Comscore Tracker

13 Lagu Lawas Terbaik Utada Hikaru yang Bikin Kamu Terkenang Masa Lalu

You are always gonna be my love, Itsuka~

Tak terasa First Love sudah berusia 19 tahun! Melodi nada dan vokal penyanyinya yang manis mendayu serta mengena di hati membuatnya wajar didapuk sebagai lagu cinta sepanjang masa di Jepang. 

Utada Hikaru menulis, menyusun dan menggubah sendiri setiap lagu ciptaannya; tentu itu semua memerlukan kemampuan profesional yang tinggi. Darah seni ia warisi dari kedua orangtuanya yang telah bergelut di dunia musik. Ia diakui sebagai penyanyi no. 1 di negara asalnya dan sempat tercatat sebagai pembayar pajak tertinggi kedua setelah Ayumi Hamazaki. Meski bukan yang pertama mengenalkan R&B ke Asia Timur, dialah yang pertama kali merubah selera musik orang Jepang yang kala itu pasar musiknya masih konvensional dan didominasi penyanyi Enka.

Coba aja dengerin lagu-lagu lawas utada hikaru berikut ini, barangkali selera musikmu juga ikut berubah.

1. Automatic

Menjadi pintu awal kesuksesan karirnya, Utada Hikaru memulai debut dengan lagu ini.

Automatic diputar di beberapa radio untuk pertama kalinya pada suatu malam di tahun 1998. Keesokan harinya Hikki—sapaan akrab Utada Hikaru, yang kala itu berusia 16 tahun dan duduk di bangku SMA diberitahu teman-teman sekelasnya bahwa ia telah menjadi terkenal dalam satu malam. Hal ini dikarenakan gaya musik R&B/Pop-nya yang berbeda dan tak pernah ada di Jepang sebelumnya. Lagu ini memenangkan beberapa penghargaan seperti "Honorable Mention Songs" pada Japan Record Awards ke-41; "Song of The Year" pada Japan Gold Disc Award ke-14 dan JASRAC Gold Award pada tahun 2000.

https://www.youtube.com/embed/-9DxpPiE458

2. First Love

Lagu ini bisa dibilang lagu yang paling melekat pada image seorang Utada Hikaru sampai kapan pun. 

Dirilis pada 28 April 1999 sebagai single ketiganya, First Love pernah menjadi lagu yang paling sering dinyanyikan di Karaoke Jepang dan menjadi soundtrack drama "Majo no Joken" yang dibintangi Hideaki Takizawa. Di PV ini sendiri, beberapa scene mengesankan diambil menggunakan kamera berkecepatan tinggi.

https://www.youtube.com/embed/o1sUaVJUeB0

3. Final Distance

Kisah sedih mengiringi perilisan single kedelapan Hikki ini. Sebuah kasus penusukan di sekolah menewaskan seorang siswi bernama Yamashita Rena di Ikeda, Osaka. Rena sebelumnya memenangkan kompetisi essay dimana ia menulis keinginan besarnya untuk menjadi penyanyi seperti Utada Hikaru. Hikki yang mendengar tentang ini akhirnya merubah lirik dan musik Final Distance yang mulanya ceria menjadi lebih kelam dan sendu demi mendedikasikannya untuk Rena.

Di titik ini, video-video musik Hikki mencapai level kualitas yang lebih tinggi berbarengan dengan dirinya yang mulai bekerjasama dengan mantan suaminya, Kazuaki Kiriya. Di era itu pula sebagian besar PV-nya dianggap indah mengagumkan, menyimpan simbol-simbol tersembunyi dan mengandung arti mendalam.

https://www.youtube.com/embed/pKbPKxlh3Yo

4. Traveling

Sangat kontras dari Final Distance,singleHikki kesembilan ini justru sangatupbeatdan menyebarkan keriangan. Bisa dikatakan PV ini merupakan kelanjutanstoryline PVFinal Distance yang dikemas dengan gaya futuristik post-modern.Travelingmemenangkan banyak penghargaan diantaranya "Best Art Direction Video", "Best Female Video", "Best Video of The Year"dan "Best Music Video" dariSSTV; "Song of The Year" dan"Music Video of The Year" padaJapan Gold Disc Awardke-16; sertaJASRAC Silver Award pada 2003.

