Comscore Tracker

Sebelum Kenal Internet, Ini 7 Bacaan yang Temani Masa Kecil Anak 90an

Tidak hanya seru, tapi penuh pesan moral

Kamu yang anak 90-an pasti masih asing dengan teknologi internet yang memang pada saat itu masih belum hits. Pada masa itu, informasi lebih banyak tersebar melalui media-media cetak seperti koran dan majalah.

Zaman sekarang semua informasi mudah didapatkan hanya dengan melalui internet, begitupun dengan beragam aplikasi dan bacaan edukasi untuk anak-anak kecil. Lain halnya dengan kamu yang lahir pada tahun 90-an, ada beberapa bacaan edukasi dan menghibur yang selalu kamu nanti setiap minggu atau bulannya seperti beberapa bacaan berikut ini.

1. Majalah Bobo yang gak ada matinya

Sebelum Kenal Internet, Ini 7 Bacaan yang Temani Masa Kecil Anak 90anBobo.id

Hayoo, siapa yang tidak kenal dengan majalah anak-anak yang satu ini? Siapa yang selalu menantikan tukang koran setiap hari Kamis hanya untuk membeli majalah Bobo apalagi saat edisi bonus? Atau surat dan hasil gambarmu pernah dimuat di majalah Bobo?

Beragam rubrik dan cerita disuguhkan di dalam majalah ini. Ada cerita petualangan Keluarga Kelinci, Oki, Nirmala, Bona, Rong-Rong, Paman Kikuk, Husin, dan Asta. Kita juga terinspirasi dengan rubrik yang berisi tentang profil dan biografi orang-orang keren dari berbagai dunia. Terdapat juga rubrik pengetahuan dan latihan soal yang bisa dikerjakan.

2. Cerita rakyat dari Sabang sampai Merauke bikin kamu lebih tahu kebudayaan Indonesia.

Sebelum Kenal Internet, Ini 7 Bacaan yang Temani Masa Kecil Anak 90anmmt.ac.id

Siapa yang suka mengoleksi seri cerita rakyat Indonesia? Setiap bukunya memiliki berbagai kisah-kisah rakyat dari daerah masing-masing. Cerita rakyat Indonesia tentunya tidak kalah dengan cerita-cerita rakyat dari luar negeri. Melalui buku ini, kamu pun wawasanmu tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia semakin bertambah.

3. Buat ceritamu sendiri dengan buku Goosebumps

Sebelum Kenal Internet, Ini 7 Bacaan yang Temani Masa Kecil Anak 90angizmodo.com.au

Buku cerita yang satu ini bisa dibilang unik. Disini kamu bisa menentukan ceritamu sendiri melalui beberapa pilihan cerita yang bisa kamu pilih sehingga akhirnya kamu akan tahu apakah kamu berhasil selamat atau mati dari kejaran para monster.

4. Buku-buku karangan Enid Blyton dijamin bikin kamu juga ingin memiliki petualangan seru bersama teman-teman

Sebelum Kenal Internet, Ini 7 Bacaan yang Temani Masa Kecil Anak 90anenidblytonsociety.co.uk

Karya-karya Enid Blyton mendunia dengan tema imajinasi dan petualangan anak-anak. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Lima Sekawan. Petualangan Jo, Julian, Dick, Anne, dan Timmy tentunya tidak kalah seru dengan aksi petualangan serupa di televisi.

5. Buku Seri Tokoh Dunia manakah yang sudah kamu baca?

Sebelum Kenal Internet, Ini 7 Bacaan yang Temani Masa Kecil Anak 90angriyabuku.co.id

Meskipun rata-rata anak-anak tidak menyukai buku edukasi namun seri buku yang satu ini mungkin kamu sukai waktu kamu masih kecil dulu. Konsep penjelasannya yang seperti komik membuat wawasan bertambah luas dan terhibur sekaligus. Kisah-kisah para tokoh terkenal seperti Thomas Alva Edison, Alexander Graham Bell, Walt Disney, Mozart, Leonardo Da Vinci, Albert Einstein, dll membuat kita belajar dari sejarah tokoh-tokoh tersebut sehingga bisa lebih termotivasi untuk berprestasi.

6. Lupus, novel ABG yang serinya banyak banget. Bahkan sampai dibuat filmnya lho!

Sebelum Kenal Internet, Ini 7 Bacaan yang Temani Masa Kecil Anak 90anviva.co.id

Masih ingat cerita tentang cowok tampan dan jahil dengan ciri khas permen karet dan rambut jambulnya? Lupus ditemani dengan berbagai karakter lainnya seperti, Lulu adiknya dan teman-temannya, yaitu Boim, Gusur, Anto, Aji, Fifi Alone, dll. Ceritanya yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari tentunya menjadi salah satu bacaan yang tidak terlupakan oleh generasi tahun 90-an.

 

7. Majalah Hidayah yang bikin kamu buru-buru ingin tobat setelah membacanya

Sebelum Kenal Internet, Ini 7 Bacaan yang Temani Masa Kecil Anak 90anbukalapak.com

Mungkin majalah yang satu ini bukan langganan kamu, tapi ayah atau ibumu. Namun, tentu kamu pernah ikut membacanya, bukan? Majalah yang terdiri dari berbagai kisah nyata menjadi teladan hidup dan motivasi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik. Ilustrasinya yang jelas dan tampak nyata tidak jarang ikut masuk dalam mimpi-mimpimu.

Diantara koleksi di atas, mana yang jadi favoritmu? Apakah kamu punya koleksi favorit lain yang berkesan?

Melisa Camalia Photo Verified Writer Melisa Camalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya