Comscore Tracker

5 Barang Jadul Ini Kini Jadi Buruan Kolektor, Antik Banget!

Barang-barang ini pernah hits pada masanya

Di zaman teknologi yang serba canggih sekarang ini, banyak barang atau alat yang membantu pekerjaan manusia. Seperti komputer dan internet yang membantu manusia zaman now dalam mengerjakan tugas dan mendapatkan informasi dengan mudah.

Walaupun semua serba mudah dan canggih, ternyata masih ada orang yang menggunakan barang-barang jadul. Biasanya barang jadul ini mempunyai bentuk unik. Walaupun penggunaannya tidak secanggih dan sepraktis barang saat ini, namun 5 barang jadul ini masih banyak yang menggunakannya. Apa aja sih? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Kamera analog

5 Barang Jadul Ini Kini Jadi Buruan Kolektor, Antik Banget!www.adorama.com

Kamera yang masih menggunakan film seluloid atau klise ini bisa dibilang sudah menjadi barang yang tidak diminati lagi di zaman digital sekarang. Dengan datangnya era digital, kamera film sudah tidak diproduksi karena kalah dengan kepraktisan dan kemudahan kamera digital.

Walaupun begitu, sebagian orang di dunia dan Indonesia masih ada yang menggunakan kamera analog. Dari penghobi kamera analog, kolektor, sampai ke fotografer komersial seperti dr. Tompi pun masih menggunakan kamera jadul ini untuk kebutuhan komersial.

2. Radio jadul

5 Barang Jadul Ini Kini Jadi Buruan Kolektor, Antik Banget!wallpaperaccess.com

Radio adalah salah satu alat komunikasi yang sudah lama ada sebelum televisi hingga sekarang masih beroperasi. Dahulu radio banyak sekali jenisnya. Sayangnya sekarang radio kurang diminati oleh anak muda zaman now.

Pendengar setia radio pun masih ada, walaupun tidak sebanyak dahulu. Tapi sekarang banyak sekali radio-radio jadul yang masih berfungsi yang dilirik oleh anak muda karena bentuknya yang antik. Bahkan bentuk radio modern seperti sekarang pun banyak yang mengadopsi bentuk radio vintage.

Baca Juga: 10 Foto Jadul Kedekatan Sissy, Jevin, & Vanesha, Sibling Goals Banget!

3. Walkman

5 Barang Jadul Ini Kini Jadi Buruan Kolektor, Antik Banget!webdesign-hq.blogspot.com

Kalau radio pada umumnya mempunyai bentuk yang besar hingga sedang, walkman adalah alat untuk mendengarkan musik dengan ukuran cukup kecila. Walkman pernah menjadi tren di kalangan anak muda tahun 90-an. Dengan bentuk yang portable dan bisa menggunakan headset, anak muda 90-an bisa menjadi terlihat keren.

Walaupun sudah tergantikan dengan mp3 dan smartphone yang bisa memuat seribu lagu, ternyata walkman juga masih laku dijual lho. Biasanya pembelinya adalah kolektor, atau hanya orang yang bernostalgia dengan alat ini. Kaset pitanya pun juga masih dijual untuk diputar di walkman.

4. Game konsol jadul

5 Barang Jadul Ini Kini Jadi Buruan Kolektor, Antik Banget!www.howtogeek.com

Zaman sekarang game sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Dari anak-anak hingga orang dewasa. Sekarang game sudah bisa dimainkan dimana saja, bahkan di smartphone. Berbeda dengan game zaman dahulu yang hanya tersedia dalam bentuk game konsol, dari ukuran besar hingga yang portable.

Banyak para penjual barang antik yang masih menjual game-game konsol jadul seperti nintendo jadul hingga konsol game yang bentuknya tidak pernah kamu lihat. Secara grafik memang tidak sebagus sekarang, tapi untuk bernostalgia sepertinya patut dicoba lagi bermain game konsol jadul.

5. Sepeda ontel

5 Barang Jadul Ini Kini Jadi Buruan Kolektor, Antik Banget!wallpapersafari.com

Mungkin banyak milenial yang kurang tahu dan belum pernah melihat apa itu sepeda ontel. Sepeda ontel adalah sepeda yang sudah lama digunakan dari zaman kolonial dan sudah tidak diproduksi sekarang. Karena keunikan dan nilai sejarah, sepeda ini ada yang berharga ratusan juga lho.

Walaupun barang jadul, masih ada kok yang masih menggunakan sepeda ini. Biasanya pengguna sepeda ini adalah orang tua yang ingin bernostalgia. Bahkan mereka juga suka bersepeda berkelompok membentuk komunitas sepeda ontel.

Barang-barang vintage atau jadul memang sudah lewat masa jaya-nya. Tapi justru barang-barang ini yang menjadi cikal bakal barang canggih zaman sekarang. Bisa dikatakan barang canggih zaman now adalah perkembangan dari barang jadul sebelumnya.

 Bagaimana, tertarik memiliki barang antik di atas ?

Baca Juga: [LINIMASA] Arus Mudik Lebaran 2019, Ini Fakta dan Datanya

Manarul hidayah Photo Community Writer Manarul hidayah

Saya hanya seorang fotografer hewan amatir dan juga penulis recehan yang sedang berusaha berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You