Comscore Tracker

Bikin Baper Abis, Throwback 6 Film Romantis Asia di Tahun 90an

#PanjatPoin Kapanpun, cinta tak akan pernah kenal usia

Kalau kalian pernah menonton Dilan 1990, film dengan latar tahun 1990 ini telah berhasil menguras emosi penontonnya dan mendapatkan penghargaan film terbaik IMAA Awards tahun 2018. Ingin menonton film bergenre serupa pada era 90an?

Tenang saja, khusus buat kalian, kali ini ada beberapa film Asia romantis era 90an yang bisa membawamu menyusuri waktu ke zamannya. Apa saja? yuk kita Throwback bersama! 

1. Christmas in August (1998)

Bikin Baper Abis, Throwback 6 Film Romantis Asia di Tahun 90anjediprincess.com

Christmas in August adalah film Korea Selatan yang diproduksi pada tahun 1998. Film yang disutradarai oleh Hur Jin Ho ini mengisahkan tentang Jung-won dan Da-rim. Jung-won (Han Suk-kyu) adalah seorang pria berusia 30 tahun yang bekerja sebagai fotografer dan mengelola studio foto. Sehari-hari Jung-won terlihat ceria, namun memiliki rahasia yang disembunyikan.

Berbeda karakter dan latar belakang dengan Jung-won, Da-rim (Shim Eun Ha) adalah seorang petugas pencatat pelanggaran parkir yang memiliki karakter keras dan tidak sabaran. Pertemuan pertama antara Da-rim dan Jung-won terasa unik, karena memperlihatkan kekontrasan karakter antar keduanya. 

2. Comrades, Almost a Love Story (1996)

Bikin Baper Abis, Throwback 6 Film Romantis Asia di Tahun 90anasianfilmvault.com

Comrades, Almost a Love Story adalah film Hongkong yang dirilis pada tahun 1996 dan disutradarai oleh Peter Chan Ho-Sun. Film ini mengisahkan perjalanan cinta Xiao Jun dan Li Chiao.

Xiao Jun (Leon Lai), seorang warga China yang merantau dari kampungnya ke Hong Kong untuk bekerja. Saat merantau, dia berteman dengan Li Chiao (Maggie Cheung) yang membantu sekaligus memanfaatkannya untuk banyak proyek. Keduanya adalah pekerja keras yang berjuang untuk mewujudkan cita-citanya masing-masing demi kehidupan yang lebih baik. 

Pertemanan fungsional ini pun berkembang menjadi “friends with benefit”. Setelah berlangsung beberapa bulan, mereka harus berpisah dan memilih jalan yang berbeda karena satu dan lain hal.  Namun saat mereka berpisah, mereka merasa ada yang kurang. Masih ada cinta di antara mereka.

Film ini memang terkesan memiliki alur yang sederhana, namun mampu memperlihatkan detail realita kehidupan tiap tokohnya. Film ini telah menularkan emosinya kepada para penonton. Salah satunya adalah akting Maggie Cheung yang berhasil menyampaikan perasaan Li Chiao hanya dengan melalui perubahan ekspresinya. 

3. Love Letter (1995)

https://www.youtube.com/embed/htqy1gtH5lU

Love Letter, sebuah film Jepang yang rilis di tahun 1995 silam yang telah membawa penontonnya merasakan aura tahun 1995 dengan begitu fantastis.  

Film ini menceritakan tentang Hiroko yang melihat buku tahunan SMP milik Itsuki, tunangannya yang meninggal karena kecelakaan. Diam-diam Hiroko mencatat alamat rumah Itsuki saat SMP. Karena iseng, Hiroko menulis surat pendek ke alamat Itsuki saat SMP, tak disangka, surat yang dikirim oleh Hiroko mendapat balasan. 

Bagaimana bisa? Itulah yang cukup menarik dalam film ini. Alur yang maju dan mundur ke zaman Itsuki masih SMP meninggalkan kesan tersendiri pada para penontonnya. Terlebih, dalam film ini Miho Nakayama berhasil memainkan 2 peran yang memiliki karakter berbeda.

Baca Juga: Bosan dengan Film Hollywood, 7 Film Asia Ini Tidak Kalah Keren!

4. Chungking Express (1994)

Bikin Baper Abis, Throwback 6 Film Romantis Asia di Tahun 90anmedium.com

Chungking Express adalah sebuah film drama Hong Kong tahun 1994 yang ditulis dan disutradarai oleh Wong Kar-wai. Film ini menceritakan dua polisi yang patah hati lalu menemukan wanita yang mengobati mereka dari patah hati yang dialami sebelumnya. 

Film ini menceritakan bagaimana takdir atau pilihan kita bisa mempertemukan kita dengan orang yang tepat. Menariknya lagi film ini menjadi film favorit dari sutradara terkenal di dunia yakni Quentin Tarantino. 

5. Whisper of the Heart (1995)

Bikin Baper Abis, Throwback 6 Film Romantis Asia di Tahun 90anltrbxd.com

Whisper of the Heart atau judul aslinya Mimi wo Sumaseba adalah film paling laris di tahun 1995. Film animasi ini menceritakan kisah seorang anak perempuan bernama Shizuku Tsukushima. 

Saat liburan musim panas, dia menghabiskan waktu membaca buku yang disukainya dari perpustakaan. Secara kebetulan, dia menemukan nama peminjam sebelumnya. Nama itu begitu misterius baginya karena sering muncul di setiap buku yang dipinjamnya, namanya Seiji Amasawa.

Tidak berselang lama Shizuku bertemu dengan Seiji Amasawa. Saat itulah cerita mereka dimulai.

6. White Valentine (1999)

https://www.youtube.com/embed/Qkv7Nl57li4

White Valentine  adalah sebuah film yang mengisahkan tentang seorang gadis bernama Jung Min (Jun Ji Hyun), yaitu seorang gadis periang yang senang menulis surat untuk seorang pria yang bernama Hyun Jun (Park Shin Yang) .Satu ketika, Hyun Jun pindah ke desa tempat Jung Min tinggal. Nah, saat itulah mereka bertemu. Lalu apa yang terjadi antara mereka berdua?

Film ini memang memiliki alur cerita yang sederhana, namun berhasil dikemas dengan visualisasi yang bagus dan akhir cerita yang tidak terduga. 

Nah, apa ada yang sudah kalian tonton? atau ada yang akan segera menontonnya? Jangan lupa, siapkan cemilan untuk menemanimu mengarungi era 90an. Selamat menonton!

Baca Juga: 5 Film Asia yang Menunjukkanmu Sisi Kelam Kehidupan Remaja

Indra Dwi Prakoso Photo Community Writer Indra Dwi Prakoso

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You