

Ingat Gak? Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil Sehari Setelah Lebaranyoutube.com

Pasar Ceplak adalah salah satu dari sekian banyak pasar di tanah air yang hanya akan muncul setahun sekali, tepat sehari setelah Lebaran. Pasar Ceplak merupakan sebutan pasar di sudut kota Serang-Banten yang khusus menyediakan barang-barang mainan untuk anak kecil.

Pasar Ceplak merupakan tempat di pinggiran jalan setapak para pendatang yang akan mengunjungi situs Banten Girang untuk melakukan wisata ziarah. Sementara orangtua melakukan ziarah, anak-anak dibiarkan belanja mainan sepuasnya di Pasar Ceplak.

3. Piknik ke pantai atau kolam renang

Ingat Gak? Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil Sehari Setelah Lebaranjejakpiknik.com

Liburan Lebaran tanpa melakukan wisata itu memang terasa kurang lengkap ya? Apalagi ketika sedang kumpul-kumpul keluarga besar, rasanya sangat sayang jika kesempatan besar ini terlewatkan begitu saja tanpa piknik. Ketika diberikan pilihan, dua tempat yang paling sering dituju adalah pantai atau kolam renang. Entah mengapa, anak-anak memang suka bermain air sehingga tujuan mereka piknik tidak jauh-jauh dari pantai dan kolam renang.

4. Jalan-jalan ke mall dan minimarket

Ingat Gak? Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil Sehari Setelah Lebarangracemelia.com

Ada sebagian masyarakat yang menghabiskan liburan Lebaran dengan piknik ke pantai atau kolam renang, namun ada juga yang sudah puas dengan hanya keliling mall. Daripada bermacet-macet ria menuju lokasi pantai yang jaraknya jauh, lebih baik menghabiskan waktu kebersamaan dengan segala fasilitas yang ada di mall: belanja, makan bersama, nonton bioskop, atau bermain game. Jika tidak ke mall pun, anak-anak sudah cukup puas berbelanja makanan ringan sepuasnya di minimarket.

5. Bertukar kue kering

Ingat Gak? Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil Sehari Setelah Lebarantokopedia.com

Eh, kamu masih ingat gak, ada satu kebiasaan unik yang pernah dirasakan ketika kecil sehari setelah Lebaran? Yup, kebiasaan tukar kue kering biasanya dilakukan melalui sebuah kesepakatan anak-anak di satu kampung. Karena masing-masing membuat kue yang berbeda, maka masing-masing anak biasanya akan membawa kue dari rumah yang dimasukkan dalam kantong kresek.

Mereka biasanya akan berkumpul di gardu, rumah pohon, gubuk daun, dan sejenisnya untuk saling bertukar. Kemudian akan diimakan bersama-sama sambil ngobrol tentang kehidupan masing-masing. Seru ya?

6. Main di luar rumah sampe sore

Ingat Gak? Ini 6 Kegiatan Seru Masa Kecil Sehari Setelah LebaranNu.or.id

Tentu saja, momen liburan Lebaran sering dijadikan kesempatan besar anak-anak kecil untuk bermain. Jika pada hari-hari biasa mereka disibukkan dengan tugas sekolah dan lainnya, maka pada momen liburan Lebaran biasanya mereka akan bermain sepuasnya hingga petang menjelang. Bagi anak-anak, tak ada yang lebih membahagiakan selain berkumpul bersama teman-teman sebaya dan sepermainan untuk melakukan kegiatan yang disuka tanpa terbebani dengan peraturan-peraturan yang mengekang kebebasan.

Ketika mereka sedang bekumpul untuk bermain, waktu biasanya terasa mendadak berhenti. Dan mereka akan pulang ke rumahnya masing-masing dengan kesan bahagia yang terbawa hingga mereka tidur. Ah, senangnya ya?

Adakah kegiatan seru lainnya yang pernah kamu ikuti di masa kecil dulu? Share di sini ya, siapa tahu ada kesamaan antara daerah satu dengan daerah lainnya. Indahnya berbagi!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You