https://www.youtube.com/embed/tuyZ9f6mHZk

5. Hikari

Menjadi single pertama Hikki tahun 2000, lagu ini sangat terkenal di barat karena versi bahasa Inggrisnya Simple and Clean menjadi tema lagu game PlayStation "Kingdom Hearts". Hikari meraih penghargaan Golden Disc Award 2003 untuk kategori "Song of The Year" serta JASRAC Silver Award (for Foreign Works). 

https://www.youtube.com/embed/AlMdDpUWFFI

6. Sakura Drops

Sakura Drops menjadi penutup video musik "Kiriya Trilogy" setelah Final Distance dan Traveling. Visualnya yang menarik terinspirasi dari pelukis ternama Jakuchu Ito. Memenangkan SSTV dan MTV JAPAN Awards untuk "Best Female Video" serta "Song of the Year" pada Japan Golden Disc Award.

https://www.youtube.com/embed/jYDM0sYfqnM

7. Dareka no Negai ga Kanau Koro

Dareka no Negai ga Kanau Koro dalam bahasa Indonesia berarti ketika harapan seseorang terkabul. Hikki terinspirasi menulis lagu ini setelah membaca manuskrip film CASSHERN yang disutradarai suaminya saat itu, Kazuaki Kiriya. Selain menjadi pengisi soundtrack di film itu, Hikki juga terlihat membintangi PV lagu ini bersama para pemainnya. 

https://www.youtube.com/embed/mYE_YmXSFu0

8. Prisoner of Love

Prisoner of Love menjadi tema lagu drama "Last Friends" yang dibintangi aktor dan penyanyi Ryo Nishikido. 

Peralatan yang terlihat di PV adalah peralatan yang benar-benar digunakan Hikki untuk rekaman dan memberi gambaran pada penggemar proses kreatif Hikki saat menciptakan lagu. 

https://www.youtube.com/embed/6bDyqwwH4Xs

9. Deep River

Manis, menyentuh, dan menenangkan. Termasuk dalam album studio Utada Hikaru ketiga yang berjudul sama, DEEP RIVER, lagu ini berbicara banyak tentang kasih sayang orang tua, serta manusia sebagai seorang individu. Di perilisan Utada Hikaru Single Clip Collection Vol. 3 UH3, video klip ini memiliki prolog dimana Hikki membacakan puisi yang ia tulis sendiri.

https://www.youtube.com/embed/nFALDr7DSpc

10. Be My Last

Be My Last terpilih menjadi lagu tema film Haru no Yuki aka Snowy Love Fall in Spring yang merupakan adaptasi novel sastrawan ternama Jepang, Yukio Mishima, dengan judul yang sama. Lagu ini memenangkan "Song of The Year" pada Japan Gold Disc Award ke-20.

https://www.youtube.com/embed/NFWQpe3P1_g

11. Passion

Passion atau versi bahasa Inggrisnya, Sanctuary, menjadi lagu tema video game "Kingdom Hearts II". Disyuting di Beijing, Hikki memperhatikan cara penari latarnya bergerak untuk memandunya menarikan koreografi; potongan-potongan animasi di video ini adalah karya animator Koji Morimoto yang pernah bekerja sama dengan Hikki sebelumnya.

https://www.youtube.com/embed/kT-YtuzNqIY

12. Keep Tryin'

Kalimat-kalimat pemberi semangat di lagu ini pasti bawa bete-mu hilang! Nuansanya pop kuat disertai aransemen yang menggugah dan vokal Hikki yang khas. Liriknya yang lucu juga memperlihatkan evolusi penyanyinya dalam menulis lagu. 

https://www.youtube.com/embed/cjio2Yrim4w

13. Flavour of Life

Karya ini menjadi hit besar di Jepang dan sempat mengisi soundtrack drama yang tengah booming kala itu, Hana Yori Dango aka Boys over Flowers Returns, yang dibintangi member boyband Arashi, Jun Matsumoto dan aktor Shun Oguri. Hikki yang sempat ditawari untuk memainkan peran utama wanita disana menolak sambil berkata bahwa ia tak pernah merasa jalannya akan pernah melenceng dari musik. PV keren lagu ini diambil dalam bagian penampilan tunggal, memberi rasa yang mendekati dokumenter dan memperlihatkan seperti apa sesi rekaman yang sebenarnya.

https://www.youtube.com/embed/tpk0PxK-c5E

Itu dia tembang-tembang lawas dari Utada Hikaru. Duh, jadi kangen masa-masa itu!

Intan Andini Photo Community Writer Intan Andini

just a different kind of ordinary girl; a full-time dreamer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You