Comscore Tracker

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90an

Bikin rindu, berasa nostalgia ke zaman sekolah

“Hemat pangkal kaya.”

Sudah tidak asing dengan peribahasa tersebut, bukan? Ya, karena peribahasa tersebut sering disampaikan, baik saat di sekolah, maupun di rumah. Karena hal itulah, anak-anak selalu dilatih untuk menabung atau menyisihkan uang jajannya.

Melatih anak untuk tidak menghambur-hamburkan uangnya sejak dini adalah suatu hal yang sangat baik. Karena dengan itu, anak-anak menjadi tahu bagaimana me-manage uang, mana uang untuk jajan dan mana uang untuk masa yang akan datang.

Di zaman sekarang, anak-anak sudah diberi wadah untuk bisa menyimpan uangnya dengan menabung di bank. Berbeda dengan anak di era 90-an. Di mana sebagian besar anak-anak lawas 90-an belum cukup mengenal adanya bank, maka dari itu mereka mempunyai 8 tips menyimpan uang yang unik dan sempat hits, lho. Berikut 8 tips menyimpan uang ter-hits ala generasi 90-an:

1. Di celengan

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90anBerbagai sumber

Menabung di celengan ini sempat nge-hits di era 90-an, terutama celengan berbentuk ayam dan kendi yang terbuat dari tanah liat. Namun, seiring berjalannya waktu, celengan tanah liat mulai memiliki variasi yang beraneka ragam.

Tak hanya itu, celengan ayam pun tak hanya dari tanah liat saja, namun dari bahan selain tanah liat juga ada. Kalau kalian pernah pakai celengan yang mana nih? Dari tanah liat atau non tanah liat?

2. Nabung di sekolah

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90antokopedia.com

Tak hanya nabung di rumah, melalui celengan, pihak sekolah pun melatih anak-anak untuk menabung. Di mana menabungnya dengan cara menyetorkan uang kita berapapun ke salah satu guru yang mengkoordinir atau wali kelas dan uang yang disetor, dicatat di buku tabungan.

Buku tabungan inilah yang sempat hits di zamannya. Adakah yang dulu punya buku ini sampai bertumpuk-tumpuk?

3. Titip ke orang tua

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90anblog.sfgate.com

Cara menyimpan uang ter-hits lainnya adalah dengan menitipkan uang ke orang tua. Dan kebanyakan anak-anak menitipkannya ke ibu. Cara menyimpan uang yang satu ini sebenarnya antara aman dan gak aman.

Amannya karena uang kita akan tetap utuh dipegang orang tua karena kalau mau digunakan sesuatu yang kurang urgent, pasti sudah kena omel. Walhasil, uang kita akan tetap utuh. Namun, nggak amannya karena ujung-ujungnya tidak kembali.

Kalau kamu tim yang merasa aman dititipkan ke orang tua atau lebih baik dipegang sendiri nih?

4. Dimasukkan ke amplop untuk disembunyikan di lemari

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90anclark.com

Hal unik lainnya adalah menyimpan uang dengan memasukkannya ke amplop dan kemudian menyembunyikannya di lemari. Di mana itu dilakukan agar uang tetap aman dan tidak ada yang mengambil.

Benarkah ini cara teraman? Atau ada yang ketahuan juga, walaupun sudah memasukkan ke amplop dengan sedemikian rupa?

Baca Juga: Menabung Hanya Selalu Jadi Wacana? 5 Tips Ini Bantu Kamu Mewujudkannya

5. Di bawah kasur atau bantal

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90anmoneyinc.com

Menyimpan uang di bawah kasur atau bantal juga sempat hits di zamannya. Hal ini dikarenakan sempat ada rumor, bahwasanya kalau menyimpan uang di bawah bantal atau kasur, maka uang tersebut akan bertambah. Namun, kenyataannya itu hanyalah mitos. Adakah yang sempat percaya akan rumor tersebut dan melakukannya? Kalau ada, apa benar uang kalian bertambah?

Namun, ada juga yang beranggapan menyimpan uang di bawah kasur atau bantal adalah tempat teraman, karena lebih dekat dengan kita dan lebih tersembunyi.

6. Menyelipkan di sela-sela buku

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90anpinterest.com

Cara satu ini terkadang membuat anak-anak era 90-an berasa kaya mendadak. Bagaimana tidak? Yang awalnya berniat untuk menyimpan uang di sela-sela buku karena merasa itu tempat teraman, eh nggak tahunya justru malah kelupaan.

Uniknya, setelah sekian lama, saat tidak sengaja membuka buku dan kemudian menemukan uang yang tersimpan tersebut, seketika berasa kaya mendadak deh. Adakah yang punya pengalaman seperti itu?

7. Menyelipkan di peci

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90anIDN Times/Ishmah Irsalina W

Peci atau yang juga biasa disebut dengan songkok atau kopyah ini merupakan bagian dari pakaian nasional dan biasa dipakai untuk beribadah.

Namun, di balik itu semua, sebagian besar anak laki-laki di era 90-an, justru menyulapnya menjadi wadah menyimpan uang, lho. Ya, bagi mereka, ini adalah tempat menyimpan uang teraman dan praktis. Kamu juga pernah melakukannya kah?

8. Dimasukkan begitu saja ke laci

Dulu, Ini 8 Cara Menyimpan Uang Paling Hits bagi Generasi 90anuangindonesia.com

Cara terakhir ini adalah cara menyimpan uang terpasrah. Bagaimana tidak? Setelah melakukan ketujuh cara, namun belum berhasil juga, akhirnya berujung pasrah, bukan? Dan salah satu caranya adalah hanya dengan memasukkannya begitu saja ke laci. Adakah yang sempat sepasrah itu untuk menyimpan uang? Ataukah sudah merasa bahwa lacinya memang cukup aman untuk menyimpan uang?

Itulah 8 tips menyimpan uang ter-hits ala generasi 90-an, bagaimana? Adakah yang sempat melakukan salah satu dari tips tersebut? Dan tips menyimpan uang yang teraman mana nih, yang pernah kalian lakukan dulu?

Baca Juga: Tak Hanya Menabung, 5 Tips Ini Bisa buat Kita Sukses di Masa Muda

Ishmah Irsalina W. Photo Writer Ishmah Irsalina W.

Berlomba-lombalah dalam kebaikan ~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya