Comscore Tracker

Ngaku Deh, Anak 90an Pasti Pernah Beli 7 Jajanan Ini Dulu

Populer sejak dahulu, kini dan nanti

Kalau boleh throwback, banyak lho orang yang ingin kembali ke tahun 90-an. Eits bukan karena semua orang ingin menjadi muda lagi ya, tapi karena tahun tersebut banyak kasih kenangan buat para milenial. Nggak heran sih, soalnya tahun ini adalah tahun-tahun perbatasan sebelum masuk ke era globalisasi, sebelum jadi era digital seperti sekarang.

Nah satu hal nih yang paling berkesan, soal jajanan. Kamu yang ngaku anak 90-an pasti pernah merasakan hal ini ‘kan?

1. Es kue

Ngaku Deh, Anak 90an Pasti Pernah Beli 7 Jajanan Ini Duluyoutube.com

Ingat dengan bentuk es dengan warna beragam yang sepintas terlihat seperti pelangi? Es Kue ini biasa ada di depan SD dan jadi serbuan anak-anak saat waktu istirahat tiba. Biasanya disajikan dengan siraman susu kental manis di bagian atasnya. Dulu, es kue ini bisa kamu dapatkan dengan hanya merogoh kocek sebesar 500 rupiah. Jadi kangen!

2. Rambut nenek

Ngaku Deh, Anak 90an Pasti Pernah Beli 7 Jajanan Ini Dulupictame.com

Tenang-tenang kita nggak sedang membicarakan uban nenek kok. Sebaliknya, rambut nenek yang ini punya rasa yang manis dan enak banget. Rambut nenek ini sebenarnya dikenal juga dengan nama arum manis. Tetapi, karena di awal kemunculannya arum manis ini berwarna putih dan terlihat seperti rambut uban nenek, makanya makanan yang satu ini dinamakan rambut nenek. Sayangnya, sekarang pedagang rambut nenek makin jarang terlihat, guys.

3. Gulali

Ngaku Deh, Anak 90an Pasti Pernah Beli 7 Jajanan Ini Dulukabarsidia.com

Ada yang dibentuk menjadi bunga, kupu-kupu, kuda yang bisa ditiup bahkan balon udara yang bisa diisi dengan susu kental manis. Pedagang gulali nggak kalah tenarnya nih di depan SD anak-anak 90-an dulu. Setiap istirahat atau pulang sekolah, gulali pasti jadi pilihan banyak anak milenial. Terbuat dari gula yang diberi pewarna makanan, gulali biasanya dijual dengan harga 500-2000 rupiah saja. Hayo, dulu kamu sering beli yang bentuk apa?

4. Telur gulung

Ngaku Deh, Anak 90an Pasti Pernah Beli 7 Jajanan Ini Dulucraftlog.com

Makan telur ceplok atau telur dadar saja sih udah biasa, tapi bagaimana dengan telur gulung? Nah, ini juga salah satu jajanan favorit anak 90-an dulu nih. Terbuat dari telur yang digoreng dengan cara dituang sedikit demi sedikit di atas minyak panas, kemudian digulung dengan tusuk sate. Kemudian dihidangkan dengan saus sambal yang bikin rasanya jadi semakin nikmat. Kalau makan yang satu ini nggak cukup satu deh!

5. Es krim yang dibeli dari penjual yang keliling naik sepeda

Ngaku Deh, Anak 90an Pasti Pernah Beli 7 Jajanan Ini Duluhat.mmu.ac.uk

Rasanya kalau sudah mendengar suara voice recorder player pedagang es krim yang biasa berkeliling di sekitar rumah saat itu, anak-anak 90-an nggak bisa tenang. Pasti semua akan berlarian untuk menghampiri penjual dan membeli es krim kesukaan mereka. Ngaku aja deh, kamu pasti pernah merasakan momen ini kan?

Terus ingat nggak sih, salah satu es krim yang disukai oleh anak-anak 90-an pada masa saat itu adalah es krim Calippo dan Apollo dari Wall’s. Masih ingat nggak kesegaran rasa cola yang segar dari Calippo atau manisnya coklat yang dipadukan dengan segarnya rasa mangga dari es krim Apollo?

Jadi kangen kan sama kenikmatan rasanya? Kebayang nggak sih kalau dua es krim legendaris di tahun 90-an ini kembali lagi di tahun 2019? Nah, kamu bisa bikin dua es krim ini kembali lagi saat ini dengan ikutan voting di Wall’s Pemilan (Pemilihan Camilan) 2019. Buat pemilihan yang satu ini, nggak ada pilihan golput deh buat kamu, lagipula siapa yang bisa menolak kelezatan Calippo dan Apollo.


Yuk, langsung tentukan pilihan kamu untuk pilih antara Calippo dan Apollo di sini. Kira-kira es krim mana ya yang paling dirindukan sama anak-anak 90-an? Penasaran kan? Makanya vote pilihan kamu sekarang juga! Untuk kamu yang ingin nostalgia sama Calippo dan Apollo, langsung aja cari di Indomaret dan Alfamart terdekat. Selamat bernostalgia!

6. Mie remas

Ngaku Deh, Anak 90an Pasti Pernah Beli 7 Jajanan Ini Duluinstagram.com/surabayafoodies

Tahun 90-an memang terkenal dengan jajanan-jajanan murah, setuju nggak guys? Salah satu jajanan yang jadi ‘selebriti’ saat itu adalah ‘Mie Remas’. Saat itu bermunculan berbagai merek mie remas dengan berbagai macam rasa. Tanpa perlu dimasak, camilan yang satu ini cukup kamu remas sampai hancur lalu ditambahkan bumbu dan dikocok sampai rata. Salah satu camilan andalan banget deh!

7. Lidi-lidian

Ngaku Deh, Anak 90an Pasti Pernah Beli 7 Jajanan Ini DuluPerutgendut.com

Lidi-lidian mungkin jadi salah satu makanan yang berhasil eksis dari lintas zaman hingga lintas generasi. Makanan yang terbuat dari tepung terigu dan tepung sagu yang kemudian digoreng kemudian ditambahkan dengan bumbu pedas yang bikin siapa saja nggak ingin berhenti memakannya. Semakin ke sini, lidi-lidian jadi punya berbagai macam rasa nih, nggak hanya pedas aja, dari manis, barbeque bahkan hingga rasa pizza. Hmm, jadi mau makan ini nih!

Nah, itu tadi beberapa jajanan yang hits banget di tahun 90-an dan ternyata masih ada yang eksis sampai hari ini walau sudah semakin jarang ditemukan penjualnya. Habis baca ulasan tadi, kamu jadi makin kangen nggak sama jajanan-jajanan tadi, guys?

Topic:

  • Vika Widya Alfianti
  • Anastasia Desire

Just For You